Pertunjukan Seni Boneka di Asia, Bikin Liburan Makin Berkesan

Traveling memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Ada banyak yang bisa dilakukan saat berkunjung ke kota atau negera baru. Selain mengagumi keindahan alamnya, menikmati kulinernya, ada lagi yang sayang jika dilewatkan. Pagelaran seni setiap daerah wajib masuk dalam agendamu. Ada deretan pertunjukkan seni boneka di Asia yang bisa Teman Traveler saksikan. Dijamin, liburan pun jadi makin berkesan. Apa saja, ya?

Wayang Kulit Indonesia

Pagelaran Wayang Kulit via Instagram @ivanhendri

Merupakan seni pertunjukan boneka asal Indonesia yang berkembang di Jawa, khususnya Jawa bagian tengah dan timur. Seni ini tidak menggunakan boneka secara harfiah, namun wayang yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Dipahat dengan teliti dan penuh kekhidmatan oleh sang maestro pembuat wayang kulit. Pertunjukan wayang kulit biasanya diadakan dalam acara adat atau memang pertunjukan untuk masyarakat umum.

Wayang Golek Indonesia

Pertunjukan Wayang Golek via Instagram @yogaswarasunandar

Wayang golek adalah pertunjukan seni boneka yang populer di daerah Jawa Barat, terutama di Tanah Pasundan. Istilah golek memiliki dua makna, berarti ‘boneka kayu’ atau ‘mencari’. Wayang golek memang terbuat dari boneka kayu yang digerakkan oleh dalang. Alur cerita wayang golek biasanya diambil dari cerita-cerita rakyat yang cukup dikenal di Indonesia. Pertunjukan wayang golek biasanya menggunakan pengantar Bahasa Sunda.

Bunraku Jepang

Boneka yang Digunakan pada Bunraku via Instagram @kotone.105

Salah satu sandiwara boneka satu ini berasal dari Jepang. Bunraku adalah pertunjukkan menggunakan boneka johruri yang memiliki ukuran sebesar lengan orang dewasa. Sebenarnya, istilah bunraku mengacu pada pertunjukan boneka dengan musik johruri, yang berkembang di Osaka. Uniknya, satu boneka dimainkan oleh tiga orang dalang.

Nang Talun Thailand

Nang Talung – Wayang Kulit Thailand via Instagram @wayfaring

Bisa juga disebut sebagai wayang kulit Thailand. Nang Talung sama – sama menggunakan media yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang berasal dari Thailand bagian selatan. Dalam konteks ini Nang berarti kulit. Ada dua jenis pagelaran wayang kulit di negara ini, yaitu menggunakan wayang kulit berukuran kecil disebut Nang Talung, sedangkan Nang Yai merupakan wayang kulit berukuran sebesar manusia.

Múa r?i nuoc Vietnam

Water Puppet Viet Nam via Instagram @minorin602

Lebih dikenal dengan sebutan water puppet, peragaan seni boneka ini dilakukan di atas air. Berasal dari desa di kawasan Red River Delta, Vietnam bagian utara. Boneka yang digunakan di pertunjukan ini terbuat dari kayu. Digerakkan oleh dalang menggunakan tali yang hampir tidak keliatan. Yakin tak ingin melihat langsung pertunjukkan yang satu ini?

Rod Puppet Cina

Rod Puppet via Instagram @worldroadtrip

Sebenarnya terdapat beberapa varian pagelaran boneka khas Cina, salah satu yang cukup ternama adalah rod puppet atau secara harfiah berarti boneka berbentuk ‘batang’. Boneka yang digunakan terbuat dari kayu yang diukir, memiliki ukuran cukup besar. Penonton tetap dapat melihat dalang karena memang sengaja tidak ‘bersembunyi’.

Wah, kekayaan seni setiap daerah atau negara memang sayang jika dilewatkan. Pastikan kegiatan budaya seperti di atas masuk dalam daftarmu selama liburan. Bagaimana, Teman Traveler sudah pernah menonton sandiwara boneka yang mana, nih?

Tags
Indonesia mancanegara Pertunjukan Boneka Wayang Wisata Budaya
Share