Selat Lembeh, Surga Para Pecinta Snorkeling di Sulawesi Utara

Advertisement

Siapa sangka Sulawesi Utara menyimpan segudang destinasi alam yang sangat menakjubkan. Tak heran jika banyak pelancong dari berbagai sudut nusantara hingga mancanegara. Meraka berdatangan ke propinsi ini hanya untuk mengincar destinasi Pulau Lembeh. Pulau ini merupakan salah satu pulau diseberang Kota Bitung yang menyuguhkan wisata bahari yang begitu memukau. Para pecinta diving dan snorkeling pastinya tidak pernah luput dari daftar destinasi yang wajib dikunjungi.

Pesona Alam Selat Lembeh
Pesona Alam Selat Lembeh cocok untuk para penggiat Diving. Foto via instagram @johansujivlog

Pulau ini dipisahkan oleh selat Lembeh dari pulau Sulawesi, terdapat dua kecamatan, dan menjadikan pulau ini sebagai kunjungan wisata hingga banyak pelancong lebih familiar dengan nama Bastianos Diving Resort, nama ini hadir karena keindahan alam bawah laut yang mengagumkan yang tak kalah dari Raja Ampat. Bastianos Diving Resort ini hadir di Pulau Lembeh sejak tahun 2006 silam. Bastianos Diving Resort memiiliki sepuluh cottage yang disuguhkan untuk dapat dinikmati oleh pengunjung dengan nyaman.

Snorkeling di selat Lembeh
Snorkeling di selat Lembeh dengan view bebatuan karang yang sangat indah. Foto via netralnews.com

Selat Lembeh ini memiliki 92 titik spot keren yang bikin kamu enggan untuk keluar dari permukaan air. Bebatuan dan terumbu karang diselat Lembeh ini membuat siapa saja terbius akan keindahannya. Biota laut mulai dari ikan warna warni, bintang laut, babi laut, dan lainnya dapat dengan mudah kamu temukan disela sela terumbu karang. Selain pesona bawah laut yang menakjubkan, selat Lembeh ini berperan sebagai jalur transportasi laut dari pulau Lembeh ke Kota Bitung. Tak hanya itu, selat ini biasa dipakai untuk festival perahu dalam acara Sailing Pass.

Festival Sailing Pass di selat Lembeh
Festival Sailing Pass di selat Lembeh yang sangat meriah. Foto via celebes.com

Nah, untuk kamu yang ingin menikmati terumbu karang di selat Lembeh, kamu bisa menyewa jasa kapal nelayan untuk menyeberang ke Pulau Lembeh dengan tarif Rp. 200.000 hingga Rp. 300.000 per kapal. Harga ini sudah termasuk berkeliling disekitar selat, jadi jangan sungkan untuk meminta memutari area selat ya. Ketika mengitari sekeliling selat, kamu bisa menemukan indahnya Gunung Dua Saudara, pesona resort ditepi pantai yang mewah, serta kapal kapal yang sedang berlabuh.

beberapa resort mewah di perairan selat lembeh
beberapa resort mewah di perairan selat lembeh

Di Pulau Lembeh ini, kamu bisa menikamti hutan mangrove yang cukup sejuk dan indah. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.500 saja. Di sepanjang jalan menuju lokasi wisata, terdapat himbauan yang harus diperhatikan. Cobalah untuk emnaati peraturan yang sudah ditetapkan agar kebersihan dan ekosistem mangrove tetap terjaga. Kemudian, di dalam kawasan, kamu dapat bersantai di gazebo atau berfoto-foto dengan latar tumbuh-tumbuhan mangrove.

Advertisement
Tags
pesona alam nusantara Snorkeling wisata bahari wisata nusantara wisata sulawesi utara
Share