5 Warung Sego Cawuk Melegenda di Banyuwangi Bikin Ketagihan

Advertisement

Banyuwangi selain sebagai transit antara pulau Jawa dan pulau Bali, juga menyuguhkan kuliner yang tiada tara. Satu diantara banyak kuliner, sego cawuk yang patut kamu coba. Soga Cawuk ini tersusun dari nasi putih yang disiram dengan dua macam kuah, kuah pindang dan kuah trancam atau kelapa parut. Kombinasi yang unik ini sangat menggugah selera ketika sarapan pagi.

Sego cawuk dengan kuah lezatnya kuah pindang. Foto via pesonaindonesia.com

Nasi Cawuk pada umumnya di tanah Blambangan ini biasa disantap untuk sarapan pagi. Dahulu, nama nasi cawuk ini terbentuk dari cara makan yaitu dimakan dengan cara dicawuk. Kata cawuk berasal dari bahasa jawa yang memiliki arti disuapi pakai tangan. Kebiasaan makan nasi cawuk ini katanya lebih nikmat menggunakan tangan tanpa sendok. Jika kesusahan pakai tangan atau mencawuk, pakailah sendok sensasi rasa tetap nikmat kok.

Nah bagi teman traveler yang penasaran ingin menikmati nasi cawuk yang lezat. Simak beberapa warung nasi cawuk dibawah ini sebagai referensi mu ketika mengunjungi Banyuwangi.

Sego Cawuk Warung Aini Kepatihan

Warung ini selain terkenal dengan sego cawuknya juga terkenal akan sambal belimbing wuluh yang nikmat. Tak ketinggalan dengan nasi kuah pindang dan kuah trancam. Rasa yang nikmat harganya pun sangat murah meriah. Kamu cukup menyediakan uang Rp. 8.000 saja sudah bisa menikmati sego cawuk.

Sego Cawuk Bu Aini seporsi hanya Rp. 8.000 saja. Foto via restaurantguru.com

Warung legendaris ini berdiri sejak 1990 dan selalu buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB. Penasaran? Langsung saja meluncur di Taman Blambangan Jalan RA Kartini, Kepatihan, Banyuwangi.

Sego Cawuk Mifta Jalan Kepiting

Sego cawuk yang tersusun dari nasi putih bersama tahu pedas, telur pindang, gecok teri, dan aneka lauk lainnya seperti ayam goreng, perkedel, dadar jagung, pepes ikan tuna bisa kamu nikmati dalam satu porsinya.

Nasi cawuk dengan kuah kuning pindang khas Bu Miftah. Foto via Jollynews.com

Sesuai ciri khas makanan Banyuwangi yang pedas tersedia juga sambal serai dan sambal kemirinya yang sungguh nikmat. Tak lupa nasi cawuk ini disiram dengan kuah pindang dan kuah trancam. Penasaran dengan rasanya ? Cobain deh ke kedai Mifta di jalan kepiting, harganya mulai dari Rp. 10.000 tergantung dari menu lauk yang kamu pilih ya.

Sego Cawuk Bu Sri

Sego Cawuk Bu Sri berada di Jalan Kyai Saleh Gang Kepatihan Banyuwangi. Meski tempatnya blusukan masuk gang, dan harus berjalan kaki, namun jangan salah, antrian pembeli mulai memadati warung ini sejak pagi hari pukul 05.30 WIB. Jadi, kalau kamu ingin tidak mengantri panjang, cobalah datang lebih pagi ya.

Sego Cawuk Bu Sri yang melegenda. Foto via tribunnews.com

Warung ini ramai karena lauk sego cawuk yang terbilang komplit, lauk apa saja bisa kamu dapatkan di warung ini. Harganya relatif murah, dengan uang Rp. 10.000 kamu bisa menikmati sego cawuk ini yang lezat.

Sego Cawuk Bu Har

Sego cawuk Bu Har ini cukup murah, dengan harga Rp. 12.000 seporsi kamu sudah bisa menyantap nasi putih telur cit, tahu bali, gecok teri, semanggi dan sambal serai, komplit bukan? Untuk menambah nikmatnya ketika makan tambahkan kerupuk sebagai pelengkap.

Sego Cawuk Bu Har yang lezat. Foto via regnews.com

Tak hanya menjual sego cawuk saja namun di warung ini tersedia sajian menu makanan khas Banyuwangi seperti rujak soto, pecel pitik, nasi tempong dan masih banyak lagi. Jangan lewatkan buat ngemil jajanan khas gurih khas Banyuwangi juga yakni tahu walik. Warung ini beralamat di Jalan Anusopati No 35, Gapangan, Banyuwangi.

Sego Cawuk Bu Mantih

Sego cawuk legendaris ini telah eksis sejak tahun 1972 sampai sekarang. Jadi soal rasa tak perlu diragukan lagi. Untuk mencicipi sego cawuk bu Mantih bisa mampir ke Jalan KH Wahid Hasyim, Banyuwangi. Bukanya mulai jam enam pagi sampai sebelas siang.

Sego Cawuk Bu Mantih yang melegenda. Foto via jalanjalanenak.com

Rasa manis, gurih, dan asam menjadi satu padu yang bisa kamu nikmati dengan harga yang cukup murah yakni Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 per porsi.

Advertisement
Tags
kuliner banyuwangi Kuliner Nusantara wisata banyuwangi Wisata Kuliner
Share