Sate Klopo Ondomohen, Kuliner Unik dan Legendaris di Surabaya

Advertisement

Sate merupakan kuliner lezat yang identik disajikan bersama dengan sambal kacang dan kecap. Sementara bahan utamanya menggunakan daging sapi atau ayam. Namun, sedikit unik dengan sate di Surabaya ini. Namanya Sate Klopo Ondomohen yang memiliki bentuk unik, dan termasuk kuliner legendaris di Surabaya. Penasaran dengan jenis makanan enak ini kan? Simak ulasan selengkapnya yuk!

Berumur Lebih dari Setengah Abad

Sate Klopo di Surabaya
Sate Klopo di Surabaya [image source]
Sate Klopo Ondomohen sebenarnya tak jauh beda dengan lainnya, yaitu terbuat dari daging ayam yang dibakar di atas bara api. Bedanya, kuliner di Surabaya ini ditaburi parutan kelapa atau klopo di permukaan dagingnya. Hal inilah yang membuatnya terlihat berwarna kuning. Salah satu yang menjual sate klopo ini adalah warung Bu Asih yang berada di Jalan Ondomohen (kini menjadi Jalan Walikota Mustajab). Konon, kedai makan ini buka pada tahun 1945.

Sate Klopo Paling terkenal di Surabaya
Sate Klopo Paling terkenal di Surabaya [image source]

Porsi Banyak yang Bikin Kenyang

Sate Klopo Ondomohen Surabaya
Sate Klopo Ondomohen Surabaya [image source]
Selain daging sapi dan ayam, ternyata warung legendaris ini juga menawarkan beberapa pilihan sate lain yang tak kalah menggiurkan. Ada udang, sumsum, dan usus yang juga dibalut dengan kelapa. Karena tambahan itu pula, rasanya lebih gurih dan terlihat sangat besar. Saat digigit, rasa lembut daging serta kelapa bikin ketagihan.

Sate Klopo enak di Surabaya
Sate Klopo enak di Surabaya [image source]

Unik dengan Campuran Kelapa Parut

Sate unik di Surabaya
Sate unik di Surabaya [image source]
Buka dari jam setengah tujuh, warung makan ini sudah ramai oleh pembeli. Hal ini karena cita rasa unik dari sate yang berbeda dari lainnya. Bukan sekedar kelapa yang ditaburkan ke potongan daging, tapi ada resep rahasia di dalamnya. Sebelumnya, kelapa parut disangrai dan dicampur dengan bumbu. Kemudian, kelapa tersebut dibalurkan ke bagian luar daging yang akan dibakar. Waktu pembakaran juga tak lama karena dapat mengakibatkan permukaan gosong.

Sate klopo terkenal di Surabaya
Sate klopo terkenal di Surabaya [image source]

Bumbu Spesial Dipadukan Serundeng

Sate Klopo Ondomohen dengan lontong
Sate Klopo Ondomohen dengan lontong [image source]
Seperti cara pembuatannya, penyajian sate klopo ini juga unik. Kuliner nendang ini disajikan bersama dengan bumbu kacang, cabe rawit dan irisan bawang merah. Tak jauh beda dengan bumbu sate lain, tapi teksturnya lebih halus. Sementara rasanya lebih gurih karena ada tambahan serundeng. Nah, kamu bisa memesan seporsi sate ini dengan lontong atau nasi hangat.

Sate Klopo Ondomohen dibungkus daun pisang
Sate Klopo Ondomohen dibungkus daun pisang [image source]
?

Itulah Sate Klopo Ondomohen yang cukup legendaris di Surabaya. Bagaimana, tertarik untuk mencoba sate dengan baluran kelapa parut ini? Catat pula untuk tidak datang di jam makan siang atau makan malam karena warung ini bakal penuh.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Kuliner Legendaris kuliner sate Surabaya
Share