Mengenal Sejarah Bakso, Kuliner Sejuta Umat Selama Berabad-abad

Advertisement

Bakso bisa dibilang adalah makanan sejuta umat. Kamu bisa menemukan penjualnya di banyak tempat. Terutama di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang, bahkan Medan. Variannya pun saat ini beragam. Kamu bisa menemukan yang isinya keju, cabai dan lain sebagainya. Ternyata hidangan yang dianggap khas Malang ini punya sejarah panjang.

Berasal dari Tiongkok

Bakso
Bakso [image source]
Ada yang menganggap jika bakso yang khas dengan bentuk bulat tersebut berasal dari belahan bumi lain. Tepatnya dari daratan Tiongkok. Konon pada awal abad ke-17 ada seorang pria bernama Meng Bo. Warga yang hidup di masa Dinasti Ming tersebut tinggal di Fuzhou. Ia terkenal sebagai anak yang berbakti pada orang tua. Bahkan ia memikirkan cara agar ibunya yang sudah tua tetap dapat menikmati makanan yang bertekstur keras seperti daging. Maklum saja, gigi ibunya sudah rapuh. Padahal daging adalah bahan makanan favorit sang ibu.

Bakso
Bakso [image source]

Terinspirasi dari Pengolagan Mochi

Mochi
Mochi [image source]
Terinspirasi dari tetangganya yang mengolah ketan menjadi mochi, maka Meng Bo menggunakan cara yang sama untuk mengolah daging. Setelah hancur dan empuk, dagingnya dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil dan selanjutnya direbus hingga matang. Setelah mencicipi, ternyata ibunya sangat suka. Bulatan daging lebih mudah dimakan dan rasanya juga lezat. Hidangan tersebut menjadi terkenal dan beritanya tersebar dari mulut ke mulut. Di kemudian hari banyak yang membuatnya sehingga menjadi makanan populer. Konon, dari Kota Fuzhou inilah bakso lahir.

Bakso
Bakso [image source]

Bakso Masuk ke Indonesia

Bakso isi cabe
Bakso isi cabe [image source]
Bakso mulai masuk di Indonesia diperkirakan lewat pedagang Cina yang menetap di Nusantara. Jejak Tionghoa pada bakso juga bisa dilihat dari arti namanya. Dalam Bahasa Hokian sendiri, Bak berarti babi sedangkan so adalah makanan. Jadi jika disatukan, maknanya menjadi makanan yang berbahan daging babi. Di Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim bakso pun dibuat tanpa daging babi. Ada yang memakai daging sapi, ayam, hingga udang.

Bakso Unik
Bakso Unik [image source]

Varian Bakso Zaman Sekarang

Bakso raksasa
Bakso raksasa [image source]
Saat ini bakso tidak hanya disajikan dengan bentuk bulat dan rasa yang itu-itu saja. Perkembangan zaman juga diikuti dengan bertambahnya varian bakso. Kamu mungkin masih ingat dengan bakso beranak yang unik. Isiannya pun beragam. Mulai dari keju hingga cokelat. Unik-unik kan?

Bakso kerikil
Bakso kerikil [image source]
Jadi begitulah cerita tentang asal-usul bakso yang kabarnya berasal dari Negeri Tirai Bambu. Meski begitu, bakso di Indonesia tetap memiliki ciri khas terutama dalam hal bumbu dan rasa. Hidangan di setiap daerah bahkan memiliki daya tarik masing-masing. Bagaimana dengan bakso favoritmu?

Advertisement
Tags
bakso Indonesia
Share