Tak Hanya Padang dan Madura, Ini Aneka Sate Khas Nusantara dengan Rasa Juara

Keelokan Indonesia dari Sabang sampai Merauke tidak hanya berasal dari keindahan alamnya saja. Budaya serta adat istiadat juga membuat siapapun terkagum-kagum. Termasuk makanan lezat yang setiap daerahnya berbeda meski bentuknya serupa. Seperti sate yang disajikan dengan bumbu berbeda. Nah, penasaran aneka sate khas Nusantara dengan rasa juara selain Padang dan Madura?

1. Sate Ponorogo

Sate Ponorogo
Sate Ponorogo via instagram/@silaculinaryvlog

Sate Madura terkenal dengan potongan daging berbentuk dadu. Lain halnya di Ponorogo. Daging ayam yang digunakan dipotong menyayat tipis memanjang menyerupai filet. Setelah itu direndam dengan bumbu bacem sebelum dipanggang. Bisa dibayangkan rasanya kan?

2. Sate Tegal

Sate Tegal
Sate Tegal via instagram/@khaira_na2

Sekilasnya bentuknya tak jauh beda dengan lainnya. Namun, sate Tegal diolah dengan cara berbeda. Pilihan daging kambing mudah yang empuk dipotong dadu dan langsung dibakar polosan. Yap, setelah matang baru disajikan bersama bumbu kacang dan kecap.

3. Sate Ambal

Sate Ambal
Sate Ambal via instagram/@masclink_kulineran

Sesuai dengan namanya, kuliner ini berasal dari Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Keunikan sate ambal berasal dari bumbunya yang lebih encer dengan warna kuning kecokelatan. Nah, bumbu tersebut terbuat dari tempe rebus yang dihancur hingga halus dan dicampur dengan rempah.

4. Sate Blora

Sate Blora
Sate Blora via instagram/@analialevina

Blora juga memiliki sate unik yang rasanya tak kalah nendang. Sebelum dibakar, daging dibalut dengan bumbu spesial berupa ketumbar, bawang putih dan gula merah. Setelah matang merata, kuliner ini disajikan bersama dengan bumbu kacang yang teksturnya lembut. Biasanya, menu ini dimakan bersama dengan kuah opor serta nasi pincukan.

5. Sate Buntel

Sate Buntel
Sate Buntel via instagram/@dwiarifwicaksono

Kota kelahiran Presiden Joko Widodo juga punya sate khasnya sendiri. Namanya sate buntel yang terbuat dari daging kambing cincang dan berbungkus lemak kambing. Rasanya nendang, apalagi ketika dicampur dengan bumbu kecap manis.

6. Sate Lilit

Sate Lilit
Sate Lilit via instagram/@makfoodies

Bali tidak punya ayam betutu sebagai makanan khasnya. Ada sate lilit yang terbuat dari daging ayam, sapi, ikan, bahkan daging yang dicincang kemudian dicampur denan bumbu spesial. Nah, adonan ini kemudian dilekatkan pada bambu sebelum dipanggang di atas arang. Pecinta kuliner Indonesia, pasti sudah tahu jenis makanan ini.

7. Sate Maranggi

Sate Meranggi
Sate Meranggi via instagram/@enak4u

Pernah dengar makanan khas Purwakarta ini? Yap, sate maranggi teruat dari daging sapi dan daging yang menarik karena penyajiannya. Bukan bumbu kacang, menu ini dihidangkan dengan acar, sambal tomat, sambal oncom serta ketan bakar atau nasi timbel.

8. Sate Kere

Sate Kere
Sate Kere via instagram/@jogjakakilima

Selain buntel, Solo juga punya makanan khas lain yang ditusuk dengan bambu. Namanya sate kere yang dulunya terbuat dari tempe gambus serta jeroan sapi seperti paru dan usus. Menu tersebut disajikan sederhana di atas daun pisang dengan siraman bumbu kacang.

9. Sate Klatak

Sate Klatak
Sate Klatak via instagram/@myfunfoodiary

Liburan ke Jogja, pastikan juga untuk mampir ke Bantul. Kabupaten ini terkenal dengan sate klataknya yang unik. Yap, hidangan sate kambing yang memakai tusuk besi. Rasanya, tak perlu diragukan lagi. Meski ukurannya besar, tak alot loh. Bahkan tekstur empuk sampai di bagian terdalam dari salah satu sate khas nusantara ini.

10. Sate Taichan

Sate Taichan
Sate Taichan via instagram/@nurulrahmidiartidinar

Varian sate khas nusantara terakhir adalah taichan. Kuliner istimewa yang belakangan hits banget di sosial media. Menu ini terbuat dari daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu. Penyajiannya juga menarik karena menggunakan sambal dan perasan jeruk nipis. Meski warnanya pucat, rasanya nendang banget, loh!

Jenis sate khas Nusantara memang banyak. Bahkan, Indonesia termasuk negara dengan koleksi jenis terkaya di dunia. Bagaimana dengan kamu? Sudah coba yang mana saja nih?

Tags
Bali Bantul Blora Indonesia Jogja Madura Padang Solo
Share