Ragam Kuliner Khas Purwakarta, Santapan Enak Citarasa Istimewa

Sebagai salah satu kota di Indonesia yang menyuguhkan beragam destinasi wisata, Purwakarta juga memiliki banyak kuliner khas. Kuliner khas Purwakarta ini menawarkan aneka rasa yang istimewa. Mulai dari yang bercitarasa manis, asin, pedas dan bahkan gabungan dari itu semua. Kali ini Travelingyuk bakal memberikan beberapa kuliner khas Purwakarta yang bisa kamu cicipi kelezatannya jika main-main ke sana.

Sate Maranggi

Sate Maranggi, Via Instagram bestfoodjkt
Sate Maranggi, Via Instagram bestfoodjkt

Kuliner khas Purwakarta yang pertama dan sudah sangat populer di telinga traveler ataupun wisatawan adalah sate maranggi. Rasanya sangat istimewa, perpaduan antara manis, asam, gurih, pedas dari daging sate dan bumbunya membuat banyak orang ingin mencicipinya lagi dan lagi. Hal yang membuat rasanya begitu istimewa dan berbeda dari sate biasanya yakni proses marinasi atau perendaman pada bumbu, sehingga rasanya meresap dengan lebih sempurna.

Colenak

Colenak, Via Instagram ngunyahberdua
Colenak, Via Instagram ngunyahberdua

Ada juga kuliner lainnya bernama colenak yang merupakan kudapan dengan citarasa manis dan sedikit asam. Ini merupakan peuyeum atau tape singkong yang dibakar kemudian diberi topping gula merah. Untuk membuat rasanya makin kaya, diberikan kacang tanah yang telah disangrai di atasnya. Buat kamu yang suka banget sama peuyeum, jangan lupa untuk menikmati kudapan khas Purwakarta satu ini ya.

Soto Sadang

Soto Sadang, Via Instagram ivanwongso
Soto Sadang, Via Instagram ivanwongso

Kuliner khas Purwakarta lain yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah soto sadang. Tampilannya mirip dengan soto betawi dengan kuah berwarna kuningnya yang kental. Rasanya gurih dan juga lezat, ditambah kecap dan juga sambal makin nikmat. Dinamakan soto sadang lantaran kuliner ini awalnya dijual di daerah yang bernama Sadang.

Es Ciming

Es Ciming, Via Instagram kulinerpurwakartadotcom
Es Ciming, Via Instagram kulinerpurwakartadotcom

Tidak hanya makanan berat saja, Purwakarta juga memiliki es khas yang sudah melegenda. Nama es ini adalah es ciming yang tercipta lantaran pembuatnya bernama Ciming, seorang keturunan Tionghoa. Es ini berisi cendol, kacang hijau, potongan cincau, jelly, dan juga kelapa yang kemudian dipadu dengan es serut dan ditaburi dengan sirup.

Browyeum

Browyeum, Via Instagram shitairna
Browyeum, Via Instagram shitairna

Purwakarta memang sangat terkenal dengan peuyeum. Maka dari itulah, banyak olahan makanan yang terbuat dari peyeum. Salah satu olahan yang cukup terkenal adalah browyeum atau yang merupakan gabungan antara brownies dan juga peuyeum. Perpaduan antara dua bahan ini menghasilkan citarasa yang berbeda, manis dan juga sedikit asam.

Ada makanan berat, kudapan, dan juga es khas Purwarkarta yang bisa untuk kamu coba. Jadi, kamu mau coba jenis kuliner yang mana nih?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner khas Purwakarta kuliner purwakarta Purwakarta
Share