Pilihan Sate Kerbau di Kudus, Ada yang Sudah Hampir 7 Dekade

Kudus merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan olahan daging kerbau. Karena begitu khas, kuliner olahan kerbau di Kudus bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat di lokasi yang mendapatkan julukasn sebagai Kota Santri ini. Salah satu kuliner olahan kerbau yang banyak diburu adalah sate. Yup, sate kerbau di Kudus memang menawarkan sensasi rasa yang berbeda dari daging sapi, ayam, ataupun juga kambing. Kuliner unik ini bisa ditemukan di beberapa tempat di bawah ini.

Sate Min Jastro, 1950-an

Sate Pak Min Jastro, Via Instagram/surabayafoodies
Sate Pak Min Jastro, Via Instagram/surabayafoodies

Sate Kerbau Pak Min Jastro merupakan salah satu legenda di Kudus. Bagaimana tidak, kuliner ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Kelebihan olahan di sini adalah daging kerbaunya memiliki tekstur yang sangat lunak dan sedikit pedas. Bumbu-bumbu rempah di sate ini memiliki rasa yang kuat. Enaknya, bumbu yang digunakan di sini adalah sambal kacang yang memiliki rasa nendang.

Sate Kerbau Pak Min Jastro berada di Pertokoan Agus Salim Blok C, Jl. Agus Salim, Getas Pejaten, Jati, Kudus. Jam bukanya mulai dari 07:30 – 10:00, dan sore pada 17:00 sampai 21:00. Sementara itu untuk harganya, sepuluh tusuk sate kerbau ini dibanderol Rp50.000. Harga yang terbilang pantas dengan rasa yang ditawarkan.

Sate Kerbau Maju 57

Sate Kerbau Maju, Via Instagram/brojajan
Sate Kerbau Maju, Via Instagram/brojajan

Lokasi lainnya yang bisa jadi jujukan jika ingin menyantap sate kerbau adalah Warung Sate Kerbau Maju 57. Lokasinya berada di Jl. Kutilang No. 1, Wergu Kulon, Kudus. Buka setiap hari mulai dari jam 18:00 hingga pukul 23:00 malam.

Tempat makan sate kerbau di Kudus ini juga banyak dikunjungi oleh artis Ibu Kota, salah satunya adalah Duta Sheila On 7. Ukuran sate di sini standar, namun rasanya pas dengan perpaduan bumbu kacang yang tidak berlebihan. Salah satu tempat makan yang pantas untuk dikunjungi saat jalan-jalan ke Kudus.

Sate Kerbau Mas Zuhri

Sate Kerbau Mas Zuhri, Via instagram/erwinasidharta
Sate Kerbau Mas Zuhri, Via instagram/erwinasidharta

Lalu ada pula Sate Kerbau Mas Zuhri yang tidak kalah dengan yang lainnya. Citarasa sate di sini cenderung manis dan memiliki daging yang sangat empuk. Lokasinya cukup nyaman meskipun sederhana. Lokasi tempatnya berada di Getas Pejaten, Jati, Kudus, di Jl. Ahmad Yani yang berada di samping PHD. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai buka pukul 08:00 pagi hingga 09:30 malam. Harga sate kerbau di Kudus ini mulai dari Rp46.000 untuk 10 tusuk.

Sate Kerbau Pak Sunar

Sate Kerbau Pak Sunar, Via Instagram/edihartonoliem
Sate Kerbau Pak Sunar, Via Instagram/edihartonoliem

Ada pula Sate Kerbau Pak Sunar yang juga wajib dicoba jika sedang jalan-jalan ke Kudus. Ini merupakan tempat menyantap sate yang berlokasi di Jl. Tanjung Kudus. Dibandingkan dengan Sate Kerbau Jastro, memang ukurannya lebih kecil. Namun soal rasanya tidak bisa diragukan. Rasanya nikmat dan harganya sepadan, satu porsinya dibanderol dengan harga Rp30.000/ 10 tusuk. Nah, Sate Pak Sunar ini buka setap hari mulai pukul 07:00 sampai dengan 16:00 WIB.

Bagi kamu yang sedang jalan-jalan di Kudus, jangan melewatkan empat tempat berburu sate di atas ya. Kuliner yang cukup berbeda dari daerah lainnya di Indonesia, kenikmatan yang pantas untuk dicoba. Bagaimana, mau coba kuliner unik ini?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kudus sate kerbau di kudus
Share