Sate Kerbau Pak Min Jastro di Kudus, Favorit Mbak Tutut Sampai Bu Megawati

Ragam sate di Tanah Air sangat banyak sekali. Yang paling terkenal adalah sate Madura, Sate Padang dan sate Ponorogo. Ketiga menu tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang membuat para penikmatnya selalu ketagihan. Di Kudus, Jawa Tengah ada juga kuliner berupa sate dengan bahan daging kerbau. Di setiap sudut Kudus tak susah menemukan hidangan ini. Salah satu yang legendaris dan memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan adalah Warung Sate Kerbau Pak Min Jastro.

Warung Legendaris Sudah Buka Sejak 1950

Sate kerbau Pak Min Jastro, Via Instagram/surabayafoodies
Sate kerbau Pak Min Jastro, Via Instagram/surabayafoodies

Warung Sate Kerbau Pak Min Jastro ini sudah buka sejak tahun 1950. Awalnya, Min Jastro berkeliling kota sembari memikul dagangannya untuk menjajakan sate kerbau. Keliling mulai pukul 06:00 pagi sampai habis. Karena memiliki pelanggan yang setia, akhirnya pada tahun 1980 Min Jastro memutuskan untuk membuka lapak yang berlokasi di depan garasi bus PO Nusantara. Sampai pada akhirnya di tahun 2005 pindah ke lokasi sekarang ini.

Rahasia Kelezatan Sate Kerbau Pak Min Jastro Kudus

Citarasa yang bikin ketagihan, Via Instagram/amazingindonesiafood
Citarasa yang bikin ketagihan, Via Instagram/amazingindonesiafood

Sudah melegenda hampir 7 dekade lamanya, tentu saja bukan tanpa alasan. Dan salah satu alasannya adalah tekstur dagingnya yang sangat empuk dan bumbunya begitu terasa. Tempat wisata kuliner di Kudus ini sekarang dikelola oleh Sunoto yang merupakan generasi ketiga penerus usaha sate kerbau Min Jastro. Dan Totok, panggilan akrab Sunoto menyebutkan jika sampai sekarang ini ia masih mempertahankan resep leluhurnya.

Cabai yang jadi ciri khas, Via Instagram/e_ndro
Cabai yang jadi ciri khas, Via Instagram/e_ndro

Sate kerbau di sini dibuat dengan cara yang masih sangat tradisional dan serat dagingnya dipisah. Sebelum diolah, daging kerbau dipukul-pukul dan seratnya direbus supaya saat diberi bumbu dan dibakar, bumbunya akan meresap sempurna. Supaya rasanya makin nikmat, dan bumbunya meresap, daging yang sudah ditumbuk direndam dalam bumbu baceman selama kurang lebih dua jam lamanya. Lalu setelah itu daging sate ditusuk dan dibakar.

Sate Kerbau Pak Min Jastro
Sate Kerbau Pak Min Jastro (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Sementara itu, untuk bumbunya adalah saus kacang yang dipadukan dengan serundeng, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan juga kentang yang dihaluskan. Karena itulah cita rasa dari bumbu sate ini terasa lembut, kental, gurih dan sedikit pedas. Sangat cocok dengan sate kerbau yang memiliki cita rasa manis legit.

Digemari oleh Mbak Tutut Sampai Megawati

Warna yang berbeda, Via Instagram/andi_tho
Warna yang berbeda, Via Instagram/andi_tho

Karena dagingnya yang tebal namun empuk plus rasanya yang sangat nikmat, sate kerbau di sini memiliki banyak sekali pelanggan dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah Megawati Soekarno Putri. Sampai dengan Siti Hardiyati Rukmana (Mbak Tutut) juga gemar menyantap sate kerbau dari warung ini. Siapa sangka ya, ternyata penggemarnya juga para petinggi Indonesia.

Alamat dari Sate Kerbau Min Jastro Kudus

Jangan lupa coba kalau di Kudus, Via Instagram/tiara.timul
Jangan lupa coba kalau di Kudus, Via Instagram/tiara.timul

Alamat dari Sate Kerbau Pak Min Jastro ini berada di Jl. Kyai H. Agus Salim, Getas, Wergu Wetan, Kudus. Bukanya mulai dari Senin sampai Sabtu, mulai 07:30 – 10:00 dan sore mulai pukul 17:00 sampai dengan 21:00. Untuk harganya, satu porsi sate kerbau di sini dibanderol Rp45.000 sudah mendapatkan 10 tusuk sate, harga berlaku per November 2018. Jika tak ingin antre lama-lama, langsung bisa pesan melalui nomor telepon 081325618904.

Buat Teman Traveler yang main ke Kudus, jangan lupa untuk mencicipi Sate Kerbau Min Jastro ini ya. Biar bisa merasakan menu daging lainnya selain sapi, ayam, dan juga kambing. Bagaimana, mau coba?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kudus kuliner kudus Sate Pak Jastro di kudus Sate Pak Min Jastro
Share