Gurihnya Sate Kambing Mbah Margo, Kuliner Legendaris Kulonprogo Sejak 1965

Sate dan tengkleng memang makanan Nusantara yang bikin ngiler. Apalagi disajikan dalam keadaan masih hangat dan berkebul. Di Kulon Progo, ada satu tempat yang tak boleh dilewatkan bagi Teman Traveler pecinta sate. Namanya Sate Kambing Mbah Margo yang kelezatannya tak perlu ditanyakan lagi. Penasaran seperti apa kuliner di Kulon Progo yang terkenal enak ini? Berikut ulasannya.

Tetap Istimewa Hingga Tiga Generasi

Sate istimewa dari tahun 1965
Sate istimewa dari tahun 1965 via instagram/@gilamakanjogja

Sate Kambing Mbah Margo bukanlah nama baru di kalangan pecinta kuliner. Sudah menggema sejak lama, warung makan yang terletak di Jalan Wates Muntilan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo ini berdiri di tahun 1965. Saat ini, pengelolanya adalah generasi ketiga. Pun telah ganti tangan, ternyata Mbah Margo masih sering singgah di warungnya. Sederhana, sosoknya duduk di kursi dengan balutan pakaian Jawa.

Dimasak dengan Tusuk Jeruji Besi

Hidangan Istimewa di Kulon Progo
Hidangan Istimewa di Kulon Progo via instagram/@jogjaculinary

Meski Mbah Margo telah digantikan oleh anak dan cucunya, tapi cita rasa menu di sini masih sama. Paduan dagingnya lembut, pas banget dengan bumbu sederhana yang diwariskan secara turun-temurun. Dagingnya dipotong dadu yang pas untuk dilahap. Terlihat masih segar saat ditusuk menggunakan jeruji besi. Cara membakarnya juga tak jauh beda. Tak perlu khawatir, sate ini disajikan tanpa jeruji. Seporsinya sudah dihidangkan dengan bumbu kecap serta irisan kubis, bawang merah, tomat, dan cabai. Selain sate bakar, di sini juga ada sate goreng.

Menu Tengkleng yang Jadi Andalan

Tengkleng yang jadi andalan
Tengkleng yang jadi andalan via instagram/@jogjabikinlaper

Tidak hanya sate, menu yang ditawarkan di sini juga beragam. Ada aneka olahan daging kambing lainnya, seperti tongseng, gule, tengkleng dan banyak lainnya. Nah, menu yang paling difavoritkan dan menjadi andalan adalah tengkleng. Seporsi hidangan ini memang menggugah selera. Kuah keruhnya gurih dan bikin nagih. Sementara dagingnya lembut dan bikin pengen nambah lagi. Sangat sempurna untuk dijadikan menu makan siang bukan?

Warung Sederhana tapi Bikin Ketagihan

Sate Mbah Margo yang tetap jadi Favorit
Sate Mbah Margo yang tetap jadi Favorit via instagram/@gilamakanjogja

Untuk bisa menikmati seporsi sate ini, Teman Traveler perlu menyiapkan uang minimal Rp25.000. Harga tersebut terbilang terjangkau mengingat rasanya yang jempolan. Belum lagi tengklengnya. Nah, jika tak ingin kehabisan tengkleng di sini, datanglah sebelum jam 12. Pasalnya, menu tersebut ludes setelah jam makan siang. Sementara menu lain masih bisa ditemukan hingga malam hari.

Bagaimana, sudah siap memanjakan lidah dengan menu sate kambing Mbah Margo? Yuk, segera agendakan liburan ke Kulon Progo. Ingat pula, warung makan ini buka dari jam 8 pagi hingga 8 malam. Jadi, bisa makan siang atau makan malam di sini. Selamat mencoba.

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Kuliner Kulon Progo Kulon Progo Yogyakarta
Share