Cobain Geblek Tempe Benguk, Burger Tradisionalnya Kulon Progo

Kekayaan kuliner Indonesia sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Saking banyaknya, ada yang memiliki bentuk mirip tapi beda nama, juga rasa. Tidak hanya sama-sama jajanan dalam negeri, ada beberapa makanan yang juga mirip dengan kuliner dari luar negeri. Seperti Geblek tempe benguk berikut ini.

Burger Spesial ala Kulon Progo

Burger ala Kulon Progo
Burger ala Kulon Progo via instagram/@nina_epicure

Setelah Jadah tempe, kali ini ada satu lagi makanan khas nusantara yang terlihat mirip dengan burger. Namanya Geblek Tempe Benguk yang dapat ditemukan di Kulon Progo. Yap, perpaduan geblek dan tempe penguk yang disusun menyerupai burger. Nah, salah satu pedagang yang masih berjualan hingga sekarang adalah Geblek & Tempe Benguk Pertigaan Klangon. Letaknya di Jalan Nasiona III, Klangon, Argosari, Sedayu, Bantul.

Jajanan Istimewa Mirip Cireng

Kembaran cireng di jogja
Kembaran cireng di jogja via instagram/@pakdhetourjogja

Dari warnanya geblek mirip banget dengan aci. Namun, ketika memegang dan mulai menyantapnya, baru tahu jika jajanan ini tak jauh beda dengan cireng atau aci digoreng. Teksturnya renyah di luar dan sedikit empuk di dalam. Biasanya, jajanan ini tidak hanya disajikan dengan tempe benguk, tapi juga sambal gula jawa. Jangan khawatir, harganya murah meriah loh. Hanya Rp5.000 per porsinya.

Bahan Pembuatan Geblek

Geblek di Kulon Progo
Geblek di Kulon Progo via instagram/@jogjabikinlaper

Selain membeli, ternyata cara membuat jajanan ini sangat mudah. Bahan yang diperlukan terdiri dari tepung tapioka dan bumbu bawang yang telah digoreng. Nah, setelah adonan terlah tercampur merata, baru dibentuk bulat kemudian digoreng dalam wajan panas. Caranya memang terlihat mudah, tapi butuh keuletan agar dapat membuat geblek yang sempurna.

Oleh-oleh Khas Kulon Progo dengan Harga Murah Meriah

Geblek dan tempe benguk
Geblek dan tempe benguk via instagram/@harryardhanto

Bak bakso Malang, Kulonprogo juga menyediakan toko dengan menu geblek. Nah, kue ini dikemas dengan baik dan rapi agar sampai tujuan tentang nendang di lidah. Saat pengemasan, geblek yang dijadikan oleh-oleh dalam keadaan mentah dan bisa digoreng langsung ketika sampai di rumah. Sayangnya, jajanan ini tidak bertahan lama, hanya sekitar empat haru saja.

Nah, itulah ulasan tentang burger enak ala Kulon Progo bernama geblek tempe benguk. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya kan?

Tags
Indonesia Jogja Kulon Progo Yogyakarta
Share