Ngeteh Dengan Suasana Asri di Rumah Teh Ndoro Donker Solo, Bikin Betah

Selain kopi, teh juga merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Minuman satu ini pun bisa dikonsumsi kapanpun baik pagi, siang, sore, ataupun malam. Kalau Teman Traveler ke Solo, ada salah satu tempat ngeteh asik yang bisa dikunjungi. Rumah Teh Ndoro Donker menyajikan suasana pedesaan dan cocok untuk tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun kekasih. Selain tempatnya yang asik, juga ada beberapa fakta menarik di tempat ini, lho.

Sejarah Bermula Rumah Teh Ndoro

Teh Ndoro Donker di Solo
Teh Ndoro Donker di Solo via Instagram/emak2jajan

Sebelumnya, rumah teh Ndoro Donker merupakan rumah dari kepala kebun teh Kemuning milik perkebunan Belanda. Rumah teh ini telah berdiri sejak tahun 1700-an, bahkan sempat dijadikan rumah kepala kebun teh PT. Rumpun Sari. Namun pada tahun 2011, tempat ini dijadikan sebagai kafe setelah lama tidak dihuni. Nama “Ndoro Donker” sendiri diambil karena dulunya ada seorang warga Belanda yang bernama Donker dan menetap di Kemuning. Ia merupakan seorang ahli tanaman dan memilih untuk tinggal di Kemuning. Konon katanya dahulu ia dihormati oleh warga sekitar.

Pemandangan yang Menyejukkan Mata

Ngeteh dengan suasana hijau
Ngeteh dengan suasana hijau via Instagram/lindiawatisuwito62

Berlokasi di Jl. Karangpandan-Ngargoyoso, Karanganyar dan di kaki Gunung Lawu, Rumah Teh ini memiliki suasana yang asri dan sejuk. Pemandangan tanaman dan pohon-pohon hijau mampu manjakan mata pengunjung. Tidak hanya itu, para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan kebun teh. Bangunan rumah ini pun sangat unik karena terkesan seperti bangunan kuno. Mengusung konsep terbuka, di mana para pengunjung dapat duduk sambil bersantai di bawah payung besar dengan udara yang sejuk.

Tempat yang Instagenic

Rumah Teh yang Instagenic
Rumah Teh yang Instagenic via Instagram/yefta_assa

Walaupun letaknya yang lumayan jauh dari pusat kota Solo, yaitu harus berkendara selama 1,5 jam untuk sampai ke sini, tidak menyurutkan antusias pengunjung untuk datang. Tempat ini sangat instagenic, bangunan rumah yang kuno menghidupkan suasana, ditambah dengan adanya taman bunga yang cantik. Terlihat, bangunan didominasi oleh warna putih baik dari warna dinding ataupun meja dan kursinya. Para pengunjung juga dapat dengan bebas mengambil foto disekitaran kebun teh.

Menu-menu yang Bervariatif

Menu yang bervariatif
Menu yang bervariatif via Instagram/tarivc

Karena ini adalah rumah teh, maka jenis teh yang disajikan juga bervariatif. Teh seperti Kemuning Green Tea, Donker Black Tea, Oolong Tea, Mint Tea, Earl Gray Tea, dan lain-lain tersedia di sini. Selain itu, tempat ini juga menyajikan menu makanan seperti nasi goreng, sup iga, iga bakar. Makanan ringan seperti singkong goreng, juga tersedia. Buka setiap hari pada jam 10.00 hingga 19.00 WIB, siapkan budget mulai dari Rp10.000 hingga Rp55.000, ya.

Apakah dari Teman Traveler ada yang pecinta teh? Kalau iya, passtikan luangkan waktu Teman Traveler untuk datang ke Rumah Teh Ndoro Donker yang Instagenic ini. Bagaimana, tertarik kan?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Rumah Teh Ndoro Donker Solo
Share