Rumah Budaya Tembi, Museum di Jogja dengan Kolam Instagenic

Sebagai kota museum, Jogjakarta tidak hanya memiliki Benteng Vredeburg yang berada di pusat kota. Di lokasi lain, ada satu lagi museum antik yang  tidak banyak diketahui bernama Rumah Budaya Tembi atau Tembi Village. Penasaran kan dengan destinasi bersejarah satu ini?

Dari Desa Tempat Abdi Dalem Keraton Jadi Museum

Dulunya Rumah Abdi Dalem Keraton
Dulunya Rumah Abdi Dalem Keraton [image source]
Rumah Budaya Tembi ini berada di jalan Parangtritis Km. 8,4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Kabupaten Bantul. Sebelum menjadi museum, dulunya Rumah Budaya Tembi adalah tempat untuk para abdi dalem yang bertugas menyusui keturunan keluarga keraton. Rumah yang puluhan tahun berdiri tersebut berada di atas lahan seluas 3.500 meter persegi dan memiliki interior khas budaya Jawa.

Desa Wisata Tembi
Desa Wisata Tembi [image source]

Museum yang Kental dengan Pertunjukan Kejawen

Museum Tembi Jogja
Museum Tembi Jogja [image source]
Seperti Benteng Vredeburg, museum ini memamerkan berbagai peninggalan bernilai sejarah tinggi. Mulai dari tungku, keris, foto jaman dulu, hingga ribuan naskah kuno tersaji rapi di ruang pameran. Bukan hanya itu, ada pertunjukan seni, seperti pentas tari dan teater, musik serta pembacaan puisi.

Topeng di Tembi Village
Topeng di Tembi Village [image source]

Fasilitas Super Lengkap di Satu Tempat

Bale Inap Rumah Tembi
Bale Inap Rumah Tembi [image source]
Di samping itu Rumah Budaya Tembi juga memiliki beberapa fasilitas seperti bale karya, bale rupa, perpustakaan, bale inap hingga restoran. Yang paling menarik perhatian pengunjung di sini adalah kolam renangnya. Tak hanya menyegarkan, tapi juga bisa memandang persawahan di atas kolam tersebut.

Kolam Renang Tembi Village
Kolam Renang Tembi Village [image source]

Agenda Seru yang Sayang Dilewatkan

Kegiatan tradisional di Tembi Village
Kegiatan tradisional di Tembi Village [image source]
Seperti di Keraton Jogjakarta, Rumah Budaya Tembi juga tidak pernah absen untuk melaksanakan pertunjukan. Setiap bulannya, banyak kegiatan yang digelar mulai dari tarian nasional hingga pertunjukan wayang dengan dalang lokal. Selain itu, pengunjung pun dapat melihat berbagai kegiatan tradisional seperti membajak sawah dengan sapi, membatik hingga berlatih gamelan juga sayang untuk dilewatkan.Benar-benar membawamu kembali ke masa lalu kan?

Pertunjukan tari di Tembi Village
Pertunjukan tari di Tembi Village [image source]
Meski fasilitas cukup lengkap, ternyata Rumah Budaya Tembi tidak dibiayai oleh lembaga manapun. Semua kegiatan yang dilakukan bersifat nirlaba. Sementara pendapatan yang diperoleh selama ini berasal dari rumah makan, penginapan, ruang pertemuan dan juga pameran. Wah, keren banget bukan? Bagaimana, sudah pernah ke sini?

Tags
Bantul Indonesia Jogjakarta Museum Yogyakarta
Share