Rujak Natsepa, Kuliner Khas Ambon yang Pedasnya Nampol

Ambon, kota terbesar di Maluku yang memiliki keistimewaan tersendiri. Bukan hanya karena keindahan pantainya yang memesona, kamu pun bakalan dibuat takjub dengan panorama bawah lautnya. Namun, kurang rasanya jika belum mencoba kuliner di kota ini. Salah satunya wajib kamu coba adalah rujak natsepa. Penasaran kan dengan makanan khas Ambon tersebut? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Rujak Buah Khas Ambon

Rujak enak di Ambon
Rujak enak di Ambon via instagram/@verawaty_

Kuliner khas Ambon memang banyak. Ada papeda, colo-colo, bubur ne, ampas terigu, dan banyak lainnya. Namun jelajah pulau ini tak lengkap rasanya jika belum mencoba rujak natsepa. Tak jauh beda dengan lainnya, rujak ini berupa terdiri dari irisan buah segar, seperti kedondong, mangga, belimbing, jambu air, pepaya, hingga nanas. Tentunya nikmat disantap saat siang hari.

Buah Segar untuk Rujak Natsepa
Buah Segar untuk Rujak Natsepa via instagram/@nurain_samsudin82

Sajian Nikmat dengan Bumbu Kacang

Buah Segar Rujak Natsepa
Buah Segar Rujak Natsepa via instagram/@ansel.jackson

Cara pembuatan rujak buah ini sangat sederhana. Awalnya, bumbu rujak natsepa di ulek di atas cobek besar. Bumbunya istimewa, berupa kacang goreng yang dihaluskan bersama gula aren, asam, dan garam. Setelah halus, kemudian dicampur serta diulek kasar dengan irisan buah segar. Setelah merata, kuliner ini disajikan di atas piring kecil lengkap dengan tusuk sate sebagai sendoknya.

Rujak ulek di Ambon
Rujak ulek di Ambon via instagram/@zulroekman_tp

Rujak Pantai Natsepa dengan Irisan Ubi Jalar

Rujak dengan sambal kacang
Rujak dengan sambal kacang via instagram/@fomitar

Hal menarik yang membuat rujak natsepa disukai banyak orang adalah tambahan ubi jalar di dalamnya. Soal rasa, tentu saja manis, pedas, asam yang bikin ketagihan. Nah, menu yang hingga artikel ini ditulis hanya dibanderol Rp15.000 tersebut bisa kamu temukan di Pantai Natsepa. Letaknya di kawasan Suli, Salahutu atau sekitar 18 km dari pusat kota. Bisa dibayangkan bagaimana nikmatnya menyantap rujak dengan pemandangan lautan yang memesona, bukan?

Rujak di Pantai Natsepa
Rujak di Pantai Natsepa via instagram/@retnicin

Terkenal hingga Difavoritkan Wisatawan

Rujak Natsepa yang menggoda
Rujak Natsepa yang menggoda via instagram/@dorothypandjaitan

Penjual rujak di Pantai Natsepa terbilang cukup banyak dan tertata rapi. Hal ini tidak lain karena peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang telah mengelolanya sejak tahun 2010 lalu. Sebelum itu, rujak natsepa sudah dikenal oleh banyak orang. Cita rasa yang disajikan bikin siapapun ketagihan. Tidak hanya wisatawan domestik, turis asing pun juga banyak yang jatuh cinta dengan kuliner di pesisir pantai ini.

Rujak Natsepa Enak
Rujak Natsepa Enak via instagram/@ria.wkg

Kuliner Ambon memang bikin siapapun penasaran. Apalagi rujak buah khasnya yang dikenal rujak natsepa di atas. Bagaimana, sudah pernah coba?

Tags
Ambon Indonesia Kuliner Rujak Maluku
Share