Jelajah Kuliner Enak Saat Liburan Natal di Ambon

Panorama Ambon yang menakjubkan memang cocok dikunjungi saat liburan Natal dan Tahun Baru. Selain pantai eksotis, keindahan bawah lautnya juga tak kalah menakjubkan. Namun, liburan kurang gereget jika tidak sekalian berburu kuliner enak. Masih bingung mencari makanan enak di kota ini? Berikut daftar makanan khas Ambon yang mudah ditemui saat perayaan natal. Soal rasa, tak diragukan lagi.

Nasi Pulut Unti dengan Topping Istimewa

Nasi Pulut Unti
Nasi Pulut Unti [image source]
Pernah dengar kuliner satu ini? Bagi pecinta makanan Ambon pasti sudah kenal betul. Ya, Nasi Pulut Unti merupakan hidangan lezat yang dapat kamu santap saat liburan ke Maluku, khususnya Ambon. Bukan dari beras, ternyata nasi pulut unti terbuat dari ketan yang terbungkus daun pisang. Menariknya, ada topping berupa parutan kelapa serta gula merah yang membuat rasanya istimewa.

Nasi Pulut Unti Ambon
Ilustrasi Nasi Pulut Unti Ambon [image source]

2. Rujak Natsepa

Rujak Natsepa Ambon
Rujak Natsepa Ambon [image source]
Ambon ternyata punya versi rujaknya sendiri, bernama Rujak Natsepa. Penampilannya tak jauh beda dengan lainnya. Ada beberapa jenis buah, bersaus kacang goreng dengan campuran gula aren, asam, dan garam. Menariknya, rujak ini ditambah dengan irisan ubi jalar yang membuatnya makin nikmat. Kamu bisa menjumpai kudapan tersebut di pesisir Pantai Natsepa. Hingga artikel ini ditulis, harganya sekitar Rp15.000 per porsi.

Rujak Natsepa
Rujak Natsepa [image source]

3. Suami dengan Sambal Colo-Colo

Sangkola
Sangkola [image source]
Kuliner yang satu ini memang punya nama unik. Suami atau juga dikenal dengan nama Sangkola merupakan makanan yang terbuat dari sari ubi. Biasanya, hidangan ini disantap bersama dengan ikan goreng. Tak lupa pula dengan tambahan sambal colo-colo. Kembaran sambal matah yang terbuat dari irisan bawang merah, cabai, tomat muda, daun seledri, taburan garam dan perasan jeruk nipis. Rasanya, dijamin bikin ketagihan.

Sambal Colo Colo
Sambal Colo Colo [image source]

4. Karu-karu Alias Sinole

Sinole dan Ikan Goreng
Sinole dan Ikan Goreng [image source]
Kurang afdol rasanya jika tidak memasukkan olahan sagu dalam daftar kuliner khas Ambon. Selain papeda, ada juga punya camilan yang terbuat dari sagu bernama Sinole atau Karu-karu. Sinole terbuat dari campuran tepung, parutan kelapa dan air yang dipanggang. Kemudian ditaburi gula merah atau gula aren. Rasanya tentu saja gurih legit. Biasanya paling nikmat disantap bersama dengan ikan. Mau coba kan?

Sinole
Sinole [image source]

5. Kopi Rarobang

Kopi Rarobang, Ambon
Kopi Rarobang, Ambon [image source]
Kopi seduhan Ambon terkenal juara, apalagi Rarobang. Minuman hitam pekat satu ini merupakan kopi rabusta yang diracik dengan beberapa bahan lainnya. Bukan gula, melainkan rempah-rempah yang rasanya nendang di lidah. Ada serai, jahe dan juga madu yang membuat aromanya makin nikmat. Terakhir, secangkir kopi rarobang dilengkapi dengan taburan biji kenari.

Kopi Rarobang
Kopi Rarobang [image source]
Dari kelima kuliner di atas, mana yang ingin kamu coba dulu? Bagaimana, liburan akhir tahun di Ambon makin seru kan?

Tags
Ambon Indonesia kuliner Maluku
Share