Rujak Blonyo, Kuliner Langka Khas Masyarakat Pesisir Gresik

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Via Instagram gotravellinggirl Via Instagram gotravellinggirl

Gresik merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal memiliki banyak destinasi wisata bahari. Maka dari itulah, banyak juga kuliner khasnya yang berhubungan dengan seafood atau makanan laut. Ada salah satu kuliner khas Gresik dari laut yang sekarang ini bisa dibilang semakin langka. Yuk kita ulas lebih mendalam mengenai rujak blonyo ini.

Disebut Juga dengan Rujak Kerokan

Rujak blonyo atau kerokan, Via Instagram faizhaprilio
Rujak blonyo atau kerokan, Via Instagram faizhaprilio

Rujak Blonyo atau yang disebut juga dengan Rujak Kerokan ini merupakan kuliner asli dari masyarakat pesisir Gresik. Bahan utama pembuatan kuliner asli Indonesia ini adalah terung laut yang hanya ditemukan pada waktu tertentu. Karena musiman inilah, rujak blonyo tidak selalu ada meskipun kamu sedang jalan-jalan ke Gresik. Dan satu hal lagi, tidak sembarang orang bisa mengolahnya. Ditakutkan, nanti malah membuat alergi pemakannya.

Bahan Pembuatan Rujak Blonyo

Dipadu dengan sayur mayur, Via Instagram faizhaprilio
Dipadu dengan sayur mayur, Via Instagram faizhaprilio

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahan utama pembuatan rujak blonyo ini adalah terung laut yang didapatkan selama musiman. Selain terung laut, ada bahan-bahan lainnya yang dibutuhkan. Misalnya saja asam jawa, parutan kelapa, daun kemangi/sayuran lain, petis kemudian dicampur bumbu olahan khusus.

Cara pembuatannya cukup rumit, maka dari itulah kulit ini juga jadi semakin langka saja. Terung laut atau yang biasa disebut dengan blonyo ini dikeluarkan isinya lalu dipotong-potong. Diberi cuka, asam jawa dan didiamkan selama kurang lebih 15 menitan. Selanjutnya dicampur dengan daun kemangi dan juga parutan kelapa yang telah diberi bumbu dan dicampur dengan petis yang disesuaikan selera.

Rekomendasi Penjual Rujak Blonyo

Kuliner langka, Via Instagram henynihlatulizzah
Kuliner langka, Via Instagram henynihlatulizzah

Buat kamu yang ingin mencicipi rujak ini, ada salah satu rekomendasi tempat yang bisa untuk dituju. Salah satunya yakni Hajjah Lilik yang berjualan di sekitaran Jl. Sindujoyo XVI No. 14 Lumpur Gang 2 Gresik. Jika sedang musim, Hj. Lilik akan berjualan dan dalam sekejab saja dagangannya bakal ludes. Pasalnya, kuliner ini langka dan tidak terlalu banyak penjualnya.

Jika kamu sedang jalan-jalan di Gresik, semoga bisa mencicipi kuliner yang sangat langka satu ini ya. Siapa tahu saja kamu sedang beruntung. Yuk bagikan informasi mengenai rujak blonyo ini, biar semua orang tahu ada kuliner unik dari Pesisir Gresik.