Sarapan Sego Rumo, Kuliner Khas Gresik yang Unik

Gresik adalah tempat dengan budaya dan kuliner khas. Ragam makanan enak mudah kamu dapatkan dengan harga cukup murah. Jangan puas dulu dengan pudak atau otak-otak, karena masih ada kuliner unik seperti Sego Rumo Gresik. Bagaimana tampilan dan rasanya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Kuliner Desa yang Melegenda

Penjual Sego Rumo di Gresik
Penjual Sego Rumo di Gresik via INstagram/@meirizkaff

Nama Rumo sebenarnya adalah julukan salah satu desa di Gresik, tempat asal kuliner ini dibuat. Tampilannya begitu unik karena sekilas seperti bubur berwarna oranye. Kemudian tersaji di atas daun pisang. Bubur tersebut dibuat dari campuran tepung dan udang. Jadi rasanya bukan manis , tapi gurih bikin nagih.

Sego Rumo Khas Gresik
Sego Rumo Khas Gresik via INstagram/@galeripanganlokal

2. Kombinasi Lontong dan Sayuran

Pembeli menunggu pesanan Sego Rumo
Pembeli menunggu pesanan Sego Rumo via INstagram/@ronnyhidayat84

Bubur udang dicampur dengan nasi atau lontong. Lalu ditambah dengan lauk lezat seperti lontong, sayur, kerupuk, hingga sambal merah. Kombinasi berbagai bahan tersebut begitu memanjakan lidah. Semakin enak lagi jika kamu tambahkan koyah atau poyah yang terbuat dari kelapa parut sangrai.

Bubur Sego Rumo
Bubur Sego Rumo via INstagram/@farisindriya

3. Mantap Dijadikan Menu Sarapan

Penjual Sego Rumo
Penjual Sego Rumo via INstagram/@pentingwareg

Bubur yang memiliki tekstur lembut dan serasi dengan berbagai macam sayuran ini menjadi menu sarapan favorit sebagian masyarakat Gresik. Apalagi memakannya langsung menggunakan sendok daun pisang. Kelezatannya nambah. Untuk mendapatkan satu porsi Sego Rumo, kamu pun tak perlu mengeluarkan banyak uang karena harganya lumayan murah.

Sego Rumo Gresik
Sego Rumo Gresik via INstagram/@ellismakkiarief

4. Berburu Sego Rumo di Gresik

kuliner Gresik
kuliner Gresik via INstagram/@indri.w

Sego Rumo saat ini sudah semakin susah ditemukan. Penjualnya tidak banyak. Jika kamu ingin mencoba, langsung saja datang ke Pasar Gresik. Di sini masih ada ibu-ibu yang setia menjual kuliner tersebut. Orangnya tidak berjualan dengan gerobak, tapi lesehan di depan toko.

Kuliner khas gresik
Kuliner khas gresik via INstagram/@oleholehgresik

Itulah beberapa ulasan tentang Sego Rumo Khas Gresik yang tampilannya unik dan rasanya fantastis. Kalau kamu, menu sarapan favoritnya apa nih?

Tags
Gresik Jawa Timur Sego Rumo
Share