Makan Sambil Nostalgia di Restoran yang Dulunya Bangunan Zaman Belanda

febri rama

febri rama

On Indonesia
Restoran Restoran

Makan bukan sekadar tentang menu enak dan tampilan memikat. Lebih dari itu, tempat kita menikmati hidangan juga bisa menyumbang kepuasan dan kenyamanan. Apalagi jika itu adalah bangunan-bangunan tua yang berasal dari zaman penjajahan Belanda, namun masih terawat dan tidak banyak mengalami perubahan bentuk. Lalu tempat mana saja yang bisa kamu datangi?

1. Café Batavia

Cafe Batavia
Cafe Batavia via pojok_nyantai

Cafe Batavia berkonsep jadul, tapi masih nampak mewah layaknya ruang makan para bangsawan abad pertengahan. Tempat ini sudah mulai dibuka sejak tahun 1993, dan hingga sekarang masih setia menyajikan menu lezat. Bangunannya dipercaya sudah ada sejak tahun 1850 di masa kolonial Belanda. Sebelum jadi restoran seperti sekarang, fungsinya adalah sebagai rumah pejabat Belanda yang bekerja di kantor pemerintah (saat ini jadi Museum Fatahillah).

Cafe Batavia
Cafe Batavia via Instagram/cafe_batavia

2. Grand Aston City Hall Medan

Grand Aston City Hall Medan
Grand Aston City Hall Medan via astonhotelsinternational

Grand Aston membuat bangunan Balai Kota Lama Medan menjadi tempat makan yang asyik. Dari luarnya saja sudah kelihatan megah dengan jendela yang khas dan menara megah. Bagian dalamnya nampak mewah dengan pernak-pernik tertata rapi. Dulunya bangunan ini difungsikan sebagai bank dan mulai didirikan pada tahun 1908. Berbagai menu nikmat bisa kamu coba di sini. Makan sambil menerka seperti apa Hindia Belanda di masa silam pasti seru sekali bukan?

Grand Aston City Hall Medan
Grand Aston City Hall Medan via astonhotelsinternational

3. Bunga Rampai

Bunga Rampai
Bunga Rampai via Soompeat

Kamu bisa menemukan Restoran Bunga Rampai di Jalan Cik Ditiro No.35, Menteng. Dari luar saja sudah terlihat jika restoran ini memiliki keunikan. Temboknya didominasi dengan warna putih, sangat khas dengan bangunan zaman dulu. Di bagian pintu masuknya terdapat beberapa tiang besar yang kokoh. Kabarnya, gedung ini dibuat sekitar tahun 1900-an dan sempat digunakan olah beberapa tokoh nasional semasa revolusi.

Bunga Rampai
Bunga Rampai via Instagram/@trixybianca

4. Toko Oen

Toko Oen
Toko Oen via kudo.co.id

Toko legendaris ini ada di beberapa kota termasuk Malang. Kamu bisa menemukannya di Jenderal Basuki Rahmat No.5. Berlokasi di dekat alun-alun, tempat ini cukup strategis dijadikan sebagai destinasi kulineran. Apalagi beberapa menunya juga tidak lepas dari sentuhan resep zaman dulu. Bangunannya pun tidak berubah dari waktu ke waktu sejak tahun 1930.

Toko Oen Malang
Toko Oen Malang Via YouTube

Itulah beberapa restoran yang menempati bangunan tua sejak zaman Belanda. Bangunannya yang masih tetap sama bisa jadi peninggalan sejarah dan pengingat perjalanan bangsa. Semakin seru karena kamu bisa masuk ke dalam dan menyantap menu yang nikmat.