Deretan Restoran Vegetarian Jogjakarta, Cocok untuk Diet Sehat

Advertisement
Advertisement

Jogja selama ini identik dengan kota gudeg. Padahal daerah istimewa Indonesia ini punya kuliner modern dengan beragam menu menyehatkan. Ada sejumlah restoran vegetarian Jogja yang menarik dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Dengan kombinasi bahan organik dan resep fantastis, restoran tersebut sanggup meramu masakan yang lezatnya tak kalah dengan sajian berbahan hewani. Tentunya cocok bagi mereka yang ingin mulai menerapkan gaya hidup sehat. Penasaran? Berikut Travelingyuk sajikan sejumlah rekomendasi restoran vegetarian Jogjakarta yang layak dicoba.

1. Restoran Veganissimo di Jl Cendrawasih menawarkan hidangan vegetarian berupa nasi padang hingga ayam goreng tepung. Semua dengan bahan non-hewani tentunya.

Ilustrasi hidangan vegan
Ilustrasi hidangan vegan via Instagram miamvegetal

2. Fortunate Coffee cocok sekali bagi mereka yang ingin menikmati secangkir kopi sembari menyantap makanan. Tempat dengan atmosfer nyaman ini ada di Jalan Jogonegaran No.49.

Steak Tempe di Fortunate Coffee
Steak Tempe di Fortunate Coffee via Instagram fortunatecoffeejojgja

3. Letusee punya beberapa menu salad dan burger vegan yang sayang dilewatkan. Berada di Jalan Mrican restoran ini juga menawarkan jasa katering vegetarian untuk para pelanggannya.

Menu vegan yang ditawarkan Letusee
Menu vegan yang ditawarkan Letusee via Instagram letusee.yk

4. Somayoga mencoba memanjakan pelanggan dengan menyajikan ‘versi sehat’ dari bakso, sate, dan rawon. Berada di Jl Kledokan Raya, usaha kuliner satu ini juga menawarkan atmosfer tradisional yang kental.

Burger vegan di Somayoga
Burger vegan di Somayoga via Instagram somayogavegan

5. Simple Plant menjajakan menu lezat seperti burger, mie, dan steak. Saking nikmatnya, banyak pelanggan tak percaya restoran yang berada di Jl Prawirotaman ini menyajikan menu vegetarian.

Mie Kocok vegan di Simple Plant
Mie Kocok vegan di Simple Plant via Instagram simpleplantkitchen

6. Sesuai dengan namanya, Jejamuran menyediakan beragam menu masakan berbahan dasar jamur. Bagi yang tertarik mencoba, langsung saja meluncur ke Jl Pramuka no 53.

Sate Jamur di Jejamuran
Sate Jamur di Jejamuran via Instagram jejamuran.id

7. Milas Vegetarian berlokasi di Jl Prawirotaman 4. Semua menu yang ditawarkan di sini selain terbuat dari bahan non-hewani juga bebas MSG.

Rucola Salad di Milas Vegetarian
Rucola Salad di Milas Vegetarian via Instagram milasvegetarian

Manfaat menyantap menu vegetarian

Menjadi vegetarian mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Terutama mereka yang sudah terlanjur terbiasa mengonsumsi daging. Namun menjadi seorang vegan ternyata memberi banyak manfaat positif, seperti misalnya:

  • Mengurangi konsumsi bahan hewani bisa mengurangi kadar asam tertentu dalam tubuh. Menurut penelitian, hal ini akan membantu meningkatkan mood kita sehari-hari
  • Menjadi seorang vegetarian diyakini bisa meminimalisir resiko terkena Psoriasis, penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi berlebih
  • Para vegetarian konon juga memiliki resiko lebih kecil terkena penyakit diabetes. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh penelitian yang dilakukan di George Washington University School of Medicine
  • Tak cuma psoriasis dan diabetes, para vegetarian juga akan sulit terkena penyakit katarak. Fakta ini dibuktikan oleh para peneliti di Universitas Oxford
  • Dengan konsisten memakan buah, sayur, serta mengurangi konsumsi bahan hewani, seseorang akan lebih sulit terjangkit penyakit stroke, obesitas, serta batu ginjal

Itulah tadi sederet rekomendasi restoran vegetarian Jogjakarta yang layak untuk dijajal. Jika kebetulan sedang berada di kota Gudeg, tak ada salahnya mampir dan membuktikan sendiri kelezatan menu yang ditawarkan deretan restoran tersebut.

Advertisement
Tags
Jogjakarta kuliner Wisata Wisata Kuliner
Share