4 Restoran Tertua di Dunia, Ada yang Usianya Melebihi 1 Abad!

Advertisement

Ada beragam tempat makan di Indonesia, bahkan dunia. Dari yang lesehan pinggir jalan, hingga restoran mewah dengan makanan mahalnya. Namun pernahkah Teman Traveler makan di restoran yang berumur puluhan tahun? Nah, beberapa restoran tertua di dunia ini membuktikan bahwa mereka masih bisa eksis hingga kini. Tak hanya itu, sudah berdiri sejak lama, tentu saja memiliki bangunan klasik dan interior yang otentik. Yuk, langsung aja pantengin artikel di bawah ini!

Zum Franziskaner

Zum Franziskaner
Zum Franziskaner via Instagram/jo_selin

Zum Franziskaner juga merupakan restoran tertua yang ada di dunia. Meski bangunannya tampak baru, bergaya ala abad ke 20, namun jangan tertipu dengan penampilannya. Zum Franziskaner telah berdiri sejak tahun 1421 di Stockholm, Swedia. Makanan yang disajikan pun merupakan perpaduan para warisan pendiri dengan masyarakat Skandinavia. Selain itu, restoran ini masih eksis hingga kini. Mereka menawarkan casual dining dengan ruangan bergaya Art Nouveau. 

St. Peterstiftkeller

St. Peter's Abbey
St. Peter’s Abbey via Instagram/stpeter_stiftskulinarium

St. Peter ini merupakan salah satu restoran tertua di dunia ini telah berdiri sejak tahun 803. Berlokasi di jantung kota Salzburg, Austria, St. Peter’s Abbey, Eropa, restoran ini telah menyajikan hidangan tradisional selama lebih dari 1200 tahun lamanya. St. Peter ini juga merupakan restoran terbaik di Salzburg dan terkenal akan suasana elegan bergaya era victorian. Walaupun telah berdiri sejak lama, St. Peter masih ramai oleh pengunjung hingga kini. Selain itu, tempat ini juga bersejarah karena dulunya pernah dijadikan sebagai lokasi pertemuan para pangeran, pedagang, dan juga warga negara terkemuka.

Honke Owariya

Honke Owariya
Honke Owariya via Instagram/rakuro.thesharehotels

Selanjutnya ada Honke Owariya yang berada di Jepang. Awalnya restoran ini merupakan kedai penjual kudapan yang berada di wilayah Owari (Nagoya) ke Kyoto. Berdiri sejak tahun 1465, tempat ini dulunya juga menjual kue beras soba.

Restoran tertua dunia
Restoran tertua dunia (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Sedang pada tahun 1700an resto ini menjual mi Soba di Kyoto. Produk yang dibuat pun merupakan mi soba dengan bahan-bahan berkualitas tinggi asal Otoineppu, Hokkaido. Selain itu mereka juga membocorkan rahasia dengan menggunakan air murni Kyoto dibalik rasa istimewa dari hidangannya.

La Tour d’Argent

La Tour d'Argent
La Tour d’Argent via Instagram/soultossol

Restoran tertua terakhir dari Travelingyuk adalah La Tour d’Argent yang berdiri sejak tahun 1582 di Paris, Perancis. Resto ini juga menjadi resto favorit para raja dan pesohor selama ratusan tahun. Di restoran ini Raja Henry III pertama kalinya menggunakan garpu di era 1500-an yang merupakan gaya makan ala orang Perancis. Hingga kini, La Tour d’Agent masih dipenuhi oleh wisatawan karena menunya yang mendapat penghargaan Michelin Star. Selain itu, lokasinya juga strategis karena menghadap ke Notre Dame.

Wah, seru juga kalau bisa mencoba makan malam di salah satu restoran tertua di dunia tersebut, ya. Selain kenyang, juga bisa sambil menikmati interiornya yang klasik. Bagaimana, resto mana yang paling ingin Teman Traveler coba, nih?

Advertisement
Tags
kuliner Luar negeri restoran restoran tertua restoran tertua di dunia
Share