Restoran Keluarga di Malang, Kulineran di Hari Kemenangan

Dari sekian banyak kota di Indonesia, Malang jadi salah satu yang paling sering jadi tujuan para pemudik. Asyiknya, di Kota Bunga ada banyak destinasi menarik – ideal untuk pulang kampung sembari liburan. Bagi yang hobi kulineran, ada beberapa restoran keluarga di Malang yang cukup direkomendasikan.

Deretan restoran tersebut bakal jadi tempat ideal menghabiskan libur lebaran bersama keluarga. Selain menawarkan hidangan lezat, tempatnya juga luas dan dilengkapi lahan parkir memadai. Penasaran, berikut Travelingyuk sajikan deretan rekomendasi restoran keluarga di Malang yang patut diketahui.

1. Rumah Makan Inggil

Suasana di Rumah Makan Inggil
Suasana di Rumah Makan Inggil via Instagram cinta_vintage

Sobat traveler ingin berwisata kuliner bersama keluarga sembari belajar sejarah? Rumah Makan Inggil adalah tempat yang tepat. Berada di kawasan Klojen, tepatnya di Jl Gajahmada No 4, resto ini tak hanya menawarkan menu khas namun sekaligus menjadi museum barang-barang antik. Pengunjung bisa melihat-lihat koleksi uang lama, poster jaman dulu, hingga merk rokok yang sudah tak ada di pasaran.

Bicara soal menu andalan, Rumah Makan Inggil terkenal dengan gurame goreng dan ayam bakarnya. Sembari makan, tamu biasanya bisa menikmati pertunjukan ludruk atau wayang orang di atas panggung.

2. Javanine

Pintu depan Restoran Javanine
Pintu depan Restoran Javanine via Instagram sarahsabina

Javanine adalah restoran yang menyediakan menu-menu tradisional khas Jawa. Namun yang menarik, interior maupun penyajian makanannya dibuat elegan. Tak kalah dengan resto lain yang memanjakan lidah tamunya dengan masakan Barat.

Namun bagi yang tidak terlalu suka masakan Jawa, Javanine juga menyajikan menu ala Eropa. Menu yang cukup direkomendasikan di sini antara lain bebek goreng dengan tiga sambal, tahu thek, lontong kikil, dan gurame goreng.

3. Waroeng SS

Menu di Waroeng Spesial Sambal
Menu di Waroeng Spesial Sambal via Instagram yummyfeed.id

Waroeng Spesial Sambal sudah lama menyapa warga Malang dengan beragam varian sambalnya yang istimewa. Kuliner satu ini hampir setiap hari dipadati pengunjung. Selain rasa sambalnya yang unik dan lezat, semua pelanggan juga dibebaskan menambah nasi.

Beberapa sambal unggulan Waroeng SS yang pantang dilewatkan antara lain sambal terasi, teri, gobal-gabul, udang, rempelo ati, dan masih banyak lagi. Jika berencana datang bersama keluarga, sebaiknya meluncur ke cabang di Jl Ciliwung. Parkiran dan tempat di sana jauh lebih luas.

4. Ayam Goreng Tenes

Ayam Goreng Tenes
Ayam Goreng Tenes via Instagram m_candra

Buka sejak 1991, Ayam Goreng Tenes termasuk salah satu kuliner legendaris di Malang. Lokasinya ada di Jl Tenes no 12, tak jauh dari kompleks stadion Gajayana dan Mall Olympic Garden. Tempat ini biasanya sangat ramai, terutama di akhir pekan.

Ayam yang digunakan di sini adalah ayam kampung. Ketika digigit dagingnya begitu empuk dan terasa nikmat. Apalagi jika sudah dipadukan dengan kecap dan sambal mereka yang khas. Sungguh membuat lidah ketagihan.

5. Depot HTS

Rawon Merah khas HTS
Rawon Merah khas HTS via Instagram malangeatery

Depot HTS juga termasuk salah satu pilihan kuliner legendaris di Malang. Lokasinya ada di Malang Utara, tepatnya di Jl Dr Wahidin no 123, Lawang, dan sudah berdiri sejak 1927. HTS sendiri merupakan akronim dari nama pendirinya, Han Tjwan Sing.

Menu yang jadi andalan HTS adalah rawon merah, berkat racikan bumbu rahasia yang mereka gunakan. Selain itu masih ada sop buntut, lontong cap gomeh, kare ayam, dan masih banyak lagi. Jika masih belum puas, bisa mencoba onde-onde HTS yang terkenal dan sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

6. Bakso Bakar Pahlawan TRIP

Bakso Bakar Pahlawan TRIP
Bakso Bakar Pahlawan TRIP via Instagram stayhungry.id

Sesuai namanya, kedai Bakso Bakar ini terletak di Jl Pahlawan TRIP no 3. Tak jauh dari situ terdapat monumen Pahlawan TRIP yang didirikan untuk mengenang perjuangan para tentara pelajar di zaman kemerdekaan. TRIP sendiri merupakan akronim dari Tentara Republik Indonesia Pelajar.

Bicara soal rasa, bakso bakar di sini punya racikan bumbu khas yang bikin lidah ketagihan. Apalagi jika sudah dipadukan dengan taburan bawang goreng. Jika bosan dengan menu bakso, bisa mencoba sajian lain seperti pangsit atau lalapan.

7. Warung Mamah Sum

Ragam pilihan menu di Mamah Sum
Ragam pilihan menu di Mamah Sum via Instagram kulinersby

Warung Mamah Sum terletak di kawasan Jl Ciliwung, tak jauh dari Waroeng Spesial Sambal. Tempatnya didesain sedemikian rupa hingga menyerupai bangunan lawas khas Jawa. Di tengahnya terdapat kolam renang, cocok untuk bersantai sambil ngobrol.

Salah satu menu andalan Warung Mamah Sum adalah sambal kocok-nya yang istimewa. Sensasi pedasnya bakal terasa semakin nikmat jika disantap bersama menu gurame, bebek, atau ayam goreng yang juga tersedia di sini.

8. Ocean Garden

Menu Gurame Terbang di Ocean Garden
Menu Gurame Terbang di Ocean Garden via Instagram yenyen.foodielife

Ocean Garden adalah restoran yang fokus menyajikan menu seafood. Tempatnya cukup luas, pengunjung bisa memilih makan sambil duduk biasa atau di saung-saung khusus jika ingin sembari lesehan. Pilihan menunya juga beragam, mulai dari gurame, nila, cumi, udang, dan masih banyak lagi.

Dengan area parkir luas, Ocean Garden sangat pas dijadikan sebagai alternatif kuliner bersama keluarga di Hari Raya. Namun biasanya restoran ini selalu padat pengunjung, terutama di musim liburan.

9. Warung Bu Kris

Penyetan di Warung Bu Kris
Penyetan di Warung Bu Kris via Instagram medaneating

Warung Bu Kris sering jadi jujukan keluarga maupun pegawai kantor yang ingin bersantap ria bersama kolega. Tempatnya lumayan luas, bisa menampung lebih dari 50 orang. Varian menu yang disajikan juga lengkap, mulai dari ayam, bebek, ikan, bakso, penyetan, dan masih banyak lagi.

Cabang Warung Bu Kris sudah tersebar di mana-mana. Bagi warga Malang, bisa langsung meluncur ke Jl Ciliwung no 31. Karena selalu ramai, tak ada salahnya menelepon dulu dan memesan tempat sebelum datang ke warung ini.

Itulah tadi sejumlah rekomendasi restoran keluarga di Malang yang pantang dilewatkan. Bagi sobat traveler yang masih bingung menentukan akan ke mana bersama sanak famili di libur lebaran tahun ini, bisa menjadikan daftar ini sebagai inspirasi.

Tags
Jawa Timur kuliner Malang Wisata Wisata Kuliner
Share