Kerennya Rest Area Norwegia, Ada Jembatan Gantung Terpanjang

Siapa sangka rest area bisa begitu indah. Yap Teman Traveler, itulah pengalaman yang saya dapat dalam perjalanan darat menuju Norwegia. Ada banyak sekali rest area Norwegia tawarkan panorama apik dengan fasilitas memukau.

Negara-negara di Eropa sendiri memberlakukan peraturan ketat untuk pengemudi bus maupun mobil. Mereka diwajibkan istirahat 15-20 menit tiap berkendara dua atau tiga jam. Ada pengawasan ketat. Jika sampai melanggar, bakal ada denda besar.

Nah, selama perjalanan menuju Norwegia, bus yang saya tumpangi berhenti tiap dua atau tiga jam di rest area yang tersedia. Uniknya semua mengusung desain menakjubkan, tak seperti rest area biasa yang umumnya hanya berisi pom bensin dan mini market. Seperti apa? Yuk, simak bersama Teman Traveler.

Hardanger Plateau

Pemandangannya memukau (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Rest Area pertama yang saya singgahi dalam perjalanan dari Geilo ke Flam adalah Hardanger Plateau. Pemandangan yang disajikan benar-benar memukau, tak hanya gunung, daratan, dan sungai, namun juga ada air terjun yang menakjubkan. Tak heran, mengingat Hardanger Plateau sebenarnya merupakan kawasan taman nasional.

Eidfjord

Jembatan gantung terpanjang dunia (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Tempat berikutnya bernama Eidfjord. Dari rest area ini Teman Traveler bisa memandangi Hardanger Bridge, jembatan gantung terpanjang di dunia. Arsitekturnya benar-benar luar biasa. Bikin mata sampai tak berkedip!

View dari atas jembatan (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Jembatan ini membentang sepanjang 1380 meter, menghubungkan Desa Ullensvang dan Ulvik. Bentuknya juga lumayan unik, lantaran kedua sisinya langsung menyambung ke terowongan. Masing-masing dinamai Bu dan Vallavik Tunnel.

Laerdal Tunnel

Bus yang saya tumpangi mampir ke rest area dalam terowongan (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Teman Traveler mungkin akan menganggap aneh jika ada rest area dalam terowongan. Namun di Norwegia nyatanya hal tersebut benar-benar ada. Kalian bisa menemukannya di Laerdal Tunnel.

Melintasi Laerdal Tunnel (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Laerdal Tunnel adalah terowongan terpanjang di dunia, membentang hingga 24,51 kilometer dan menghubungkan Laerdal dan Aurland. Saking panjangnya, pengemudi diwajibkan beristirahat kala melintasi jalur ini. Oleh karena itu, disediakan area istirahat lumayan luas dengan pencahayaan bernuansa biru dan kuning.

Stave Church

Steve Church (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Selama melakukan perjalanan dari Geiranger ke Hamar, Teman Traveler akan menemukan rest area di daerah Lom. Tak jauh dari situ, terdapat sebuah gereja yang diberi nama Stave Church. Bangunannya terbuat dari kayu, sama seperti gereja lain pada umumnya di Norwegia.

Rest Area Lom-Hamar

Rest area di tepi danau (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Rest Area di antara Lom dan Hamar ini tidak terlalu unik dibanding tempat-tempat sebelumnya. Namun jangan salah, pemandangan yang disajikan sungguh menakjubkan lantaran posisinya berada tepat di pinggir danau. Lihat saja fotonya, benar-benar keren kan?

Bisa makan sambil nikmati pemandangan (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya menyambangi beberapa rest area Norwegia dengan pemandangan memukau. Semoga bisa membantu Teman Traveler yang berencana liburan ke Norwegia dalam waktu dekat. Selamat jalan-jalan!

Tags
kontributor Norwegia Travelingyuk wisata norwegia
Share