Fakta Tentang Jembatan Gantung Situ Gunung

Sudah pernah mencoba untuk menaiki jembatan gantung? Jika belum, Teman Traveler bisa berkunjung ke Jembatan Gantung Situ Gunung  yang ada di Sukabumi. Para wisatawan banyak yang dibuat penasaran akan rupanya. Namun, sebelum mencoba untuk datang, Travelingyuk akan memberikan informasi terlebih dahulu tentang Jembatan ini. Apa aja sih? Langsung dibaca yuk!

Terpanjang di Indonesia

Jembatan terpanjang di Indonesia
Jembatan terpanjang di Indonesia via Instagram/abie_bette

Berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGG) Jembatan Gantung Situ Gunung, merupakan yang terpanjang di Indonesia. Bahkan juga ada yang menyebutnya sebagai yang terpanjang di Asia. Jembatan gantung ini memiliki panjang 243 meter dengan lebar 18 meter dan berada di ketinggian jurang mencapai 161 meter. Banyak pengunjung yang dibuat penasaran dengan tempat ini. Ketika sedang menyebrang, tak hanya memacu adrenalin saja, para pengunjung juga dimanjakan dengan adanya pemandangan pepohonan rindang dengan udara yang sejuk.

Menggunakan Kayu Ulin dari Papua

Menggunakan kayu ulin dari Papua
Menggunakan kayu ulin dari Papua via Instagram/infopendaki_id

Kayu yang digunakan untuk membangun jembatan ini tidak sembarangan. Pihak swasta dan Kementrian Lingkungan Hidup bekerjasama untuk memilih menggunakan kayu ulin yang langsung dikirim dari Provinsi Papua.

Fakta Jembatan Situ Gunung
Fakta Jembatan Situ Gunung (c) Travelingyuk/Deby Ibrahim

Bukan tanpa alasan, ulin atau kayu besi dipilih karena tahan terhadap perubahan suhu, kelembapan, tidak mudah dimakan rayap, dan sifat yang sangat berat serta keras. Selain kayu pemilihan kayu, agar jembatan lebih kokoh mereka menggunakan 5 jumlah sling.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyebrang

Curug Sawer di Sukabumi
Curug Sawer di Sukabumi via Instagram/yaumilkarim

Sesuai dengan standar kapasitas yang telah ditetapkan, untuk satu kali lewat hanya mampu menampung sebanyak 40 hingga 50 orang sekaligus. Di sana terdapat para petugas yang siap untuk mendampingi dan mengatur para wisatawan yang datang.

Beberapa hal juga harus diperhatikan seperti tidak boleh berlarian, loncat, melempar benda dalam bentuk apapun ketika menyebrang, dan diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan. Jembatan yang belum memiliki nama resmi ini menghubungkan ke wisata alam lain yaitu Curug Sawer dan hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk sampai.

Dana yang Fantastis

Dana Fantastis
Dana Fantastis via Instagram/ammossi

Sebagai jembatan terpanjang yang ada di Indonesia, tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Pasalnya, sejak bulan Mei 2017, dana yang dikeluarkan tercatat sebanyak 4 Miliar Rupiah. Namun hal itu sepadan karena dengan adanya jembatan ini, akan semakin menarik minat wisatawan untuk terus datang. Para wisatawan juga bisa merasakan sensasi menyebrang di ketinggian yang tak biasa.

Sekian hal di atas merupakan fakta tentang Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi. Teman Traveler ada yang berani untuk mencobanya?

Tags
Indonesia Jawa Barat Jembatan jembatan gantung Sukabumi Wisata wisata sukabumi
Share