Menjelajah Bukit Teletubbies di Taman Nasional Rawa Aopa, Serasa di California

Advertisement
Advertisement

Keberadaan taman nasional di Indonesia bukanlah hal yang asing di telinga. Dari jumlah total sebanyak 45 tempat, kamu pasti familiar dengan beberapa namanya. Seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Baluran dan Alas Purwo. Tak hanya di Pulau Jawa, Sulawesi juga memiliki kawasan yang berfungsi sebagai konservasi flora dan fauna ini. Namanya adalah Rawa Aopa yang berada di Watumohai, Sulawesi Tenggara.

Perbukitan ala Tempat Syuting Teletubies

Keindahan Taman Nasional Rawa Aopa
Keindahan Taman Nasional Rawa Aopa [image source]
Mungkin nama taman nasional yang satu ini tak terlalu sering terdengar jika dibandingkan lainnya. Namun jangan salah, lanskap yang dimiliki tak kalah indah. Hamparan savana di perbukitan menghiasi seluas mata memandang. Tak heran jika tempat ini memiliki julukan Taman Teletubbies.

Pemandangan saat senja [image source]

Taman Nasional yang Melebihi Luas Jakarta

Savana yang hijau saat musim hujan [image source]
Keindahannya terbentang hingga memasuki empat area kabupaten di Sulawesi Tenggara. Luas keseluruhannya mencapai 1.050 kilometer persegi, melibas jauh area Jakarta yang hanya memiliki angka 661,5 kilometer persegi. Menariknya, ada jalur penghubung kabupaten yang membelah melewati hamparan perbukitan nan cantik ini. Mirip dengan jalan perbukitan di California.

Jalan yang membelah perbukitan di Taman Nasional Rawa Aopa
Jalan yang membelah perbukitan di Taman Nasional Rawa Aopa [image source]

Habitat Untuk Hewan-hewan Endemik

Spesies burung yang ada di tempat ini [image source]
Burung adalah satwa ikonik yang ada di tempat ini. Terdapat 155 jenis dan 32 di antaranya adalah hewan langka. Seperti Kacamata Sulawesi, satwa yang memiliki lingkaran putih di sekitar matanya. Spesies burung di Rawa Aopa ini juga yang makin susah ditemukan di tempat lain. Tak hanya itu, kamu juga dapat bertemu dengan segerombolan rusa dan sapi juga.

Kabut di lembah [image source]

Bagian dari Gerakan Global yang Bertujuan Menjaga Kelestarian Bumi

Menjelajah keindahan Rawa Aopa [image source]
Pada 6 Maret 2011, Rawa Aopa dinobatkan sebagai Situs Ramsar, yakni area lahan basah yang didedikasikan untuk kepentingan konservasi. Ramsar merujuk pada sebuah kota di Iran yang menjadi tempat ditandatanganinya Konvensi Lahan Basah oleh tujuh negara. Kendati namanya asing, Rawa Aopa ternyata menjadi bagian gerakan global yang berniat menjaga kelestarian bumi.

Perbukitan yang memukau [image source]
Luasnya yang begitu besar membuat Rawa Aopa menjadi wilayah yang seru untuk dijelajahi, begitu pun dengan segala habitat hewan di dalamnya. Bagaimana? Semangat jelajahmu sudah terkumpul? Yuk disegerakan.

Advertisement
Tags
Indonesia Sulawesi tenggara Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai
Share