Keren Banget, 10 Tempat di Taman Nasional Baluran Ini Nggak Ada Duanya

Advertisement
Advertisement

Taman Nasional Baluran, siapa sih yang tak tahu dengan destinasi wisata alam satu ini? Destinasi yang terletak di Banyuputih, Situbondo ini bukan sekedar taman nasional biasa tapi memiliki kekayaan alam yang mirip banget dengan tanah Afrika. Ialah Padang Rumput yang mirip banget dengan Savana di Afrika. Tak heran jika taman nasional satu ini juga dikenal sebagai Africa Van Java.

Bukan hanya Padang Savana, ternyata Baluran memiliki banyak sekali tempat cantik yang bakalan membuatmu terpana. Tak percaya? Yuk, intip rangkuman selengkapnya di bawah ini yang bakal membuatmu makin penasaran dengan Baluran.

1. Goa Bersejarah di Pintu Masuk Taman Nasional Baluran

Goa Jepang
Goa Jepang [image source]
Dikenal sebagai wisata alam paling populer di Jawa Timur, bukan berarti Baluran hanya menyajikan pemandangan alam saja. Ternyata, Taman Nasional yang diresmikan pada tahun 1980 ini memiliki destinasi bersejarah. Ialah Goa Jepang yang merupakan peninggalan jaman penjajahan Jepang. Goa yang memiliki luas kurang lebih 12 meter persegi ini dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan dan tempat penyimpanan amunisi. Jika kamu sudah masuk kawasan Batangan (Pos Pertama), jangan lewatkan Goa cantik yang terletak tepat di depan Kantor Balai Taman Nasional Baluran ini.

Goa Jepang Baluran
Goa Jepang Baluran [image source]

2. Amati Kupu-Kupu Cantik di Hutan Evergreen

Hutan Evergreen
Hutan Evergreen [image source]
Setelah masuk dengan membayar HTM yang murah meriah, kamu bakalan memasuki area hutan. Jalan yang menyerupai terowongan hijau ini menjadi satu-satunya jalan untuk bisa mencapai padang Savana. Selain pemandangan serba hijau, di hutan yang di dominasi pohon tropis ini kamu bakal menemukan beragam macam spesies hewan. Di saat musim hujan yang biasa terjadi di bulan Januar – Februari, hutan Evergreen benar-benar cantik dan bakal membuatmu terpana. Di hutan Evergreen ini, kamu akan mudah sekali menemukan sekumpulan kupu-kupu di genangan air sepanjang hutan. Bisa dibayangkan cantiknya bukan?

Kupu Kupu di Hutan Evergreen
Kupu Kupu di Hutan Evergreen [image source]

3. Padang Savana Bekol yang Tak Kalah Cantik dari Afrika

Padang Savana Bekol
Padang Savana Bekol [image source]
Setelah melewati hutan Evergreen yang mencapai kiloan meter, barulah padang rumput paling luas di Jawa Timur muncul. Padang rumput bernama Padang Savana Bekol ini sendiri menjadi salah satu spot paling dilirik para traveler. Bukan hanya para traveler, Raisa saja mengunakan Padang Savana Bekol ini sebagai latar video klip lagunya. Di Padang Savana Bekol ini, banyak sekali traveler mengabadikan foto cantik di bawah pohon besar di tengah padang rumput. Selain pemandangan rumput, latar gunung Baluran hingga satwa liar juga menjadi spot asik mereka untuk berfoto. Perlu dicatat, pemandangan serba hijau ini hanya bisa dinikmati di musim hujan. Jika kemarau datang, padang rumput di Baluran akan meranggas.

 

Savana Bekol
Savana Bekol [image source]

4. Cantiknya Padang Savana Bekol dari Menara Pandang

Pos Pengamatan Bekol
Pos Pengamatan Bekol [image source]
Selain dapat menikmati keindahan rumput cantik, Bekol juga menyediakan satu tempat cantik untuk dapat menikmati padang rumput dari ketinggian. Ialah menaran pandang yang dibangun khusus untuk mengamati satwa liar di Bekol. Yap, di padang rumput satu ini, bukan hanya traveler saja yang muncul tapi, ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng hingga kerbau liar ada di sini. Tak jarang pula ada rusa liar yang berlarian dengan kawanannya. Dari banyak satwa yang ada, tak sedikit yang terancam punah dan benar-benar mereka lestarikan untuk menjaga ekosistem alam Baluran.

Menara Pandang Bekol
Menara Pandang Bekol [image source]

5. Berjemur Cantik di Pinggiran Pantai Bima

Pantai Bama
Pantai Bama [image source]
Tiga km dari Savana Bekol, ternyata ada satu lagi tempat cantik yang tak ada duanya. Ialah Pantai Bama yang kini makin terkenal di kalangan traveler. Berbeda dengan Savana Bekol, fasilitas di Pantai Bama terhitung cukup lengkap meski tidak ada listrik atau pun sinyal. Di pantai cantik satu ini terdapat beberapa penginapan untuk para traveler. Seperti yang terlihat dalam foto di atas, pemandangan Pantai Bama memang cantik banget, apalagi ketika matahari terbenam. Tak heran jika banyak yang menginap di Pantai Bama baluran ini.

Pantai Bama Baluran
Pantai Bama Baluran [image source]

6. Spot Foto Cantik di Dermaga Mangrove Bama

Dermaga Mangrove
Dermaga Mangrove [image source]
Selain hamparan pasir putih yang masih bersih, Pantai Bama juga memiliki spot cantik yang biasa digunakan foto oleh para traveler. Ialah Dermaga Mangrove Bama yang terletak 100 meter dari pantai ke arah selatan. Untuk ke dermaga ini, hanya bisa melewati jalan setapak di dalam hutan mangrove. Di dermaga kecil ini, terdapat pemandangan laut dan juga tanaman mangrove yang terawat. Dermaga ini bukan hanya spot cantik untuk foto tapi juga terkenal sebagai tempat romantis, loh.

Dermaga Mangrove Pantai Bama
Dermaga Mangrove Pantai Bama [image source]

7. Snorkeling di Perairan Bama yang Tenang Banget

Snorkeling di Taman Nasional Baluran
Snorkeling di Taman Nasional Baluran [image source]
Selain keindahan pasir putih sepanjang 300 m atau pun hutan mangrove, masih ada keajaiban lain dari Taman Nasional Baluran. Apalagi kalau bukan Snorkeling sembari menikmati kecantikan bawah laut Pantai Bama. Untuk snorkeling di Pantai Bama tak perlu menyewa perahu, pasalnya kamu dapat berjalan ke tengah laut dengan jarak 100-200 meter, keindahan karang dapat ditemui. Keindahan bawah laut Pantai Bama ini benar-benar memesona dengan hamparan karang, ikan dan juga hewan air. Jika belum puas, kamu juga bisa menyewa perahu agar dapat menikmati keindahan Pantai Bama lebih dalam lagi.

Pantai Bama Bawah Laut
Pantai Bama Bawah Laut [image source]

8. Nikmati Sunset di Pantai Bilik Sijie

Pantai Bilik Sijie
Pantai Bilik Sijie [image source]
Bukan hanya Pantai Bama saja yang terkenal di Baluran. Namun, banyak sekali pantai dengan keindahan yang sempurna banget. Salah satu pantainya yang cukup banyak mencuri perhatian adalah Bilik Sijile. Seperti di pantai Bama, Bilik Sikie juga memiliki ombak yang tenang. Keindahan Bilik Sijie sendiri bakalan sempurna ketika matahari terbenam. Bukan hanya warna jingga yang semburat di langit, pemandangan Gunung Baluran makin membuat pantai ini makin memesona.

Pantai Bilik Sijie Situbondon
Pantai Bilik Sijie Situbondon [image source]

9. Indahnya Pasir Putih di Pantai Balanan

Pantai Balanan Baluran
Pantai Balanan Baluran [image source]
Selain Pantai Bilik Sijie, ada satu lagi pantai yang juga banyak didatangi para traveler ketika berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Ialah Pantai Balanan yang terletak tak jauh dari Pantai Bama. Pantai cantik satu ini bisa dicapai dengan berjalan kaki sejauh 3 km ke arah barat. Kendati perjalanan cukup melelahkan, pemandangan di Pantai Balanan tak kalah dengan Pantai Bama. Di pantai ini bukan hanya pasirnya saja yang putih tapi terumbu karang jelas terlihat. Bagaimana tidak, air jernih banget.

Pantai Balanan
Pantai Balanan [image source]

10. Spot Cantik Pantai Baluran dengan Latar Langit Senja

Pantai di Baluran
Pantai di Baluran [image source]
Pantai Bijik Sijie bisa saja juara saat matahari tenggelam. Namun, ada beberapa spot lain dari Baluran yang pastinya bakal membuat terpana. Ialah keindahan Pantai Pandeyan yang cantik banget dengan latar langit senja, khususnya ketika matahari terbit. Pantai cantik satu ini juga terletak tak jauh dari pantai Bama. Pandeyan terletak di sisi timur Taman Nasional Baluran yang menjadi tempat para nelayan melakukan segala aktivitas.

Pantai Pandean
Pantai Pandean [image source]
Nah, itulah dia keajaiban dari Taman Nasional Baluran yang tak ada duanya. Padang rumputnya bisa saja mirip dengan Afrika, namun keindahan di dalamnya pastinya tak kalah menawan. Makin penasaran dengan taman nasional ini kan? Yuk, cepat berkunjung ke Taman Nasional Baluran.

Advertisement
Tags
pantai Taman Nasional Baluran wisata baluran Wisata mangrove
Share