Eksotisme Ranu Bedali, Surga Tersembunyi di Lumajang

Lumajang bisa jadi tempat liburan keren lho Teman Traveler. Kawasan yang terkenal dengan Gunung Bromo ini punya banyak objek wisata alam dengan pemandangan memanjakan mata. Melihatnya saja bakal bikin pikiran rileks. Salah satu yang cukup recommended adalah Ranu Bedali. 

Butuh Kehati-hatian Ekstra

20190721_083336_SyT.jpeg
Keindahan Ranu Bedali (c) Anggraeni/Travelingyuk

Ranu Bedali berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Luasnya mencapai 25 hektar, dengan kedalaman 28 meter. Menuju sini butuh ketangguhan fisik ekstra dan kehati-hatian tinggi.

Danau cantik ini masuk wilayah Dusun Jatian, Tegalrandu, Klakah, Lumajang, Jawa Timur. Lantaran letaknya cukup tersembunyi, jalanan menuju sana masih berupa hutan bambu. Tapi Teman Traveler jangan khawatir, area sekitar sini masih cukup aman sebab ada banyak perumahan warga.

Magnet Wisatawan

20190721_083434_P0s.jpeg

Keberadaan Ranu Bedali berhasil jadi magnet untuk menarik wisatawan setiap hari. Suasana di sekitarnya terasa sunyi dan menenangkan. Udaranya pun sejuk. Tak heran jika banyak orang betah berlama-lama duduk di pinggirannya. Bahkan tak sedikit yang mampir untuk sekedar berburu foto keren.

Yap, di sekitar danau memang ada banyak spot foto. Maka Teman Traveler jangan heran, jika ranu ini sudah cukup terkenal di kalangan fotografer profesional. Panorama yang ditawarkan memang sangat indah.

Segitiga Ranu

Ranu Bedali merupakan dari tiga rangkaian danau di Lumajang, bersama dengan yaitu Ranu Klakah dan Pakis. Ketiganya dikenal dengan julukan Segitiga Ranu. Semuanya sama-sama tawarkan panorama alami nan memukau.

Murah Meriah

Masuk ke kawasan Ranu Bedali, Teman Traveler cukup bayar tiket masuk Rp5.000 dan biaya parkir Rp3.000 (motor) atau Rp5.000 (mobil). Sangat terjangkau bukan? Cocok dijadikan pilihan tempat berwisata di akhir pekan.

Di sekitar danau ini, Teman Traveler akan temukan beberapa fasilitas seperti coffee corner, rumah baca, serta pusat oleh-oleh. Tak perlu ragu Teman Traveler, harga makanan dan minuman di kawasan sekitar sini cukup murah kok.

Bonus Air Terjun

Tak jauh dari Ranu Bedali, terdapat dua air terjun dengan aliran bersih dan menyejukkan. Airnya aman dikonsumsi meski tanpa proses masak lebih dulu. Namun demikian, untuk menuju sini diperlukan fisik dan tekad kuat. Bukan apa-apa, medan yang akan dilalui cukup terjal dan menguras tenaga.

Tapi Teman Traveler tak perlu khawatir, semua upaya yang kalian keluarkan bakal terbayar lunas. Sebab air terjun satu ini memang sungguh indah dan memukau.

Oh ya, Ranu Bedali juga kerap digunakan sebagai lokasi berkemah sembari menanti pemandangan eksostis sunrise maupun sunset lho. Buat Teman Traveler yang bingung hendak liburan ke mana, danau cantik ini bisa banget masuk wishlist kalian berikutnya.

Tags
kontributor Lumajang ranu bedali Travelingyuk Wisata Lumajang
Share