Ragam Wisata Kabupaten Tasikmalaya, Kota Delhi-nya Pulau Jawa

Advertisement

Delhi van Java begitulah julukan yang disematkan pada Tasikmalaya, kabupaten di provinsi Jawa Barat yang menjadi tujuan eksplorasi Travelingyuk kali ini. Pemberian julukan tersebut bukan karena warganya yang suka nonton film India atau pandai bernyanyi dan menari tapi lebih karena bentang alamnya yang hampir sama yaitu berbukit-bukit. Tak sedikit pula netizen yang menganggap julukan tersebut diberikan lantaran daerah ini banyak mencetak penyanyi dangdut yang notabene mirip dengan musik India.

Baca Juga: Aturan Aneh di Berbagai Negara Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Wilayah Tasikmalaya sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu kabupaten dan kota yang berdiri secara otonom atau terpisah. Bagian barat dan timur kabupaten ini masing-masing berbatasan dengan kabupaten Garut dan Ciamis serta Pangandaran. Sedangkan sisi bagian selatan dan utara terdapat Samudera Hindia serta kota Tasikmalaya dan kabupaten Majalengka. Langsung saja kita telusuri ragam wisata yang ada di Tasikmalaya yuk.

1. Curug Gado Bangkong, Destinasi Tersembunyi Cantik Untuk Fotografi

Curug Gado Bangkong hadir untuk traveler yang suka dengan kegiatan hiking dan juga fotografi. Curug setinggi 70 meter ini dikepung oleh tebing dan perbukitan yang membuat traveler harus trekking jika mau sampai di dekat air terjun. Suasana di sekitar air terjun ini masih relatif sepi pas untuk destinasi ngadem.

Curug Gado Bangkong, via instagram
Curug Gado Bangkong, via instagram

Layak memang jika Curug Gado Bangkong dijuluki permata tersembunyi lantaran lokasinya di kaki gunung Galunggung membuatnya seakan terjaga dari radar traveler. Trekking adalah hal yang wajib dilakukan untuk menemukan air terjun yang secara administratif berada di dusun Pasir Malang, desa Santanamekar, kecamatan Cisayong. Penampakan curug ini sudah bisa dilihat dari puncak perbukitan di seberang yang juga menjadi spot untuk mengambil gambar kece curug ini.

2. Pantai Sindangkerta, Menyaksikan Lanskap Pantai yang Indah dan Menjadi Tempat Bertelur Penyu Hijau

Pantai Sindangkerta di desa Cikawugading bukan hanya memiliki pemandangan pantai yang damai namun juga menjadi tempat bertelurnya spesies penyu hijau yang sangat langka. Jaraknya yang sangat jauh dari pusat kota tidak menghalangi traveler untuk datang ke pantai ini. Apalagi dengan iming-iming pemandangan pantai yang indah serta bertemu spesies langka.

Pantai Sindangkerta, via instagram
Pantai Sindangkerta, via instagram

Bukan hanya itu Pantai Sindangkerta juga memiliki Taman Lengser seluas 20 yang merupakan taman laut degan terumbu karang datar yang bisa traveler lihat saat laut sedang surut. Pada saat-saat tertentu traveler juga bisa turut serta dalam kegiatan melepaskan tukik ke laut lepas. Pokoknya banyak deh yang bisa dilakukan di pantai ini kecuali berenang, untuk urusan yang satu itu traveler harus berfikir dua kali sebab ombak di pantai ini cukup besar.

Advertisement
Tags
Explore Tasikmalaya Jawa Barat
Share