Pantai Karang Tawulan, Primadona Baru di Tasikmalaya

Advertisement

Nama pantai Karang Tawulan memang masih kalah tenar jika dibanding pantai Cipatujah dan Sindangkerta. Tapi wajah alami pantai ini mulai akrab traveler jumpai di instagram yang menjadi bukti bahwa pantai yang tadinya berada di antah berantah ini siap menggeser eksistensi pantai-pantai yang lebih dulu terkenal di Tasikmalaya.

Pantai Karang Tawulan terletak di perbatasan antara kabupaten Tasikmalaya dengan kabupaten Ciamis tepatnya di desa Kapalagenep, kecamatan Cikalong yang berjarak sekitar 90 kilometer jika traveler start dari alun-alun kabupaten. Jaraknya yang sangat jauh dan aksesnya yang masih terbatas membuat pantai ini seakan tidak terlacak radar traveler.

Pantai Karang Tawulan, via instagram
Pantai Karang Tawulan, via instagram

Beberapa tahun lalu hanya segelintir traveler nekad yang mau berkunjung ke Pantai Karang Tawulan. Dari sana mulailah dipromosikan secara tidak langsung melalui foto-foto yang tersebar di instagram. Banyak traveler yang penasaran dengan keindahan pantai di selatan Tasikmalaya ini yang kemudian mendorong traveler lain untuk datang ke lokasi.

Pantai Karang Tawulan dilihat dari atas bukit, via instagram
Pantai Karang Tawulan dilihat dari atas bukit, via instagram

Pantai ini berada satu arah dengan pantai Sindangkerta, Cipatujah dan Pamayangsari. Sehingga sebelum tiba di pantai Karang Tawulan traveler akan melewati ketiga pantai tersebut. Pantai ini memiliki karakteristik yang berbeda dimana pantainya lebih landai dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga traveler cukup aman untuk berenang di beberapa sisi pantai.

Traveler yang berkunjung ke Pantai Karang Tawulan di sore hari akan disuguhi pemandangan cantik berupa kawanan burung camar yang pulang ke Nusa Manuk, pulau kecil di tengah pantai yang menjadi rumah bagi kawanan burung. Sunset di pantai ini pun terlihat cantik yang mana cahaya jingga matahari akan mewarnai karang-karang yang menyembul di bibir pantai.

Kawasan sekitar pantai Karang Tawulan, via instagram
Kawasan sekitar pantai Karang Tawulan, via instagram

Pantai Karang Tawulan akan lebih mudah dijangkau jika traveler sudah berada di kawasan pantai Pangandaran. Atau kalau mau lebih puas menikmati pantai ini traveler bisa datang pada akhir pekan sekalian kemping. Dengan cara itu traveler bisa menikmati sensasi baik matahari terbit mau pun matahari tenggelam.

Advertisement
Tags
Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya
Share