Ragam Pizza dari Berbagai Belahan Dunia, Mana Favoritmu?

Pada dasarnya, pizza terdiri dari tiga bagian utama, dough, saus, dan topping. Sesuatu yang sederhana ini bisa dimodifikasi menjadi banyak variasi. Awalnya, roti bertopping ini hanya dimakan oleh Sang Ratu. Kemudian sudah disesuaikan rasa dan variannya berdasarkan karakteristik di daerah masing-masing. Kali ini Travelingyuk akan membahas ragam pizza dari berbagai belahan dunia. Apa saja, ya?

Neapolitan Pizza

Pizza Neapolitan, via Shutterstock
Pizza Neapolitan, via Shutterstock

Neapolitan pizza berasal dari abad ke-18 di Naples, Italia. Merupakan kota yang digadang-gadang jadi tempat munculnya pizza pertama kali. Dalam kurun waktu tersebut, warga miskin kerap kali membeli berbagai makanan cepat saji dengan harga yang terjangkau. Beruntungnya, Neapolitan pizza dijual dengan harga terjangkau dan tersedia di banyak pedagang kaki lima.

Ciri khas pizza ini adalah tipis dan renyah. Karena itulah, toppingnya dibuat seminimal mungkin, ada sedikit saos tomat, keju mozzarella, dan basil.

Chicago Pizza

Chicago Pizza, via Shutterstock
Chicago Pizza, via Shutterstock

Kemudian ada Chicago Pizza yang ditemukan pertama kali di Chicago pada awal tahun 1900-an. Pembuatnya pertama kali adalah imigran Italia yang ingin memakan pizza mirip dengan Neapolitan. Topping dan isian yang digunakan mirip dengan Neapolitan pizza, namun bedanya adalah bentuknya lebih tebal. Satu potong saja sudah bikin kenyang.

New York Style Pizza

New York Style Pizza, via Shutterstock
New York Style Pizza, via Shutterstock

Pizza New York Style pertama kali dikembangkan oleh seorang imigran Naples, di awal 1900-an. Pizza jenis ini memiliki pinggiran yang tipis dan renyah. Karena tipis, biasanya pizza jenis ini dilipat saat dimakan. Topping tradisional yang sering digunakan adalah pepperoni, saos tomat sampai dengan jamur.

Untuk bumbu-bumbunya, akan ada oregano, bubuk cabai, keju Parmesan, dan bawang putih. Jenis ini merupakan salah satu yang paling terkenal di Amerika.

Sicilian Pizza

Sicilian Pizza, via Shutterstock
Sicilian Pizza, via Shutterstock

Selanjutnya ada Sicilian Pizza yang berasal dari Sicily, Italia. Ini merupakan pizza dengan kulit tebal dan memiliki bentuk persegi panjang. Namun ada beberapa yang dibuat bundar menyerupai neapolitan pizza. Untuk toppingnya, biasanya akan ada bawang merah, ikan kecil-kecil, tomat, herbs seperti basil, dan keju.

Itulah 4 ragam pizza dari berbagai belahan dunia. Jangan hanya konsumsi jenis yang itu-itu saja ya, bisa mencoba yang lainnya juga. Kalau boleh tahu, mana nih favoritmu?

Tags
jenis pizza kuliner Luar negeri macam pizza di dunia ragam pizza
Share