Ragam Olahan Kurma, Alternatif Asyik Berbuka

Kurma termasuk salah satu buah favorit untuk berbuka di tengah puasa Ramadan. Selain rasanya lezat, agama Islam juga menyarankan umat muslim untuk mengonsumsi buah khas padang pasir ini. Namun bagi yang bosan dengan penyajian itu-itu saja, ada ragam olahan kurma menarik yang bisa dicoba.

Selain dimakan dagingnya begitu saja, kurma bisa dijadikan beragam hidangan menggoda selera. Ada puding, roti, serta lapis berbahan kurma. Semuanya begitu menggoda selera. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan daftar lengkapnya.

1. Bubur Sumsum

Bubur sumsum
Bubur sumsum via Instagram shinnocent

Bubur sumsum termasuk salah satu hidangan favorit untuk berbuka. Teksturnya yang lembut, ditambah rasa yang manis, sungguh cocok mengisi perut setelah lama seharian berpuasa. Membuatnya juga mudah dan bisa dicoba sendiri di rumah.

Agar semakin lezat, bubur sumsum bisa dikreasikan dengan bermacam topping. Kurma salah satunya. Bubur sumsum kurma sangat pas dijadikan santapan begitu adzan Maghrib menggema.

2. Onde-onde

Onde Onde Kurma
Onde Onde Kurma via Instagram alisa.ummuzia

Onde-onde bisa dibilang merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Bentuknya bulat dan dihiasi taburan wijan. Biasanya isiannya menggunakan adonan dari kacang hijau.

Namun jika sudah bosan dengan isian onde-onde yang begitu-begitu saja, coba saja menciptakan kreasi rasa baru. Kurma bisa dijadikan sebagai bahan isian yang menarik. Rasanya dijamin takkan membuat lidah kecewa.

3. Kue Sagu

Kue Sagu
Kue Sagu via Instagram jarohaguswinarni

Indonesia memiliki banyak ragam warisan kuliner, salah satunya Kue Sagu. Namun sayangnya jajanan khas ini termasuk sepi peminat. Bukannya tak menghargai, namun cita rasa Kue Sagu cenderung hambar dan kurang menarik.

Nah, bagi yang ingin coba membuat Kue Sagu sendiri di rumah, bisa coba menggunakan kurma sebagai bahan tambahan. Rasa manis dan legit dari daging kurma bakal menambah cita rasa kue. Siapa tahu orang-orang terdekat dan keluarga justru malah ketagihan.

4. Puding Kurma

Puding Kurma
Puding Kurma via Instagram puddingchristy

Diam-diam kurma juga bisa jadi makanan pencuci mulut lho. Caranya mudah, potong-potong kurma dalam ukuran kecil lalu blender. Siapkan adonan puding dan masukkan kurma yang sudah dihancurkan tadi. Aduk hingga campuran keduanya merata.

Berikutnya tinggal masak adonan hingga dirasa matang, simpan dalam wadah, dan masukkan lemari pendingin. Nikmatnya puding kurma akan sangat luar bisa begitu menyentuh lidah, terutama begitu memasuki bulan puasa.

5. Kurma Panggang Oat

Kurma panggang
Kurma panggang via Instagram samibloom

Kurma juga bisa jadi camilan menyehatkan jika digabungkan dengan oat. Selain enak, teksturnya juga renyah dan asyik dijadikan sebagai teman minum kopi maupun teh. Cara membuatnya tak terlalu sulit, bahan-bahannya juga mudah didapat.

Campurkan adonan kurma yang dan oat. Masukkan dalam wadah tahan panas, lalu panggang di dalam oven. Tunggu hingga mengering sebelum disajijkan.

6. Tajine

Tajine
Tajine via Instagram karineadl

Tajine merupakan hidangan khas Maroko, biasanya disajikan dengan mangkuk dari tanah liat. Penyajian unik ini bukan tanpa alasan. Mangkuk berbahan tanah liat diyakini akan membuat aroma masakan lebih kuat dan khas.

Tajine sendiri pada dasarnya adalah sop yang disajikan dengan kuah kental. Isiannya berupa daging, sayuran, ikan, dan ayam. Namun tak jarang ada yang menambahkan buah-buahan, salah satunya kurma.

7. Ka’ak

Kue Ka'ak
Kue Ka’ak via Instagram copaco

Daerah jazirah Arab ternyata juga punya sajian kue kering dan salah satunya diberi nama Ka’ak. Makanan ini biasa dinikmati saat sedang bersantai atau bisa juga dijadikan sebagai sarapan. Bahan utamanya menggunakan kurma dan bagian tengahnya biasanya berlubang, mirip donat.

Begitu digigit, tekstur Ka’ak akan terasa renyah di bagian luar. Namun begitu menyentuh bagian dalam, terdapat sensasi kelembutan yang berbeda. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan biji wijen.

Itulah ragam olahan kurma yang bisa dijadikan inspirasi untuk berbuka selama puasa Ramadan. Bagi yang masih bingung menentukan hidangan untuk disantap saat adzan Maghrib menggema, sederet opsi di atas bisa jadi alternatif.

Tags
kuliner Wisata Kuliner
Share