Ragam Mi dari Bahannya, Mana yang Paling Sering Kamu Santap

Mi sudah menjadi kuliner pokok di Indonesia selain nasi. Berbagai olahan bertebaran di banyak tempat. Ada mi lendir, mi ayam, mi celor, dan lain sebagainya. Meskipun asal usul dan sejarah mi masih menjadi perdebatan, yang pasti ini merupakan kuliner yang memiliki banyak penggemar. Nah tahukah jika variasi mi juga banyak, termasuk juga bahan dasarnya. Travelingyuk akan mengulas ragam mi dari bahan dasar pembuatanya.

Mi Kuning

Mi kuning atau telur, via Shutterstock
Mi kuning atau telur, via Shutterstock

Mi kuning atau ada yang menyebutnya sebagai mi telur banyak tersebar di penjuru Nusantara. Varian ini terbuat dari bahan dasar telur dan juga gandum. Ada dua pilihan mi telur yang bisa diambil, kering dan basah. Jenis ini banyak sekali menjadi olahan, mulai dari mi khas Aceh sampai dengan mi goreng biasa.

Soun

Soun, via Shutterstock
Soun, via Shutterstock

Selanjutnya adalah soun yang terbuat dari bahan-bahan seperti halnya umbi-umbian, pati kacang hijau, atau sagu. Mi jenis ini cukup populer di China, Indonesia, Taiwan, Jepang, India, Korea, Hawai, dan beberapa negara lain.

Bihun

Mi bihun, via Instagram/ranolshop10
Mi bihun, via Instagram/ranolshop10

Dalam bahasa China, bihun ini dibentuk dari kata-kata mi fen, artinya tepung beras. . Karena itulah teksturnya agak getas dan mudah seali patah. Hal tersebut berlaku bahkan saat masih mentah ataupun matang.

Misoa

Misoa, via Shutterstock
Mi bihun, via Instagram/ranolshop10

Kemudian ada misoa yang terbuat dari tepung terigu. Warnanya putih dan bentuknya tipis panjang. Cara pengolahannya mirip dengan soun yang perlu direndam terlebih dahulu. Mi satu ini selalu dijual dalam bentuk kering. Bahan makanan ini berasal dari China, jangan lupa coba.

Kwetiau

Kwetiau, via Shutterstock
Kwetiau, via Shutterstock

Kwetiau merupakan mi yang berasal dari China, terbuat dari tepung beras. Teksturnya tebal dan pipih. Di pasaran bisa dijumpai kwetiau kering dan juga basah. Untuk olahannya, ada yang dibuat kuah ataupun goreng. Sesuai dengan selera.

Somen

Somen, via Shutterstock
Somen, via Shutterstock

Jika yang sebelumnya berasal dari China, somen ini merupakan mi Jepang yang halus dan tipis. Selalu dijual dalam bentuk kering dan dihindangkan dalam bentuk kuah. Biasanya, jenis ini dibuat olahan untuk penyejuk musim panas.

Itulah beberapa ragam mi dari bahan dasarnya. Manakah yang paling sering kamu konsumsi?

Tags
jenis mi ragam mi variasi mi
Share