11 Mie Khas Nusantara yang Enaknya Juara

Indonesia memang benar-benar kaya, mulai dalam alam, budayanya sampai dengan kulinernya. Hal ini seharusnya membuat kita bersyukur tinggal di negeri yang gemah ripah loh jinawi. Kekayaan Indonesia dari segi kuliner bisa dibilang memang sangat melimpah. Salah satunya mie khas nusantara.

Hampir di setiap penjuru daerah di Indonesia memiliki olahan mie. Namun tentu saja ada beberapa yang mencolok dan menjadi pilihan banyak orang. Inilah 11 mie khas Nusantara yang memiliki rasa juara enaknya.

1. Soto Mie merupakan kuliner khas Bogor yang terdiri dari mie, bihun, kol, tomat, urat, dan kaki sapi lalu ditambahkan kuah kaldu. Untuk membuat rasanya nikmat, biasanya ditambah sambal, kecap manis, dan juga taburan bawang.

Soto Mie, Via Instagram godzillatummy

2. Selain memiliki alam yang cantik, Bandung juga memiliki Mie Kocok. Ciri khas mie ini adalah mie kuning gepeng lalu ditambah bakso, taoge, irisan kikil, daging sapi, jeruk nipis, daun seledri, daun bawang, serta bawang goreng. Nikmat disantap kala hangat.

Mie Kocok, Via Instagram cookingwithamiee

3. Cirebon juga memiliki Mi Koclok yang tidak kalah dengan deretan mie nusantara lainnya. Mie Koclok ini disajikan dengan tauge dan irisan kol, lalu disiram kuah kental yang terbuat dari tepung maizena, santan kental, kaldu ayam, dan juga garam. Selanjutnya diberi topping daun bawang, bawang goreng, irisan telur rebus, dan juga ayam suwir.

Mie Koclok, Via Instagram edwin_adiyanto

4. Mie Aceh memiliki rasa yang sangat khas karena terbuat dari banyak rempah yang menghasilkan rasa dominan pedas. Untuk topping banyak jenisnya, ada kepiting, jamur, cumi, udang, dan juga daging.

Mie Aceh, Via Instagram andrianairma710

5. Namanya Mie Koba yang berasal dari Bangka Belitung. Kuah dari Mie Koba ini gurih karena terbuat dari ikan tenggiri yang dipadukan dengan bawang goreng dan seledri. Nah, satu yang sangat khas yakni ditambahkan perasan jeruk kunci.

Mie Koba, Via Instagram theijonsciakdiary

6. Disebut Mie Celor dari lantaran sebelum disajikan dicelup-celup terlebih dahulu dengan air mendidih. Selain itu kuahnya sangat khas, terbuat dari santan dan juga kaldu udang. Untuk isiannya sendiri ada mie kuning besar, taoge, irisan telur rebus, seledri, daun bawang dan taburan bawang goreng. Mie ini berasal dari Palembang.

Mie Celor, Via Instagram monsterfood.corp

7. Sesuai namanya, Mie Cakalang asal dari Manado ini memiliki ciri khas topping berupa suwiran ikan cakalang fufu yang rasanya asin dan gurih. Goreng ataupun berkuah, sama-sama nikmat disantap.

Mie Cakalang, Via Instagram dedapoerbpn

8. Olahan yang jadi favorit banyak penduduk Batam untuk sarapan. Disebut mie lendir lantaran kuahnya terbuat dari bumbu kacang yang kental. Isian dan topping-nya tak jauh berbeda dari mie lainnya di Indonesia.

Mie Lendir, Via Instagram piknikasikid

9. Ada juga mie khas Makassar yang diberi nama dengan Mie Titi. Berbeda dari mie-mie sebelumnya, mie ini digoreng terlebih dahulu lalu disiram dengan menggunakan kuah panas. Jadi rasanya kriuk saat disantap.

Mie Titi, Via Instagram kedaidaengs

10. Diberi nama Mie Jogja atau Mie Jawa, kuliner dari Jogjakarta ini memiliki banyak sekali penggemar. Mie kemudian ditambah dengan ayam suwir, irisan tomat, kol, dan beberapa topping lain membuat rasanya begitu nikmat dan enak.

Mie Jogja, Via Instagram separuhakulemak

11. Terakhir ada Mie Toprak dari Solo. Istimewanya, Mie Toprak ini memiliki isian yang begitu lengkap, ada mie putih, mie kuning, sayur mayur (taoge, seledri, kol) , irisan cakwe, sosis, daging, tahu tempe, karak yang diremuk, bawang merah goreng, dan juga taburan kacang tanah. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah mirip bakso.

Mie Toprak Solo, Via Instagram ekasarimaryono

Mie khas Nusantara memang memiliki banyak ragamnya. Semoga kita semua bisa mencicipinya ya. Yuk mulai coba satu per satu. Jangan lupa masih ada jenis mie lain yang mungkin belum sempat tercantum pada ulasan di atas.

Tags
Indonesia mi khas Nusantara mie dari Indonesia mie dari Nusantara mie dari Tanah Air
Share