Sate Susu, Takjil yang Hits Saat Ramadan di Bali

Advertisement

Tak bisa dipungkiri, kuliner Bali adalah daya tarik yang susah ditolak oleh turis. Datang saat bulan Ramadan juga tidak kalah menyenangkan. Bahkan kamu juga bisa mencicipi banyak jajanan halal sebagai takjil saat waktu berbuka tiba. Salah satunya adalah Sate Susu.

Apa Sih Sate Susu?

Takjil Ramadan Ramadan, Sate Susu
Takjil Ramadan Ramadan, Sate Susu [image source]
Sate Susu adalah daging bagian puting sapi yang dipotong kecil-kecil dan dibakar dengan bumbu khusus, yaitu tepung beras yang dicampur dengan santan dengan rempah-rempah dan dibuat agak pedas. Sate ini hanya dijual saat Bulan Ramadan dan sangat susah ditemukan di hari biasa. Kapan lagi merasakan nikmatnya jajanan yang langka ini?

Sate Susu Denpasar
Sate Susu Denpasar [image source]

Ada Di Kampung Jawa, Bali

Sate Susu Hanya Ada di Ramadan
Ilustrasi Sate Susu Hanya Ada di Ramadan [image source]
Jajanan ini bisa ditemukan di dekat Masjid Baiturrahmah, Desa Wonosari, Denpasar. Lokasinya memang disebut-sebut sebagai Kampung Jawa-nya Bali. Di momen-momen Ramadan, akan ada bazar yang menjual berbagai kue dan masakan untuk santapan berbuka puasa. Kamu dapat menemukan suasana puasa seperti di kota lainnya.

Kuliner Ramadan Denpasar
Ilustrasi Kuliner Ramadan Denpasar [image source]

Murah dan Bikin Lidah Bergoyang

Jajanan Ngabuburit di Denpasar
Jajanan Ngabuburit di Denpasar [image source]
Tekstur kenyal dan pedas nikmat bisa dirasakan dari setiap gigitan sate susu ini. Tak hanya warga muslim Bali yang doyan, belakangan banyak warga lain sengaja datang untuk menikmati takjil yang memang jarang ada ini. Harganya pun murah, satu tusuknya dihargai 1000  hingga 2000 rupiah. Selain Sate Susu, jajanan lain seperti gorengan juga ada, lho. Jawa banget pokoknya.

Sate Susu Denpasar, Bali
Sate Susu Denpasar, Bali [image source]

Akomodasi Terdekat

Aston Denpasar
Aston Denpasar [image source]
Berlibur ke Kota Seribu Pura di bulan puasa tidak ada salahnya, kok. Pilih saja hotel di sekitaran Masjid Baiturrahman. Ada Aston Denpasar di Jl. Gatot Subroto, ke masjid hanya tinggal berjalan kaki 15 menit. Selain itu, bisa juga menginap di Harris Hotel, Jl. Cokroaminoto yang bisa ditempuh dengan jalan kaki 3 menit saja. Ngabuburit sorenya bisa berburu sate susu, deh.

Haris Hotel Denpasar
Haris Hotel Denpasar [image source]

Kuliner Halal untuk Buka Puasa

The Halal Boys
The Halal Boys [image source]
Untuk santapan berbuka pun, tak usah khawatir. Kini tidak susah menemukan menu halal di Pulau yang mayoritas warganya memeluk agama Hindu ini. Di Jl. Petitenget, Kerobokan, berjarak 20 menitan dari Harris Hotel, ada The Halal Boys yang siap memanjakan lidahmu. Jangan lupa mencicipi Lamb Over Rice, daging domba enak yang disuguhkan dengan nasi kuning. Atau bisa juga berbuka di Cafe De Dapoer di Jl. Raya Kuta. Tempat makan ini juga sudah mengantongi sertifikat halal, lho.

Cafe De Dapoer
Cafe De Dapoer [image source]
Masjid Baiturrahmah

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80116

Tak perlu khawatir jalan-jalan ke pulau terindah di Indonesia ini meski sedang Ramadan. Apalagi ada takjil langka seperti sate susu. Bagaimana, ada yang sudah pernah coba?

Advertisement
Tags
kuliner kuliner bali wisata bali
Share