6 Jajanan Tradisional Khas Indonesia yang Terbuat dari Pisang

Meskipun sekarang ini sudah banyak sekali kue kekinian, tapi pamor jajanan tradisional khas Indonesia masih tidak kalah. Bahkan, jajanan tradisional semakin gencar diburu untuk suguhan di berbagai acara. Misalnya saja yang terbuat dari pisang. Tak sedikit jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar pisang. Apa saja? Yuk ikuti ulasannya seperti berikut ini.

1. Pisang Molen

Sepiring Pisang Molen, via Instagram sukmawati_rs

Pisang Molen banyak ditemui di pasar-pasar tradisional, bahkan di pinggir jalan juga banyak. Biasanya juga dijajakan bersama gorengan lainnya. Cara pengolahannya sangat mudah, dan rasanya sangat nikmat. Konon, kuliner ini berasal dari Bandung. Enak sekali saat disantap hangat-hangat dengan teh.

2. Nagasari

Nagasari dipadukan dengan teh hangat, via Instagram linakurlinasari

Olahan lainnya dari pisang yang tak kalah lezatnya adalah nagasari yang berasal dari Jepara. Nagasari ini terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, gula, kemudian diisi dengan pisang. Biasanya, jajanan tradisional satu ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian dikukus. Rasanya lembut dan lumer di mulut.

3. Barongko Pisang

Barongko Pisang, via Instagram lanscape

Sementara itu kalau barongko pisang merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari Makasar. Makanan ini terbuat dari pisang yang dilembutkan lalu dicampur dengan telur, santan, gula pasir, dan juga garam. Setelah adonan jadi kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Dulu barongko ini dihidangkan sebagai hidangan penutup untuk Raja Bugis, namun sekarang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

4. Sale Pisang

Sale Pisang, Via Instagram fridajoincoffee

Sale Pisang juga merupakan jajanan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Di sebagian kota, jajanan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Sale Pisang dibuat dengan cara disisir tipis lalu dijemur. Kemudian langsung bisa dimakan atau dicampur dengan bahan lain, misalnya keju. Rasa dan aromanya sangat khas, kamu yang sudah mencobanya tentu akan familiar.

5. Pisang Epe

Pisang Epe, Via Instagram foodiehouse.id

Pisang Epe merupakan jajanan khas dari Makassar. Pisang epe ini dijepit sampai gepeng kemudian disiram dengan saus gula merah. Dalam perkembangannya, olahan ini juga sudah dimodifikasi dengan saus yang lebih modern. Misalnya saja dengan memanfaatkan saus cokelat ataupun juga saus durian. Ada juga yang menambahkan keju sampai kelapa yang disangrai.

6. Pisang Goreng

Pisang Goreng yang nikmat disantap, via Instagram indrasanti_iea

Siapa sih yang tidak tahu pisang goreng, kuliner satu ini hampir bisa ditemui di mana saja. Kuliner yang sangat merakyat, harga murah meriah dan rasanya enak. Pisang goreng hampir tak pernah absen dari deretan gorengan yang dijual di pinggir jalan.

Apakah kamu salah satu pencinta pisang? Yuk jangan lupa kreasikan jadi berbagai olahan tradisional yang kamu bisa.

Tags
Indonesia jajanan tradisional jajanan tradisional dari pisang jajanan tradisional khas Indonesia jajanan tradisional pisang kuliner Indonesia
Share