Pulen Kopi Ponti, Hadirkan Menu Perpaduan Rasa Pontianak dan Jawa

Advertisement

Kuliner Nusantara memang tak ada duanya. Beruntung, untuk mencicipi makanan dari daerah tertentu, kini tak harus terbang ke lokasi. Ada tempat spesial di Jogja yang pastinya menawarkan sajian khas Pontianak dan Jawa, namanya Pulen Kopi Ponti. Serunya, lokasinya berada tak jauh dari Candi Sambisari. Makanan enak dan tempat yang keren, perpaduan sempurna bukan?. Penasaran? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

Resto Dekat Candi Sambisari

Interior dalam Pulen Kopi Ponti oleh Annissa Saputri
Interior dalam Pulen Kopi Ponti (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berencana atau sedang berwisata ke Candi Sambisari, mampir Pulen Kopi Resto adalah pilihan tepat. Berlokasi di Jalan Candi Sambisari No.16A, Kadirojo, Purwomartani, Sleman, tempat ini buka dari jam 07.00 hingga pukul 22.00 WIB. Dari Bandara Adisutjipto, Teman Traveler bisa mengambil rute Jalan Solo-Jogja kemudian Jalan Candi Sambisari hanya dalam waktu 5 menit. Tak jauh dari Selokan Mataram, tampak bangunan kayu bernuansa tradisional di timur jalan bertuliskan nama ‘Pulen Kopi Ponti’, ya itulah tempatnya.

Berkonsep Tradisional-Vintage

Vespa biru di pintu masuk oleh Annissa Saputri
Vespa biru di pintu masuk (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Memasuki resto, kita akan disambut dengan motor vespa berwarna biru. Beberapa jendela yang terpajang di dinding pun membuat suasana oldschool semakin terasa. Dekorasi di ruang dalamnya juga kental dengan gaya tradisional. Ada beberapa foto hitam-putih yang terpasang di dinding sebelah selatan. Sedangkan di sisi utara terdapat properti seperti rantang, tampah, dan benda-benda beranyam bambu.

Dekorasi nuansa tradisional oleh Annissa Saputri
Dekorasi nuansa tradisional (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Keunikan yang menjadi perhatian di resto ini adalah keberadaan properti yang mendekorasi langit-langit atap. Keranjang bambu dan tampah tertata apik di langit-langit membuat resto ini lebih menarik. Apalagi ketika menjelang sore lampu-lampu dinyalakan membuat suasana bertambah syahdu.

Interior yang apik oleh Annissa Saputri
Interior yang apik (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Tawarkan Perpaduan Rasa Pontianak dan Jawa

Kue pisang khas Pontianak oleh Annissa Saputri
Kue pisang khas Pontianak (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Pulen Kopi Ponti menghadirkan kuliner perpaduan antara Pontianak dan Jawa. Sesuai dengan namanya, menu yang menjadi unggulannya adalah kopi. Pilihan bijinya dihadirkan langsung dari tanah Kalimantan, seperti kopi saring, kopi bubuk, dan kopi susu. Tak hanya kopi, ada menu lain dengan cita rasa otentik Pontianak, yaitu kue pisang atau yang lebih dikenal dengan bingka pisang. Saking favoritnya, para pengunjung kerap kehabisan kudapan manis satu ini.

Prasmanan masakan Jawa oleh Annissa Saputri
Prasmanan masakan Jawa (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain menawarkan kopi dan kue khas Pontianak, resto ini juga menyediakan berbagai masakan khas Jawa. Menu masakan rumahan disajikan secara prasmanan. Aneka masakan seperti sayur lodeh, brongkos, asem, tumis, pepes, telur balado, dan telur asin yang disajikan dalam panci di atas kendi dan tungku. Menambah suasana Jawa makin kentara. Pengunjung pun bebas mengambil sesuai selera.

Kopi Pontianak yang Jadi Primadona

Barista meracik kopi oleh Annissa Saputri
Barista meracik kopi (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Kota Pontianak memang populer dengan kedai kopi tradisionalnya, terlebih sajian kopi saringnya. Bahkan salah satu jalan di Pontianak pun dijadikan ikon kopi karena memang banyak ditemukan kedai minuman ini di sepanjang jalan Gajah Mada Coffee Street. Jadi tidak heran, keberadaan Kopi Pontianak di Pulen Kopi Ponti pun mendapat sambutan yang hangat bagi pengunjung.

Kopi saring jadi favorit oleh Annissa Saputri
Kopi saring jadi favorit (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Menjadi signature beverage di resto ini, kopi khas Pontianak menjadi minuman favorit bagi pengunjung. Menariknya, harganya mulai Rp8.000 saja, kita sudah bisa menyeruput secangkir kopi Pontianak tanpa harus terbang ke kota asalnya. Salah satu yang menjadi favorit adalah kopi saring yang memiliki warna hitam pekat, rasa pahit dan tidak ada ampasnya.

Pisang goreng pelengkap kopi oleh Annissa Saputri
Pisang goreng pelengkap kopi (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Dalam penyajiannya pun unik, dalam kopi tersebut kita bisa mendapati beberapa biji kopi utuh yang muncul di permukaan kopi. Rasanya nendang dan benar-benar bisa bikin melek. Biar lebih lengkap ngopinya, jangan lupa untuk memesan pisang goreng atau kue pisangnya yang terkenal juga di Pontianak. Tak lengkap rasanya kan, jika sudah mampir ke sini tapi tidak memesan signature menunya.

Asyik Untuk Nongkrong atau Kerjakan Tugas

Tempat bersantap seru bareng keluarga oleh Annissa Saputri
Tempat bersantap seru bareng keluarga (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain menjadi tempat yang cocok untuk ngopi dan makan bersama keluarga, tak sedikit pengunjung yang menjadikan tempat ini untuk nongkrong atau mengerjakan deadline tugas. Banyak mahasiswa memanfaatkan Pulen Kopi Ponti ini sebagai tempat yang asyik menghasilkan ide dan bertukar pikiran.

Tempat asyik untuk mengerjakan deadline oleh Annissa Saputri
Tempat asyik untuk mengerjakan deadline (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak perlu khawatir, Pulen Kopi Ponti juga menyediakan fasilitas Wifi gratis, seru kan? Sambil ditemani kopi dan didukung dengan tempat yang nyaman, dijamin tugas dan kerjaan cepat kelar. Apalagi ditunjang dengan suasana lokasi yang jauh dari keramaian dan bisingnya suara kendaraan berlalu lalang.

Pemandangan Cantik kala Senja

Suasana syahdu menjelang sore oleh Annissa Saputri
Suasana syahdu menjelang sore (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak hanya menu enak dan tempatnya yang asyik, Pulen Kopi Ponti juga menawarkan pemandangan yang apik menjelang sore hari. Lampu-lampu resto yang mulai dinyalakan membuat suasana lebih romantis. Beberapa suara jangkrik mulai terdengar karena di sekeliling resto ini merupakan persawahan. Jika beruntung, kita pun bisa melihat eloknya langit sore dan matahari yang mulai tenggelam. Syahdu dan romantis, kan?

Buka hingga malam oleh Annissa Saputri
Buka hingga malam (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Buka dari pagi hingga malam, Pulen Kopi Ponti cocok untuk diandalkan sebagai tempat untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Mau ngopi atau menyantap masakan tradisional kapan saja pun bisa di sini. Berniat liburan di Jogja, jangan lupa mampir ke Pulen Kopi Ponti, ya!

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja kuliner Sleman Sleman Travelingyuk Yogyakarta
Share