Indahnya Candi Sambisari, Sempat Puluhan Tahun Terkubur Lahar Merapi

Advertisement

Sebagai negara yang punya latar belakang sejarah Hindhu dan Budha kental, Indonesia punya banyak peninggalan sejarah berupa candi. Namun selain Prambanan dan Borobudur, sebenarnya masih ada banyak candi lain yang tak kalah indah. Salah satunya Candi Sambisari.

Candi yang berada di Yogyakarta ini sempat menghilang ratusan tahun usai tertimbun pasca letusan Gunung Merapi. Daripada penasaran, simak penuturan lengkap soal keindahannya dari kontributor Travelingyuk bernama Fery Arifian berikut ini.

Rute Perjalanan Menuju Candi Sambisari

Megahnya Sambisari (c) Fery Arifian
Megahnya Sambisari (c) Fery Arifian/Travelingyuk

Siapa yang tak kenal dengan Yogyakarta? Kota dengan berbagai macam destinasi wisata baik wisata alam dan budaya ini selalu menarik untuk dikunjungi kapan pun. Tak terkecuali wisata sejarahnya, Jogja selalu punya banyak daya tarik untuk para wisatawan lokal maupun manacanegara.

Salah satu wisata sejarah yang wajib dikunjungi di Kota Gudeg adalah Candi Sambisari. Terletak di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, menuju lokasi ini hanya butuh waktu 20 menit dari Bandara Adi Sutjipto Jogja. Dengan menuju ke timur melewati Jalan Raya Solo Jogjakarta, kemudian belok ke arah Jalan Candi Sambisari.

Sempat Tertimbun Lahar

Sambisari sempat tertimbun lahar (c) Fery Arifian
Sambisari sempat tertimbun lahar (c) Fery Arifian/Travelingyuk

Candi Sambisari berdiri 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah sekitarnya. Hal ini karena dulunya Sambisari pernah tertimbun lahar dari letusan Gunung Merapi di tahun 1906.

Warisan budaya kuno yang selesai dipugar pada 1987 ini merupakan Candi Hindhu beraliran Syiwa, kemungkinan dibangun pada abad ke-9. Pemrakrasanya adalah Rakai Garung, seorang Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra.

Bangunan utama masih utuh (c) Fery Arifian
Bangunan utama masih utuh (c) Fery Arifian/Travelingyuk

Bangunan utama candi memiliki tinggi sekitar 7,5 meter, menjulang dibanding tiga candi lainnya yang lebih kecil. Kondisi candi utama masih utuh, sementara struktur di sekitarnya hanya tinggal berupa reruntuhan.

Tiket Murah Meriah

Tiket masuk Candi Sambisari cukup murah (c) Fery Arifian
Tiket masuk Candi Sambisari cukup murah (c) Fery Arifian/Travelingyuk

Untuk masuk ke dalam kawasan candi, pengunjung hanya cukup membayar tiket masuk seharga lima ribu rupiah saja. Setelah itu, pengunjung bebas berfoto di kawasan candi yang Instagenic ini.

Nah, tertarik mengunjunginya? Candi Sambisari ini wajib masuk ke dalam list itinerary-mu selama berkunjung ke Jogja.

Advertisement
Tags
Jogjakarta Wisata
Share