Pulau Sepanjang, Wisata Cantik nan Eksotis di Ujung Jawa Timur

Pulau Sepanjang mungkin masih terdengar asing di telinga. Namun, tidak bagi pecinta traveling yang sering singgah ke Pulau Kangean. Yap, secara adminitratif pulau cantik nan eksotis ini berada di wilayah Sumenep. Letaknya berada tepat di atas Pulau Dewata. Penasaran seperti apa keindahan alamnya? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Raihan Suwanto berikut ini.

Desa Eskotis di Pulau yang Menawan

Desa Tanjung Kiaok merupakan salah satu desa di Pulau Sepanjang dengan jumlah penduduk mencapai angka 3.000 jiwa. Meski jauh dari kota, perekonomiannya terbilang sudah cukup mapan. Hal ini didapatkan dari hasil laut yang melimpah. Bukti nyatanya ada pada pemukiman warga yang sudah modern.

Bermain dengan anak-anak pesisir. Foto: IMPALA UB
Bermain dengan anak-anak pesisir via IMPALA UB

Saya yang tergabung dengan Tim Brawijaya Sepanjang Island Research (IMPALA UB) selama 10 hari membaur dengan masyarakat di pulau ini. Menggali kisah dari kehidupan mereka dan ikut tinggal satu atap rumah pula. Terdapat banyak tempat tinggal yang berada di pesisir pantai, dan dapat menggambarkan mayoritas penduduk yang menggantungkan kehidupannya dari hasil laut.

Kekayaan Alam yang Jadi Pegangan

Masyarakat di sini sangat memaksimalkan hasil lautnya. Hasil tangkapannya beragam, mulai dari ikan, udang, kerang, dan lobster. Bahkan ada yang membudidayakan rumput laut. Omsetnya pun cukup besar. Penduduk di sini memasarkan hasil tangkapannya ke pulau-pulau terdekatnya seperti ke Bali, Banyuwangi, Kalimantan hingga ekspor ke luar negeri.

Desa Tanjung Kiaok. Foto: IMPALA UB
Desa Tanjung Kiaok via IMPALA UB

Untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari tentu bukan hal sulit dilakukan. Namun, ketersediaan bahan-bahan pokok tersebut sulit untuk didapatkan di pulau ini. Biasanya, beberapa orang memenuhinya dengan membeli bahan tersebut di Banyuwangi ataupun Pulau Sapeken yang merupakan kecamatan dari Pulau Sepanjang. Perjalanan jauh dan ongkos yang mahal membuat harga bahan pokok di pulau ini tergolong tinggi jika dibandingkan dengan Jawa.

Pesona Wisata untuk Mendukung Ekonomi Daerah

Masyarakat Tanjung Kiaok juga mempunyai usaha lain apabila hasil laut tidak dapat mencukupi kebutuhan. Ada yang membuka toko sembako, berjualan makanan ataupun minuman, sebagai buruh atau bekerja dengan orang lain dan masih banyak lainnya. Selain itu untuk menghindari paceklik, warga juga mengolah hasil laut yang bisa bertahan lama, seperti ikan asin atau ikan yang dikeringkan.

Petani Rumput Laut. Foto: IMPALA UB
Petani Rumput Laut. via IMPALA UB

Tanjung Kiaok yang berada di pesisir kepulauan membuat desa ini mempunyai banyak pantai yang menakjubkan. Sebagian besar belum di beri nama dan tak dikenal oleh banyak orang. Salah satunya Pantai Same. Destinasi wisata yang tengah dikembangkan ini diharapkan memberikan peluang adanya lapangan pekerjaan baru bagi penduduk sekitar. Hal ini terlihat dengan banyaknya warung-warung di sepanjang jalan menuju pantai, menandakan antusias mereka dalam mengembangakan perekonomian.

Nah, untuk menuju Pulau Sepanjang yang berada di perairan utara Pulau Bali ini cukup melelahkan. Tidak hanya jalur darat, tapi juga lautan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 16 jam. Agar nyaman selama perjalanan, jangan lupa menyediakan obat-obatan.

Tags
Banyuwangi Indonesia Jawa Timur Madura Sumenep Travelingyuk wisata sumenep
Share