Mengenal Baceman Khas Jogja, Kuliner yang Sekaligus Bagian dari Budaya Indonesia

Baceman atau bacem adalah sebutan untuk aneka bahan pangan yang dimasak atau direndam menggunakan air gula yang sudah dicampur rempah lainnya. Di daerah asalnya, seperti Kaliurang atau Mataraman, Jogja, Teman Traveler akan mudah menemukan baceman yang biasa dimakan dengan ketan atau lainnya. Lebih jauh, kuliner ini merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia. Seperti apa sih cerita lengkap mengenai baceman khas Jogja ini? Simak yuk!

1. Kuliner Andalan dari Tanah Jawa

Tempe Bacem yang Legendaris
Tempe Bacem yang Legendaris via Instagram/natsir_dabey

Baceman merupakan satu dari sekian ribu kuliner andalan yang berasal dari tanah Jawa. Citarasanya yang manis, sangat Jawa sekali. Karakteristik manis dan gurih pada bacem, kemudian mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia secara luas. Sebut saja di wilayah Jogja. Aneka depot atau kedai yang menjajakan baceman laris manis oleh para wisatawan luar kota yang sedang berlibur.

2. Berkaitan dengan Sejarah Tanam Paksa

Siapa Menyangka Kelezatannya Berakar dari Peristiwa Tanam Paksa
Siapa Menyangka Kelezatannya Bermula dari Peristiwa Tanam Paksa via Instagram/segobacem

Baceman khas Jogja, dengan rasa dominan yang manis dan gurih, ternyata hadir sebab sebuah peristiwa yang pahit. Menurut beberapa cerita, baceman bisa dinikmati sampai sekarang ini, bermula dari sistem tanam paksa yang terjadi berabad lalu. Pada masa itu, tebu menjadi tanaman yang wajib.

Alhasil, panen tebu pun melimpah. Tebu yang kemudian diolah menjadi gula pun memiliki harga yang sangat murah. Untuk mengakali hal tersebut, beberapa bahan pangan diolah dengan maksimal menggunakan gula. Hingga akhirnya, terciptalah baceman ini.
Selain itu, proses membacem juga dapat membuat bahan makanan menjadi lebih awet. Hal ini tentu diperlukan dan sangat menguntungkan dalam keadaan-keadaan sulit seperti tanam paksa.

3. Aneka Bacem yang Menggoda Selera

Bacem Kepala Kambing di Salah Satu Tempat Makan di Yogyakarta
Bacem Kepala Kambing di Salah Satu Tempat Makan di Yogyakarta via Instagram/elli_hadyana

Baceman khas Jogja yang semakin meng-Indonesia ini lantas menjadi inspirasi dari terciptanya olahan bacem yang beragam. Selain tempe, tahu dan telur sebagai baceman yang standar, sekarang ini banyak sekali jenis baceman yang bisa Teman Traveler cicipi. Pada dasarnya, hampir sebagian besar bahan pangan bisa dibacem. Sebut saja daging ayam, kentang atau daging sapi. Bahkan di Yogyakarta, ada bacem kepala kambing yang menarik untuk dicoba.

4. Resep Bacem yang Legendaris

Kelezatan Bacem Telur Puyuh dari Resep Legendaris dan Sederhana
Kelezatan Bacem Telur Puyuh dari Resep Legendaris dan Sederhana via Instagram/elminalist

Resep bacem sebenarnya sangat sederhana, namun ketenarannya jangan ditanya. Ia legendaris justru karena sangat sederhana sampai pada cara mengolahnya. Teman Traveler juga pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Bumbu andalan pada setiap resep bacem yang legendaris antara lain ketumbar, bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, air kelapa dan yang pasti jangan lupa adalah gula merah.

Baceman khas Jogja dengan sejarah serta citarasanya menjadi bagian dari tradisi dan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Selain kenyang, Teman Traveler juga bisa menjadi tambah tahu tentang kuliner Indonesia, kan? Bagaimana, siapa nih Teman Traveler yang doyan masakan satu inin?

Tags
bacem khas yogyakarta baceman Indonesia Jogja kuliner tempe bacem
Share