6 Destinasi Andalan Sumenep, Pesona Ujung Pulau Madura

Di Jawa Timur, Kota Batu menjadi barometer wisata yang paling populer. Padahal, tak jauh dari Surabaya terdapat satu daerah dengan destinasi wisata alam yang tak kalah menarik, yaitu Kabupaten Sumenep, Pulau Madura. Kabupaten ini sendiri tercatat memiliki 126 pulau. Karena itu banyak destinasi yang dapat dikunjungi di Kabupaten Sumenep. Seperti destinasi andalan Sumenep yang akan disebutkan pada poin berikut.

1. Pantai Lombang

Pantai Lombang via instagram
Pantai Lombang via instagram/ikeangeell014

Pantai Lombang merupakan pantai andalan dan termasuk pantai yang paling favorit bagi masyarakat Madura. Destinasi ini memiliki pasir putih yang menghampar luas sejauh 12 km di sepanjang pantai. Sekelilingnya dihiasi oleh pohon cemara udang dengan tinggi rata rata 4 m. Pantai ini juga memiliki ombak yang tenang, sehingga berenang dan snorkeling dangat mungkin untuk dilakukan.

2. Gili Iyang

Gili Iyang via instagram
Gili Iyang via instagram/maduraholic

Gili Iyang berada di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek yang berjarak sekitar 28 km dari pusat Kabupaten Sumenep. Tempat ini memiliki kandungan oksigen yang dimiliki daerah ini cukup tinggi yakni mencapai 21,5%. Sementara rata-rata kandungan oksigen di daerah lain hanya berkisar di angka 20%.

3. Pantai 9, Gili Genting

Pesisir Gili Genting via instagram
Pesisir Gili Genting via instagram/marthin_jr_nainggolan

Dengan air yang biru juga hembusan angin sepoi-sepoi, menjadikan tempat ini sebagai jawaban paling tepat untuk melepas penat. Pun panoramanya yang memanjakan mata. Begitu pula dengan wilayah airnya, kamu dapat bebas berenang tanpa takut menginjak atau merusak terumbu karang. Karena perairan pantai Sembilan di dominasi oleh pasir.

4. Gili Labak

Gili Labak via instagram
Gili Labak via instagram/karuniadani17

Ukurannya tak terlalu besar, Gili Labak mempunyai luas sekitar 5 hektar dan dapat dikelilingi dengan berjalan kaki. Bentangan pasir putih dan lautan biru dengan ombak yang landai menjadikankan tempat ini sangat diminati. Air laut yang begitu jernih dapat ditemukan pada Gili Labak. Sehingga kamu dapat menikmati gugusan terumbu karang yang sangat indah.

5. Slopeng

Pantai Slopeng Madura via instagram
Pantai Slopeng Madura via instagram/child_smurf

Pantai Slopeng terletak di Utara Sumenep ini masih berdekatan dengan Pantai Lombang. Hamparan pasir pantainya yang luas dan membentang sepanjang 6 km di pantai ini memiliki pemandangan seperti gurun. Lengkap dengan pepohonan palemnya. Air laut di tempat ini berwarna kehijauan dan jernih, ombaknya pun tenang. Sehingga kamu dapat bermain air dengan bebas.

6. Keraton Sumenep

Keraton Sumenep via instagram
Keraton Sumenep via instagram/elysabeth.wijaya

Lokasinya berada di sebelah timur Taman Adipura. Museum sekaligus Keraton Sumenep ini memiliki bangunan tua di sisi kanan jalan untuk menyimpan kereta emas, sebuah hadiah dari Ratu Inggris ke Raja Sumenep. Tempat ini dibangun pada tahun 1762 di masa pemerintahan Tumenggung Arya Nata Kusumo I. Selain itu, tempat ini memiliki Al-Quran yang berukuran raksasa dengan berat 500 kg.

Banyak potensi wisata yang dimiliki oleh Pulau Madura, terutama Kabupaten Sumenep. Mulai dari peninggalan sejarah hingga wisata alamnya. Masih ragu ingin berkunjung ke Pulau Madura?

Tags
Indonesia Jawa Timur pulau madura Surabaya
Share