Pulau Sabang, Indahnya Ujung Barat Indonesia

Sabang merupakan salah satu kota di Provinsi Aceh yang juga berada di ujung paling barat Indonesia. Pulau terbesar di provinsi diberi nama Weh atau akrab juga disebut Pulau Sabang. Di dalamnya terdapat sejumlah pesona alam luar biasa, menunggu untuk Teman Traveler kunjungi.

img_20171230_wa0028_1__khr.jpg
Pulau Sabang (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Untuk menuju Pulau Sabang, Teman Traveler bisa menyeberang dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh dan mendarat di Pelabuhan Balohan, Sabang. Begitu sampai, kalian bisa menyewa motor atau mobil untuk menjelajah kawasan sekitar. Lantas apa saja hal menarik yang bisa dinikmati? Yuk, simak ulasan saya selengkapnya.

Tugu Kilometer Nol Indonesia

img_20171230_wa0044_1__44l.jpg
Tugu Kilometer Nol Indonesia (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Tidak sah rasanya liburan ke Sabang tanpa mampir ke spot wisata terkenal ini. Jika Teman Traveler mampir sore hari menjelang matahari terbenam, kalian bakal disuguhi panorama sunset luar biasa indah. Kalian bisa menikmatinya sambil duduk santai menyantap pisang goreng. Di sekitar tugu juga ada banyak pedagang yang tawarkan oleh-oleh khas setempat.

Pulau Rubiah

img_20180204_wa0000_1__0X8.jpg
Naik perahu motor di sekitar pulau (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Spot ini berada tepat di sisi barat laut Pulau Weh. Untuk menuju sini Teman Traveler bisa menyeberang dengan perahu motor selama kurang lebih 20 menit. Kawasan ini kerap jadi tujuan utama para penyelam lantaran pemandangan bawah lautnya sangat indah, dengan beragam spesies ikan berenang ke sana kemari.

Jika Teman Traveler belum terlalu mahir menyelam, jangan khawtir. Di sekitar sini ada banyak pemandu dan persewaan alat serta perlengkapan menyelam. Tinggal bayar sesuai tarif, kalian bakal mendapat panduan khusus untuk menyapa langsung ikan-ikan cantik di Pulau Rubiah.

Gua Sarang

img_20171230_wa0025_1__nwS.jpg
Pemandangan di Gua Sarang (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Spot satu ini wajib Teman Traveler sambangi selama liburan di Sabang. Goa Sarang sendiri terletak di daerah pegunungan Sabang, sehingga selama perjalanan menuju sini kalian bakal disuguhi pemandangan hijau nan sejuk. Begitu sampai di tujuan, kalian akan melihat indahnya hamparan laut biru. Sangat indah, membuat mata seolah sulit berkedip.

img_20171230_wa0022_1__AeV.jpg
Gua Sarang (c) Lidya Puspa Sari/Travelingyuk

Untuk menuju spot utama Gua Sarang, Teman Traveler harus turun melewati sekitar 150 anak tangga serta bebatuan sedikit licin. Wajib ekstra hati-hati dan siapkan tenaga lebih agar tidak mudah lelah. Total ada tujuh gua yang bisa kalian kunjungi di sekitar sini.

Casa Nemo Beach Resort & Spa

img_20171226_120625_ZIe.jpg
Santai di Casa Nemo (c) Lisdya Puspa Sari/Travelingyuk

Penginapan mewah di Sabang ini tawarkan pemandangan menghadap tepat ke lautan dan memiliki pantai pribadi. Jika Teman Traveler hanya sekedar ingin menikmati pemandangan indah di sekitar sini, tidak perlu menginap kok. Kalian tinggal datang ke resto mereka dan memesan makanan. Sambil bersantap santai, kalian bakal dimanja indahnya pantai plus belaian angin sepoi-sepoi. 

Itulah beberapa destinasi menarik yang bisa Teman Traveler sambangi di Pulau Sabang. Cukup banyak dan unik bukan? Jika kalian berencana menjelajah wisata Aceh dan sekitarnya, tempat ini bisa banget dijadikan pilihan. Selamat jalan-jalan!

Tags
Aceh Indonesia kontributor pulau sabang Travelingyuk wisata aceh
Share