Berenang dengan Ubur-Ubur di Pulau Kakaban Berau, Katanya Nggak Menyengat?

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia
Pulau Kakaban via Shutterstock Pulau Kakaban via Shutterstock

Indonesia yang merupakan negara dengan banyaknya gugusan-gugusan pulau, tersebar di penjuru wilayah dan indah-indah. Salah satunya bernama Derawan. Kepulauan ini terdiri dari beberapa pulau salah satunya Kakaban, yang begitu memesona walau banyak pengunjung namun tetap terjaga dengan baik. Teman Traveler penasaran seperti apa spesialnya wisata Pulau Kakaban, yuk baca ulasan berikut sampai akhir ya.

Danau Kakaban Habitat Ubur-Ubur Tanpa Sengat

Ubur-Ubur Tanpa Sengat di Danau Kakaban via Shutterstock
Ubur-Ubur Tanpa Sengat di Danau Kakaban via Shutterstock

Pulau Kakaban yang hampir 80 persen wilayahnya merupakan danau dengan air jernih berwarna kehijauan, terletak di Desa Payung-payung Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Danau Kakaban yang berada di tengah-tengah pulau ini dihuni oleh ribuan ubur-ubur. Jangan khawatir, Teman Traveler bisa berinteraksi dengan ubur-ubur di Danau Kakaban yang tidak menyengat.

Meski begitu, pastikan mematuhi aturan-aturannya, ya. Pertama, tidak boleh mengenakan sunblock atau krim apapun, karena kandungan zat kimianya bisa mencemari habitat ubur-ubur. Kedua, tidak menggunakan alat bantu renang seperti kaki katak karena dikhawatirkan akan melukai ubur-ubur. Ketiga, dilarang mengangkat ubur-ubur keluar air. Bisa-bisa hewan ini kehilangan keseimbangan. Keempat, kalau masuk ke danau tidak boleh melompat, harus tenang. Agar tidak mengenai ubur-ubur bahkan hingga membunuhnya.

Hutan yang Masih Rimbun dan Banyak Tumbuhan Besar

Danau Kakaban di Tengah Pulau via Shutterstock

Wilayah Pulau Kakaban memang didominasi danau, selain itu terdapat hutan besar dan hutan mangrove. Sebelum dapat mencapai Danau Kakaban, Teman Traveler harus berjalan kaki melewati hutan besar yang masih rimbun dan alami. Pepohonan besar tumbuh dengan sehat di pulau yang sangat dijaga oleh penduduk Desa Payung-payung. Sebut saja Pohon Bakung, Asing-asin, Ligayan, Ugal, Bullung-bullung, Puut, dan Ipil. Beberapa pohon lain juga tumbuh di hutan ini, namun sebagian ada yang belum diketahui namanya.

Bermalam di Sekitar Pulau Kakaban

Bentangan Pantai di Pulau Kakaban via Shutterstock

Memang tidak ada penginapan di Pulau Kakaban, karena penduduk sekitar tidak mengizinkan adanya bangunan apapun di pulau ini. Walaupun sebenarnya sudah banyak investor yang ingin bekerja sama membangun resort. Menurut mereka, pembangunan akan merusak ekosistem dan keindahan pulau yang sudah ada sejak zaman dahulu ini.

Berenang bersama Ubur-ubur Pulau Kakaban
Berenang bersama Ubur-ubur Pulau Kakaban (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Namun tidak perlu khawatir, Teman Traveler yang ingin bermalam bisa melipir ke pulau-pulau sekitar Kakaban seperti Maratua atau Nunukan. Terdapat resort yang berjarak mulai dari 8 kilometer seperti Green Nirvana Resort Maratua, hingga 10 kilometer diantaranya Nunukan Island Resort.

Menjajal Kuliner Unik Kakaban

Tehe-Tehe via Instagram @_raymondgan
Tehe-Tehe via Instagram @_raymondgan

Pulau Kakaban termasuk dalam Kepulauan Derawan yang mempunyai kuliner khas. Teman Traveler akan menemukan tehe-tehe, beras ketan yang dicampur santan kemudian dibungkus dengan cangkang landak laut lalu ditutup daun pandan. Rasanya seperti ketupat. Ada juga kima-kima, kerang laut yang dikeringkan layaknya ikan asin.

Luar biasa ya ternyata ada juga pulau yang seistimewa Kakaban di wilayah Indonesia. Dengan danau yang mendominasi, spesies ubur-ubur tanpa sengat, serta kawasan yang sangat dijaga kelestariannya. Kalau Teman Traveler singgah di Pulau Kakaban, taati peraturannya ya. Apakah sudah siap memasukkan destinasi ini sebagai daftar kunjung?