5 Pulau di Indonesia ini Berisi Hewan Langka dan Satu-satunya di Dunia

Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan pulau cantik nan eksotis. Tidak hanya keindahan alam, ternyata ada loh tempat tertentu yang mayoritas penghuninya adalah hewan langka dan satu-satunya di dunia. Kerennya lagi, objek tersebut bisa didatangi sebagai tempat wisata oleh turis, baik dari dalam dan luar negeri. Wah, pulau mana saja ya?

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo
Pulau Komodo [image source]
Nah, siapa sih yang tidak pernah dengar tempat wisata Pulau Komodo? Hampir semua orang di Indonesia pasti sudah tahu hewan langka apa yang ada di dalamnya. Yap, di pulau cantik ini terdapat komodo dengan jumlah banyak. Karena keunikannya, terdapat wisatawan yang penasaran bahkan ingin berfoto dengan binatang buas tersebut. Pulau Komodo sendiri terletak di kepulauan Nusa Tenggara. Binatang melata ini juga dapat dilihat di beberapa pulau sekitarnya, seperti Pulau Rinca dan Padar. Sudah pernah berkunjung ke sini?

Pulau Rinca
Pulau Rinca [image source]
Alamat : Nusa Tenggara Timur

2. Pulau Kalong

Pulau Kalong di Indonesia
Pulau Kalong di Indonesia [image source]
Tidak jauh dari Rinca, Padar dan Komodo, ada satu lagi pulau yang menarik perhatian wisatawan karena hewan yang hidup di sana. Namanya Pulau Kalong dengan hutan bakau yang luas dan dihuni oleh kalelawar. Bukan hanya ratusan, jumlahnya mencapai ribuan. Objek wisata yang dapat di tempuh dengan speedboat dalam waktu 35 menit dari Laboan Bajo ini paling asyik dilihat ketika matahari terbenam. Bukan hanya keindahan sunsetnya, ribuan kalong yang keluar dari sarang dan terbang untuk mencari makan juga menawan.

Pulau Kalong
Pulau Kalong [image source]
Alamat : Nusa Tenggara Timur

3. Pulau Biawak

Pulau Biawak Indonesia
Pulau Biawak Indonesia [image source]
Bagi warga Jawa Barat, pasti sudah sering mendengar tentang Pulau Biawak. Sesuai dengan namanya, di tempat ini dihuni oleh spesies biawak. Kebanyakan dari mereka berdiam diri di area hutan bakau yang selama ini menjadi habitatnya. Meski ukurannya tidak sebesar Komodo, namun hewan tersebut sangat agresif dan bisa menyerang manusia. Karena itu pula, wisatawan yang berkunjung ke sana lebih memilih untuk menghabiskan waktu di perairan jernih dibandingkan melihat hewan langka.

Pulau Biawak
Pulau Biawak [image source]
Alamat : Kabupaten Indramayu, Jawa Barat

4. Pulau Ular

Pulau Ular Indonesia
Pulau Ular Indonesia [image source]
Indonesia bukan hanya memiliki objek wisata cantik saja. Beberapa pulau juga punya fauna yang ternyata ditakuti oleh manusia. Salah satunya adalah Pulau Ular yang terletak di Oi Caba, Nusa Tenggara Barat. Seperti namanya, di sana terdapat banyak sekali ular laut yang spesiesnya tidak agresif jika tidak diganggu. Kebanyakan dari mereka memiliki corak garis-garis dengan kombinasi warna hitam, putih dan perak. Nah, tertarik untuk berkunjung ke sana?

Pulau Ular
Pulau Ular [image source]
Alamat : Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Bar., Bima, Nusa Tenggara Barat

5. Pulau Kembang

Pulau Kembang
Pulau Kembang [image source]
Bali boleh saja bangga dengan Monkey Forestnya yang memiliki ratusan kera. Namun, di tempat lain ada juga loh habitat monyet yang lucu dan menggemaskan. Sebutannya adalah Pulau Kembang yang terletak di tengah Sungai Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Spesies yang menghuni pulau ini adalah monyet ekor panjang. Berbagai pemandangan unik mulai dari monyet memanjat, menggendong anak hingga bertengkar bisa ditemui dengan mudah.

Pulau Kembang Kalsel
Pulau Kembang Kalsel [image source]
Alamat : Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Kurang lengkap seperti apa lagi Indonesia. Bagaimana tidak bangga punya negara dengan kekayaan alam dan budaya yang dicintai oleh banyak bangsa. Nah, dari kelima tempat di atas, mana nih yang sudah dikunjungi.

Tags
Alam pulau unik traveing
Share