Surga Tersembunyi di Taman Nasional Komodo, Dari Penampakan Ubur-ubur hingga Kalong beterbangan

febri rama

febri rama

On Alam

Duh aduh memang senang banget kalau bisa jalan-jalan bareng teman-teman menuju salah satu tempat yang unik dan nggak ada tandingannya di belahan dunia lain. Indonesia sih punya banyak yang seperti itu. Sebenarnya kita patut bangga, apalagi jika kamu sudah pernah menjelajahinya satu per satu. Jika belum juga tidak apa-apa kok. Namun kamu pasti memiliki keinginan besar untuk mengelilingi Nusantara kan? Kamu bisa mulai dari Kepulauan Nusa Tenggara, mengunjunginya akan membuat kamu semakin termotivasi untuk mengintip dengan mata kepala sendiri keindahan-keindahan dari alam negeri ini.

Mari kita lebih spesifik lagi karena Nusa tenggara itu luas dan dibagi menjadi beberapa provinsi. Kali ini kita akan membahas island hopping atau perjalanan dari pulau ke pulau yang ada di wilayah Taman Nasional Pulau Komodo. Sebagian besar orang sudah tahu jika Taman Nasional yang dihuni oleh spesies langka itu berada di wilayah Nusa Tenggara Timur dan Barat. Ya, spesies itu adalah komodo, kadal raksasa yang pernah dicalonkan sebagai salah satu keajaiban dunia, keren kan? Ada banyak pulau cantik dengan pemandangan mengagumkan dan Travelingyuk akan membantumu mengungkap beberapa di antaranya, kita akan mulai dari:

1 Pulau Kanawa

Pulau Kanawa
Pulau Kanawa

Pulau Kanawa bisa kamu capai dari Labuhan Bajo menggunakan kapal motor atau speedboat yang disewakan di pelabuhan. Akan lebih murah jika kamu berangkat bersama banyak orang atau ikut paket tour island hopping. Pulau Kanawa memiliki luas sekitar 35 hektare. Ada bukit-bukit tinggi yang keren, dari puncaknya kamu bisa memandang lautan yang luas. Daya tarik utama dari Pulau Kanawa adalah keindahan alam bawah lautnya. Bahkan terumbu karang yang cantik bisa kamu lihat dari atas permukaan laut karena airnya jernih.

2. Pulau Sembilan

Pulau Sembilan
Pulau Sembilan

Puas snorkeling di Kanawa, kamu bisa naik speedboat lagi untuk melanjutkan perjalanan menuju Pulau Sembilan. Nama lainnya adalah Pulau Manggiatan dikenal juga sebagai pulau ubur-ubur. Dari namanya saja sudah jelas jika kamu akan disuguhi atraksi laut dari ubur-ubur tanpa sengat. Jumlahnya ada banyak berenang-renang menghiasi laut yang dangkal. Jadi, kamu tidak memerlukan peralatan snorkeling. Meski tidak menyengat, kamu tidak boleh mengangkatnya ke atas permukaan laut, apalagi sampai mencengkeramnya. Jadilah traveler yang baik dengan ikut menjaga kelestarian alam.

3. Manta Point

Perjalanan menuju mata point .
Perjalanan menuju mata point .

Ubur-ubur kecil yang imut dan lucu memang mengagumkan. Tapi jika kamu ingin melihat kehidupan bawah laut yang lebih eksotis ya harus datang ke Manta Point. Di sebut begitu karena merupakan titik melihat ikan pari atau manta yang berenang secara berkelompok menembus air laut kebiruan. DI tempat itu, kamu bisa snorkeling atau langsung saja menyelam. Dengan arahan dari pemandu, kamu bisa memegang bahkan bermain-main dengan Manta Ray. Meski begitu, kamu tetap harus berhati-hati terutama pada arus laut air laut yang begitu kuat.

4. Pulau Kalong

Pulau Kalong [image source]
Pulau Kalong [image source]

Perjalananmu menjelajahi pulau-pulau di Taman Nasional Komodo bisa berakhir di daratan yang memperlihatkan pemandangan keren terutama saat matahari akan terbenam. Tempat itu bisa kamu sebut dengan Pulau Kalong. Bukan hanya keindahan cahaya matahari yang kemerahan dan bersinar menembus awan serta membias di permukaan lautan. Tapi juga karena kalong atau kelelawar yang beterbangan. Itulah mengapa, daratan itu dijuluki sebagai Pulau Kalong.

Itulah beberapa tempat yang bisa kamu datangi dalam satu hari, satu kali berangkat beberapa pulau terlampaui. Dijamin, kamu pasti senang dan nggak akan melupakan momen wisata di Nusa Tenggara Timur.