Pulau Bawah, Keindahan Bak Surga di Tanah Anambas Kian Mendunia

Advertisement

Indonesia memang patut diacungi jempol untuk urusan wisata alamnya. Bagaimana tidak, deretan kepulauan terbesar di Asia ini menyimpan banyak destinasi yang menakjubkan. Tak heran banyak kunjungan dari traveler mancanegara berlalu lalang membanjiri destinasi alam Indonesia. Dijajaran kepulauan Riau misalnya, ratusan laguna dan pantai karang yang indah siap memanjakan para pengunjung. Terlebih ketika kamu mengunjungi Kabupaten Anambas.

Keindahan Pulau Bawah bak surga di pulau tropis Anambas. Foto via booking.com

Anambas adalah salah satu wilayah Provinsi Kepulauan Riau tepat di area Laut Cina Selatan. Hingga kini banyak wisatawan mancanegara menyebutnya sebagai kepulauan tropis terindah di Asia. Bahkan hamparan kepulauannya sangat jarang ditemukan di pulau-pulau dunia. Dari sekian banyak pulau yang membentang di Kabupaten Anambas hanya satu pulau yang keindahannya tiada tara. Pulau Bawah, adalah satu dari puluahn pulau si Anambas yang memiliki tiga laguna sekaligus.

Salah satu bungalow overwater di pulau Bawah yang super memukau
Salah satu bungalow overwater di pulau Bawah yang super memukau. Foto via tempatwisata.pro

Pulau Bawah memiliki bentang area seluas 300 hektar, meski tergolong luas, namun kunjungan ke pulau ini sangat terbatas. Kuota yang ditentukan untuk sekali kunjungan hanya tertera 70 orang saja. Jadi, siapkan sekarang juga untuk mengisi liburan akhir tahun mu nanti ya!

Selain keindahan lagunanya, Pulau Bawah juga menyuguhkan keindahan pantai dengan pasir putih yang sangat lembut. Bahkan, pulau yang tek begitu luas ini juga memiliki 13 pantai yang sangat keren, banyak diantaranya masih perawan. Apalagi keindahannya ditambah dengan kicauan burung liar yang merdu dan beberapa burung besar lainnya ketika mencari ikan disela bebatuan karang.

Jernihnya air laut dikawasan pulau Bawah hingga nampak seperti cermin
Jernihnya air laut dikawasan pulau Bawah hingga nampak seperti cermin. Foto via lifestyle.com

Lokasi pulau Bawah berada tepat dijantung Pulau Anambas, secara administratif pulau Bawah berada di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Uniknya pulau ini hanya bisa diakses melalui jalur laut. Jika kamu ingin cepat mencapai lokasi dapat menggunakan jasa seaplane sejenis pesawat yang bisa mendarat dilautan. Pastinya memiliki harga tarif yang sangat tinggi.

Bila kamu ingin lebih irit, bisa menggunakan kapal feri bermula dari kota Tanjungpinang, menuju pelabuhan Tarempa, Anambas. Namun jadwal berlayar kapal ini hanya dua kali dalam sebulan. Waktu tempuh pun berkisar 20 hingga 25 jam tergantung besar kecilnya ombak di Lautan Cina Selatan. Ada juga jalur udara yang bisa kamu tenpuh dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang menuju Bandara Letung Anambas. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan seaplane atau mencarter kapal nelayan dari pelabuhan Letung Anambas.

Satu satu angkutan menuju pulau Bawah adalah seaplane
Satu satu angkutan menuju pulau Bawah adalah seaplane. Foto via airspacereview.com

Selama di Pulau Bawah kamu tidak akan dikenakan tarif apapun. Namun jauh-jauh datang sangat disayangkan bila tidak menginap di bungalow. Uniknya Bungalow di Pulau Bawah ini adalah jarak yang sangat jauh dari bangunan satu kebangunan lainnya agar lebih mengutamakan kenyamanan pengunjung yang ingin menikmati keindahan laguna pulau Bawah.

Bungalow-bungalow ini memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan tipenya. Ada jenis bungalow Overwater dimana kamu akan dimanjakan dengan keindahan sunrise dan sunset dan dapat menikmati anekaragam ikan dan terumbu karang tepat dibawah bungalow. Bila kamu menginap di Beachfront Suit Bungalow maka kamu dapat menikmati pasir pantai yang putih dan lembut hingga dapat berjemur tepat didepan pintu penginapanmu. Namun kamu harus siap-siap merogoh kocek mulai dari Rp. 25 juta hingga Rp. 35 juta untuks ekali menginap.

Salah satu bungalow yang berada langsung diatas laguna Pulau Bawah
Salah satu bungalow yang berada langsung diatas laguna Pulau Bawah. Foto via indonesiatraveler.com

Selama berada di Pulau Bawah, banyak aktivitas yang dapat membuat hari-hari mu lebih menyenangkan dan tertantang seperti snorkeling, diving, banana boat, jet ski dan berenang bersama ikan-ikan lucu layaknya nemo. Jadi tunggu apalagi, siapkan liburan akhir tahun mu bersantai bersama pasangan di Pulau Bawah.

Advertisement
Tags
wisata akhir tahun wisata alam Indonesia wisata anambas wisata bahari wisata nusantara
Share