3 Provinsi Ramah Muslim di Indonesia, Liburan Kian Nyaman

Indonesia menduduki peringkat kedua kategori destinasi wisata halal populer di dunia, berdasarkan data dari Global Muslim Travel Index (GMTI). Dengan begitu Indonesia bersanding dengan Uni Emirat Arab yang masih bertahan di peringkat pertama. Kementrian Pariwisata memang sedang mengembangkan wisata halal di Indonesia. Tujuannya untuk menggaet 20 juta wisatawan asing sampai 2019. Setidaknya terdapat tiga provinsi ramah muslim di Indonesia yang sedang masuk dalam prioritas pengembangannya.

Nusa Tenggara Barat

Pengunjung sedang menikmati sunset di Bukit Merese Lombok via instagram
Pengunjung sedang menikmati sunset di Bukit Merese Lombok via instagram/adit_pradiptha

Salah satu daerah di Provinsi NTB yang menjadi destinasi wisata halal adalah Lombok. Pulau yang mendapat julukan Pulau Seribu Masjid ini telah menerima penghargaan sebagai destinasi halal terbaik semenjak tahun 2015. Terdapat banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi, mulai dari budaya hingga alamnya. Kawasan ekonomi khusus Mandalika adalah salah satu kawasan di Lombok yang sedang diprioritaskan. Karena termasuk dalam program 10 Bali baru.

Aceh

Perairan Pulau Sabang yang masih begitu jernih via instagram
Perairan Pulau Sabang yang masih begitu jernih via instagram/discoversabang

Provinsi yang berada di ujung barat Indonesia ini tepat jika dicanangkan menjadi destinasi wisata halal di Indonesia. Karena beberapa tempat di Aceh memiliki sejarah penting bagi masuknya Islam ke Indonesia. Pantai Timur Lhokseumawe dan Bireun adalah dua contohnya. Selain itu penerapan hukum Islam syariah juga menjadi alasan kenapa tempat ini menjadi lokasi yang tepat untuk menjadi destinasi wisata halal. Belakangan ini juga banyak yacht dan cruise yang berlabuh di Pulau Sabang.

Sumatera Barat

Jam Gadang di Kota Bukittinggi via instagram
Jam Gadang di Kota Bukittinggi via instagram/gilang_gemilang

Sumatera Barat memiliki wilayah wisata yang luas. Padang Panjang, Payakumbuh, Batusangkar, Agam, Bukittinggi, hingga Solok, masing-masing memiliki destinasi wisatanya sendiri. Agam memiliki Danau Maninjau, danau vulkanik yang populer. Jam Gadang dan Nasi Kapau dapat ditemukan di Bukittinggi. Solok dengan Danau Singkarak juga sering menarik wisatawan. Pasalnya tempat tersebut sering menjadi lokasi Tour de Singkarak.

Selain menjadi destinasi wisata halal, tiga provinsi di atas juga memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Menurutmu provinsi mana lagi yang pantas dicanangkan sebagai destinasi wisata halal?

Tags
Indonesia Provinsi Ramah Muslim Wisata
Share