Pisang Unik di Dunia, Ada yang Kulitnya Bisa Dimakan

Pisang merupakan buah yang cukup mainstream di Indonesia. Hampir setiap penjuru nusantara punya jenis maupun cara pengolahan yang berbeda, seperti jajanan tradisional dari pisang. Bukan hanya yang biasa, ternyata ada macam-macam pisang unik yang tersebar di dunia. Konon salah satunya ada yang kulitnya bisa dimakan. Penasaran? Yuk, disimak ulasan berikut.

Blue Java Banana

Blue Java Banana yang Berwarna Kebiruan via Instagram @kolea_farm
Blue Java Banana yang Berwarna Kebiruan via Instagram @kolea_farm

Ini dia salah satu macam pisang unik di dunia yang punya rasa mirip seperti es krim rasa vanila, disebut blue Java Banana. Tidak hanya rasanya, tekstur blue java banana juga selembut es krim. Wah kalau begitu, bisa makan es krim versi sehat, ya?

Sesuai dengan namanya, pisang ini mempunyai warna kulit kebiruan saat belum matang. Tentunya hal itu cukup jarang ditemui, biasanya pisang berwarna kuning atau hijau.

Walaupun namanya ada unsur Java, ternyata blue java banana berasal berasal dari Hawaii. Selain itu, ia juga dapat tumbuh di Asia Tenggara dan beberapa kawasan di Amerika Tengah. Kalau Teman Traveler pengin mencobanya, bisa beli secara online dengan harga sekitar Rp70 ribuan.

Mongee Banana

Pisang Unik di Dunia via Instagram @yoshie.t.0707
Mongee Banana via Instagram @yoshie.t.0707

Bukan hanya buahnya saja, ternyata kulit pisang ada yang bisa dimakan. Loh, kok bisa? Inovasi ini datang dari petani di Jepang. Mereka mampu menghasilkan pisang yang punya kulit layak dimakan. Teksturnya sendiri lembut dan ukurannya tipis sehingga mudah dicerna.

Metode yang digunakan demi menghasilkan salah satu macam pisang unik ini di dunia tersebut adalah freeze thaw awakening method. Kurang lebih prosesnya adalah mendinginkan sel pertumbuhan pisang secara perlahan, setelah itu baru dicairkan. Teman Traveler tidak perlu mengupas kulit lagi, deh. Tinggal makan semua.

Red Banana

Dacca Banana via Instagram @chefrishimsachdeva
Dacca Banana via Instagram @chefrishimsachdeva

Selain biru, ada juga kulit pisang berwarna merah keunguan yang dikenal dengan nama dacca banana. Kalau di Indonesia, ia identik dengan sebutan pisang susu merah. Buah tersebut mempunyai cita rasa perpaduan antara pisang biasa dengan manisnya rasberi. Saat sudah matang, buahnya juga berwarna perpaduan merah muda dan orange pucat.

Red banana dapat ditemukan di India dan beberapa negara Asia, bahkan Amerika Tengah. Negara tersebut mempunyai julukan berbeda-beda bagi pisang merah itu.

Ae Ae Banana

Ae Ae Banana via Instagram @floridafruitfest
Ae Ae Banana via Instagram @floridafruitfest

Pisang unik di dunia selanjutnya adalah ae ae banana, yang kalau dilihat sekilas mirip seperti timun. Hal tersebut dikarenakan warnanya yang belang-belang hijau dan kuning pucat. Ae ae banana dapat ditemukan di Hawaii.

Jenis buah satu ini sudah menjadi langka karena cukup sulit tumbuh dan harganya mahal. Rasanya juga tidak seperti pisang pada umumnya, ia cenderung sedikit pahit. Daun dari pisang ini juga cukup unik karena warna-warni, ada hijau, putih, dan bahkan terkadang tangkai daunnya merah muda.

Itulah setidaknya 4 jenis pisang unik yang ada di dunia. Teman Traveler pernah menemukan buah tersebut di mana?

Tags
kuliner Luar negeri pisang Pisang unik di dunia unik
Share