6 Petik Stroberi Terkenal di Indonesia, Pesta Buah Asam Manis

Advertisement

Aktivitas berwisata banyak sekali macamnya. Ada yang menantang adrenalin, wisata bertabur spot kekinian, sampai yang santai-santai seperti memetik buah. Di Indonesia banyak sekali ditawarkan wisata petik buah, salah satunya stroberi. Buah yang memiliki citarasa asam manis ini memiliki banyak sekali penikmat. Lantaran buah ini hanya tumbuh baik di daerah yang memiliki suhu antara 17 sampai 20 derajat celcius, biasanya yang menawarkan petik buah stroberi ini berada di dataran yang tinggi dan sejuk. Nah, inilah jajaran destinasi wisata yang menawarkan petik buah stroberi sebagai aktivitasnya.

1. Agrowisata Stroberi, Magetan

Bisa petik langsung atau beli saja, Via Instagram kulinerae
Bisa petik langsung atau beli saja, Via Instagram/kulinerae

Buat kamu yang tinggal di Jawa Timur, pasti sudah tidak asing dengan wisata Magetan yang terkenal dengan buah stroberinya. Tepatnya berada di Desa Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jika hanya ingin berfoto-foto saja, tidak akan dikenakan biaya untuk masuknya. Tapi jika ingin membawa pulang buah stroberi, biasanya dibanderol sekitar Rp 35.000 jika memetik sendiri.

Sementara itu jika membeli tanpa memetik sendiri biasanya Rp 40.000 sampai Rp 60.000 per kilonya. Harga bisa berubah-ubah setiap waktunya. Selain itu juga bisa berburu kuliner Magetan di kawasan wisata ini.

2. Wisata Petik Stroberi di Pandanrejo, Malang

Petik stroberi di Pandanrejo, Via Instagram desa_pandanrejo
Petik stroberi di Pandanrejo, Via Instagram/desa_pandanrejo

Selama ini memang Malang terkenal memiliki apel yang dengan citarasa yang enak. Karena hal itulah tidak mengherankan juga banyak destinasi wisata petik apel. Ternyata Malang tidak hanya apel saja, banyak petik buah lainnya yang bisa dipilih, salah satunya yakni petik stroberi.

Di Malang, tepatnya berada di Dusun Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji terhampar berhektar-hektar kebun stroberi. Kebun stroberi ini bisa dipetik secara langsung oleh para pengunjung yang datang. Ada banyak jenis stroberi dengan citarasa manis yang bisa dicoba, contohnya saja sweetcharlie dan juga Rosa Linda.

3. Rumah Stroberi di Lembang, Bandung

Rumah Stroberi di Bandung, Via Instagram foodescape_id
Rumah Stroberi di Bandung, Via Instagram/foodescape_id

Lembang, Bandung menawarkan beragam destinasi wisata yang apik. Panorama alamnya sangat cantik dan memang udaranya sejuk. Nah, di daerah Lembang ini ada obyek wisata petik buah stroberi. Dua perkebunan yang dibuka untuk umum adalah Rumah Stroberi dan juga Stroberi Petik Sendiri. Buat kamu yang ingin merasakan sensasi petik stroberi di Rumah Stroberi, bisa langsung datang ke Jl. Cigugur Girang No. 145, Cigugur Girang, Parongpong, Bandung Barat.

Lalu untuk kamu yang ingin merasakan sensasi petik stroberi di “Petik Sendiri” langsung saja meluncur ke Jl. Sersan Bajuri, Cihideung, Parongpong. Bisa makan langsung stroberi ataupun juga membawanya pulang ke rumah.

4. Petik Stroberi di Bedugul, Bali

Olahan stroberi dari Strawberry Farm, Via Instagram skvortcova_vasilina
Olahan stroberi dari Strawberry Farm, Via Instagram/skvortcova_vasilina

Selain sayur mayur daerah di Bedugul Bali juga merupakan salah satu penghasil buah stroberi. Hawanya yang dingin cocok untuk ditanami stroberi. Jika ingin memetik stroberi sendiri, ada baiknya untuk pergi ke Bukit Melingkuh yang terdapat di Desa Baturiti, lokasi tepatnya berada di Bali Outbond and Farmstay. Tidak hanya memetik buah stroberi saja, para pengunjung juga bisa mencicipi aneka olahan dari buah yang memiliki warna merah ini. Satu hal lagi yang ditawarkan, panorama di sini juga sangat cantik alami.

5. Emte Highland Resort, Ciwidey

Emte Highland Resort, Via Instagram kang_adi14
Emte Highland Resort, Via Instagram/kang_adi14

Jika kamu sedang berada di Bandung Selatan, bisa mampir ke Emte Highland Resort. Lokasi tepatnya berada di sepanjang jalan menuju Pusat Kawasan Wisata Ciwidey. Banyak sekali kebun-kebun yang menawarkan wisata petik buah. Tidak hanya menawarkan wisata petik buah saja, Kebun Stroberi Ciwidey ini juga menyuguhkan restoran dan juga penginapan dalam satu tempat.

6. Kebun Strawberry Serang, Purbalingga

Obyek wisata petik stroberi di Purbalingga, Via Instagram idakaylaakbar
Obyek wisata petik stroberi di Purbalingga, Via Instagram/idakaylaakbar

Purbalingga juga memiliki destinasi wisata yang digunakan untuk petik stroberi. Lokasinya berada di Pratin, Serang, Karangreja. Hamparan stroberi yang luas dipadu dengan pegunungan yang asri menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung, Kamu bisa puas memetik stroberi sendiri. Waktu terbaik untuk memetik stroberi adalah saat musim kemarau. Buah dalam kulitas terbaik, tidak busuk karena hujan atau masalah yang lainnya.

Itulah beberapa petik buah stroberi yang sudah cukup populer di Tanah Air. Mungkin ada rekomendasi petik stroberi lainnya yang kamu tahu? Yuk share informasi bermanfaat, nggak ada salahnya berbagi kan?

Advertisement
Tags
petik stroberi petik stroberi di indonesia petik stroberi di Nusantara
Share