Ayam Panggang Bu Setu di Magetan, Hidangan Ndeso Digemari Para Pejabat Sejak 1991

Magetan merupakan daerah di Jawa Timur yang belakagan ini menawarkan beragam wisata menarik. Sebut saja wisata-wisata hits seperti halnya Taman Wisata Genilangit Poncol ataupun juga Mojosemi Park turut melambungkan nama Magetan di dunia pariwisata. Padahal, dahulu Magetan hanya terkenal dengan Telaga Sarangan saja. Nah, selain destinasi wisata yang banyak dan hits, Kabupaten ini juga menyuguhkan kuliner Magetan yang patut dicoba. Salah satunya yakni Ayam Panggang Bu Setu yang memiliki banyak penggemar.

Legendaris Sejak Tahun 1991

Makan secara lesehan, Via Instagram/uddin.art
Makan secara lesehan, Via Instagram/uddin.art

Jika dikalkulasikan sampai sekarang ini, Ayam Panggang Bu Setu sudah berdiri sejak 27 tahun silam, mendekati angka 30. Semakin ke sini, pelanggan dari kuliner di Magetan ini makin banyak saja. Peran sosial media dan informasi dari mulut ke mulut membuat Ayam Panggang Bu Setu ini masih eksis hingga detik ini. Dan tentu saja bukan tanpa alasannya, citarasa dari ayam panggang di sini sudah diakui banyak orang. Bahkan para pejabat berdatangan.

Ndeso Tapi Digemari Para Pejabat

Bikin ketagihan banyak orang, Via Instagram/inimagetan
Bikin ketagihan banyak orang, Via Instagram/inimagetan

Tempat makan di Magetan ini memang memiliki nuasan ndeso yang begitu kental. Tidak ada meja ataupun kursi. Para pengunjung yang datang akan makan secara lesehan di tikar yang telah disiapkan. Bahkan dapurnya juga sangat sederhana, masih pawon dan tungku dari tanah. Contoh pejabat yang pernah mencicipi kenikmatan ayam panggang di sini adalah Gus Ipul, mantan Wakil Gubenur Jawa Timur. Selain itu masih banyak nama-nama kondang lainnya.

Rahasia Kenikmatan Ayam Panggang

Cara pemasakan tradisional, Via Instagram/ratihprima
Cara pemasakan tradisional, Via Instagram/ratihprima

Rahasia kenikmatan ayam panggang di sini adalah proses memasaknya masih begitu tradisional. Menggunakan tungku tanah dan api yang berasal dari kayu. Dan kayu yang digunakan adalah khusus seperti halnya kayu jati ataupun yang memiliki tekstur keras.

Nasi Ayam Panggang Bu Setu
Nasi Ayam Panggang Bu Setu (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Sebab, kayu yang memiliki tekstur keras akan menghasilkan api yang lebih stabil. Jadi empuk daging ayam ini akan merata.

kenikmatan yang bikin ketagihan, Via Instagram/septarimiekaputri
kenikmatan yang bikin ketagihan, Via Instagram/septarimiekaputri

Ditambah lagi proses pemanggangan di sini tidak asal-asalan, dilakukan dengan dua kali proses pematangan. Pertama, ayam dipanggang pada tungku khusus di lokasi terpisah. Selanjutnya saat ayam setengah matang, dibumbu. Lalu dipanggang di tungku lain sampai matang dengan merata. Setelah matang sempurna, barulah disajikan kepada para pembeli.

Alamat Ayam Panggang Gandu Bu Setu

Rasa yang mantap, Via Instagram/wijayanto.k
Rasa yang mantap, Via Instagram/wijayanto.k

Alamat ayam panggang ini berada di Jl. Cokroaminoto 165, di Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Buka dari pagi sekitar pukul 08:00 sampai malam 21:00 WIB. Sementara itu untuk harganya, ayam pangganya dibanderol mulai Rp75.000 sampai – Rp85.000 per ekor. Satu hal lagi yang membuatnya spesial, Ayam Panggang Gandu Bu Setu ini tidak membuka cabang.

Karena tidak membuka cabang, jalan satu-satunya untuk mencicipi ayam panggang di sini adalah dengan mendatanginya langsung. Bagaimana, kapan berencana untuk mencicipi kuliner enak di Magetan ini?

Tags
atam panggang gandu di magetan ayam panggang bu setu Indonesia Jawa Timur kuliner magetan
Share