Kuliner Solo yang Akan Ada di Pernikahan Putri Jokowi

febri rama

febri rama

On Indonesia

Pernikahan Putri Presiden Joko Widodo yaitu Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasutian akan digelar pada 8 November 2017 mendatang. Berbagai persiapan dilakukan demi menciptakan prosesi yang meriah tapi tetap terlihat sakral. Seperti saudaranya, Kahiyang juga akan menikah di Graha Saba Buana. Nantinya di tempat itu juga akan ada berbagai kuliner khas Solo. Apa saja ya? Berikut ulasan Travelingyuk.

1. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak
Cabuk Rambak [image source]
Ketupat yang pengolahannya membutuhkan waktu hingga berjam-jam dapat dijadikan berbagai hidangan. Salah satunya adalah Cabuk Rambak khas Solo. Ketupat yang telah jadi kemudian dipotong tipis-tipis dan diwadahi pincukan daun pisang. Setelah itu disiram dengan sambal biji wijen dan krupuk karak.

Cabuk Rambak
Cabuk Rambuk [image source]

2. Nasi Liwet

Nasi Liwet
Nasi Liwet [image source]
Seperti berburu gudeg saat ke Jogja, kamu juga bisa mencoba nasi liwet begitu tiba di Solo. Kota di Jawa Tengah ini identik dengan hidangan tersebut. Bukan hanya lauknya yang istimewa, tapi nasinya pun dimasak dengan bumbu. Rasanya jadi gurih dan berbau harum. Tepat sekali memilih nasi liwet untuk santapan di pesta pernikahan.

Nasi Liwet
Nasi Liwet [image source]

3. Nasi Tumpang

Sambal Tumpang
Sambal Tumpang [image source]
Untuk mengenalkan cita rasa khas Solo pada para tamu di pernikahan Kahiyang, dihidangkan pula nasi tumpang. Sajian tersebut sebenarnya masih bisa ditemukan di Solo hingga saat ini, meski tidak semudah dulu. Disebut begitu karena ada tambahan sambal tumpang yang terbuat tempe busuk dengan tambahan tahu dan beberapa sayuran.

Sambal Tumpang
Sambal Tumpang [image source]

4. Surabi

Surabi Notosuman
Surabi Notosuman

Kamu pernah ke Solo tapi belum pernah coba surabi? Sayang banget ya, karena kuliner ini adalah jajanan yang terkenal sekali di Kota kelahiran Presiden Jokowi. Salah satunya adalah Surabi Notosuman, terbuat dari tepung dengan tambahan bahan lain seperti santan. Terasa lembut saat digigit dan gurih sekali.

Surabi Notosuman
Surabi Notosuman

5. Sate Kere

Sate Kere
Sete Kere [image source]
Sate Kere atau miskin termasuk unik. Julukan seperti itu didapat karena bahan pembuatannya bukan daging melainkan gembus tempe yang terbuat dari ampas tahu. Agar lebih nikmat maka ditambah jeroan sapi, kemudian dibakar. Untuk acara akbar nanti, telah disiapkan ribuan tusuk sate kere.

Sate Kere
Sate Kere [image source]
Selain lima menu di atas tentu masih banyak makanan lain di pesta pernikahan Kahiyang dan Bobby nanti. Seperti Selat Solo, gudeg, hingga ledre. Adakah yang jadi menu favoritmu?