Peraturan Nyeleneh di Berbagai Pantai Dunia, ada yang Dilarang Selfie

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata mainstream yang banyak didatangi kala musim kemarau tiba. Meskipun pulang-pulang kulit menghitam, tak mengurangi antusias orang untuk datang ke pantai. Namun ada beberapa pantai dunia dengan peraturan nyeleneh, termasuk juga Indonesia. Berikut ini deretan pantai di dunia dengan peraturan nyeleneh, ketahui supaya terhindari dari berbagai hal yang tak diinginkan.

Pantai Dilarang Selfie, Phuket

Pantai Mai Khao, via Instagram/ksensidorova
Pantai Mai Khao, via Instagram/ksensidorova

Peraturan nyeleneh yang pertama datang dari pantai yang berada di Puket, yakni Pantai Mai Khao. Ini merupakan pantai yang berlokasi di barat laut Phuket, dan menawarkan wisata air hangat dan pantai dengan banyak pengunjung. Sayangnya, ada peraturan yang menyebutkan jika kamu tidak bisa selfie sembarangan. Kamu bisa dipenjara sampai hukuman mati jika melanggar.

Pantai Phuket, via Instagram/o_neemstory_o
Pantai Phuket, via Instagram/o_neemstory_o

Nah, ternyata alasan orang-orang tidak boleh selfie di Pantai Mai Kho ini lantaran posisinya sangat dekat dengan Bandara Phuket. Swa foto dengan latar belakangn pesawat yang terbang rendang akan membahayakan wisatawan itu sendiri dan juga pilotnya.

Pantai Dilarang Menggambar di Pasir

Ilustrasi gambar di pasir pantai, via Shutterstock
Ilustrasi gambar di pasir pantai, via Shutterstock

Sering bepergian ke pantai? Tentunya kamu sangat familiar dengan orang-orang yang menggambar di pasir. Dan ini memang dianggap hal yang wajar. Namun tidak dengan salah satu pantai yang terdapat di Jepang, tepatnya berada di Bukit Pasir Tottori. Tak tanggung-tanggun, denda yang perlu dikeluarkan buat kamu yang melanggar peraturan ini mencapai Rp6,5 juta banyaknya.

Perlu dicatat dalam benak secara baik-baik ya Teman Traveler, supaya kamu tak menulis pesan atau gambar di sepanjang garis pantai daerah ini. Ternyata hal ini dilakukan semata-mata untuk menjaga keasrian dari laut ini sendiri dan lingkungan di sekitarnya. Corat-coret di pasir dianggap sebagai tindakan vandalisme.

Pantai Dilarang Memakai Baju Hijau

Sekitaran Pantai Parangtritis, via Instagram/danissp_
Sekitaran Pantai Parangtritis, via Instagram/danissp_

Satu lagi pantai dengan peraturan unik dan nyeleneh datang dari Indonesia, yakni Pantai Parangtritis. Kamu dilarang mengenakan baju warna hijau. Bukan peraturan tertulis namun banyak orang sudah tahu. Hal ini dikarenakan legenda si Ratu Penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Konon katanya, kamu yang mengenakan baju hijau akan dicuik dan bisa menjadi budak Nyi Roro Kidul.

Keindahan yang bikin tertahan, via Instagram/nsaid.id
Keindahan yang bikin tertahan, via Instagram/nsaid.id

Belum jelas kapan mitos ini berkembang. Mitos ini berkembang dari mulut ke mulut. Dan banyak sekali orang yang menyakini jika jalan-jalan ke Pantai Paragtritis salah satu aturannya adalah jangan mengenakan pakaian warna hijau.

Peraturan yang cukup nyeleneh bukan? Maka dari itulah, penting sekali sebelum traveling ke suatu tempat, kamu perlu menegathui peraturan-peraturan yang diterapkan. Supaya liburan aman tanpa melanggar ketetapan setempat.

Tags
pantai dengan peraturan aneh pantai di dunia peraturan nyeleneh Wisata
Share